You are here

Manfaat Berlatih Mindfulness Cukup Beragam, Jadikan Hidup Lebih Baik

Manfaat Berlatih Mindfulness Cukup Beragam Jadikan Hidup Lebih Baik
Bagikan Artikel Ini

Manfaat berlatih mindfulness terbukti dapat meningkatkan suasana hati serta mengurangi stress. Selain menjaga kesehatan mental, terdapat manfaat lain dari latihan mindfulnes yakni mampu menjaga kesehatan fisik.

Dengan berlatih mindfulness dapat membantu anda mengizinkan pikiran negatif datang dan pergi. Sementara itu, anda memusatkan perhatian pada hal lain.

Hal ini dapat membuat anda mengakui pikiran negatif serta tidak membiarkan pikiran negatif tersebut menjadi musuh yang dapat mengganjal kebahagiaan serta kesehatan anda.

Terutama saat menghadapi masa pandemi saat ini, seringkali kita merasa stress, cemas, serta gelisah atau yang lainnya. Nah, dengan adanya mindfulness yang merupakan metode yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi rasa cemas atau gelisah yang berlebihan tersebut.

Mengetahui Manfaat Berlatih Mindfulness

Sebagai makhluk bersosial, seringkali kita berkomunikasi dengan pihak lain, baik keluarga teman, kolega, ataupun yang hadir dalam hidup kita. Agar kehadiran kita memberikan manfaat serta lebih menyenangkan bagi orang lain, maka diperlukan adanya mindfulness. Istilah mindfulness dalam bahasa Indonesia berari “sadar utuh”.

Istilah mindfulness dalam beberapa waktu terakhir cukup populer di kalangan masyarakat. Bahkan banyak orang yang mempelajari metode satu ini dengan tujuan meredakan stress. Hingga adanya gangguan kecemasan atau gelisah yang berlebihan.

Meskipun demikian, tidak semua kalangan mengetahui secara pasti apakah yang dimaksud dengan mindfulness tersebut. Mindfulnes merupakan suatu cara atau metode melatih diri untuk memusatkan perhatian terhadap apa yang telah terjadi saat ini.

Metode mindfulness merupakan metode yang ditemukan oleh Thich Naht Hand. Kemudian dikembangkan oleh Job Kabat-Zinn yang merupakan seorang dokter yang berasal dari Universitas Massachusets.

Dalam menjalankan metode ini melibatkan adanya kesadaran serta ketidakberpihakan. Atau dengan kata lain, mindfulness merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan dengan penuh kesadaran serta perhatian. Penerapan metode mindfulness dilakukan dengan tujuan sebagai sarana untuk menenangkan diri.

Maka dapat dikatakan tujuan dari metode ini adalah untuk menenangkan pikiran. Menariknya lagi, berdasarkan dari sejumlah penelitian ilmiah telah menemukan bahwa mindfulness telah menjadi elemen kunci dalam penanganan stress serta kecemasan.

Cara Menerapkan Mindfulness Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebelum mengetahui manfaat berlatih mindfulness secara lebih rinci dan jelas, maka penting bagi anda untuk mengetahui beberapa cara dalam menerapkan mindfulness, antara lain:

Mulai dengan Tujuan

Membuat suatu tujuan dapat memberikan perubahan pada hari-hari anda. Selain itu, juga dapat mempengaruhi tindakan, kata-kata, serta respon yang anda lakukan. Terutama saat anda mengalami saat-saat sulit, sehingga lebih berhati-hati serta sadar diri.

Hal ini dikarenakan alam bawah sadar bertanggungjawab atas sebagian besar dalam pengambilan keputusan serta perilaku anda. Dengan menjalankan metode ini, dapat membantu menyelaraskan pemikiran bawah sadar dengan dorongan emosional.

Memberikan Keseimbangan pada Otak

Dengan menerapkan mindfulness seringkali membuat otak bekerja secara lebih keras. Hal ini tentunya tidak baik apabila anda lakukan secara terus-menerus. Perlu adanya jeda otak untuk melakukan keseimbangan. Meskipun tidak mudah terdapat beberapa cara untuk memulainya.

Seperti jalankan yang anda inginkan memperbaharui motivasi anda serta buat pengingat harian. Dalam setiap tindakan yang dilakukan secara sengaja dengan menerapkan mindfulness, maka langsung mampu memperkuat otak anda.

Tenang serta Kendalikan Diri Saat Mengemudi

Mindfulness dapat anda terapkan saat mengemudi. Dengan adanya lalu lintas padat serta pengemudi yang kurang sabar dapat menjadi penyebab amarah serta tingkat stress yang tinggi ketika berada di jalan raya.

Akan tetapi, dengan adanya kemacetan lalu lintas yang paling parah sekali pun dapat memberikan kesempatan yang sangat baik dalam membangun mindfulness. Hal ini dapat meningkatkan rasa empati anda kepada orang lain. Lalu mampu mengembalikan keseimbangan serta perspektif.

Melatih Pikiran dan Otot

Mengangkat beban, bersepeda, serta latihan di atas treadmill merupakan kegiatan yang dapat melatih mindfulness. Apapun jenis latihan fisik yang anda lakukan, maka anda diharuskan untuk bergerak serta bernapas dengan cara yang tidak hanya mampu membuat darah mengalir secara lebih lancar.

Akan tetapi, juga mampu menguatkan setiap sel yang terdapat dalam tubuh, serta menyinkronkan tubuh, pikiran, dan pada sistem saraf.

Inilah Manfaat Berlatih Mindfulness

Mindfulness merupakan salah satu cara agar kehidupan manusia menjadi lebih baik serta bahagia. Terdapat beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dengan berlatih mindfulness, antara lain:

Meningkatkan Energi Positif Dalam Diri

Setelah menerapkan metode mindfulness, maka pikiran serta perasaan dapat menjadi segar kembali. Begitu pula dengan kondisi tubuh juga dapat langsung fit, tidur pun dapat lebih nyenyak.  Berlatih mindfulness secara rutin dapat mengarahkan pikiran pada hal-hal yang lebih positif.

Selain itu, juga dapat membantu anda merasakan hal-hal baik dalam hidup yang selanjutnya akan menghadirkan rasa syukur. Hal ini tentunya dapat membuat diri menjadi lebih bersemangat menjalani hidup serta meningkatkan keyakinan diri.

Mengurangi Tekanan Mental

Orang yang mengidap gangguan bipolar atau gangguan kecemasan mungkin akan memperoleh manfaat yang lebih dengan berlatih mindfulness secara rutin. Hal ini dikarenakan midfulness dapat membantu penderita mengurangi kebutuhan obat anti antidepresan.

Pengendalian Diri

Secara bertahap, mindfulness dapat membantu anda untuk memproses emosi secara lebih baik. Jika sudah, selanjutnya akan memberi anda lebih banyak kendali atas emosi yang ada dalam diri anda. Setelah itu, akan memprosesnya secara lebih berbeda.

Pandangan Terhadap Masalah Atau Kondisi Menjadi Lebih Luas

Pada saat anda dihadapkan pada masalah dalam hidup, dengan rutin berlatih mindfulness, maka mampu membantu untuk membuka kesadaran anda menjadi lebih luas. Pemahaman terhadap kondisi, masalah ataupun peristiwa yang terjadi bisa dilihat secara lebih jernih. Selain itu, juga mampu membuat keputusan yang diambil pun akan lebih bijaksana.

Manfaat berlatih mindfulness lainnya adalah mampu menghilangkan stress. Hal ini karena midfulness merupakan salah satu bentuk perhatian tanpa harus menghakimi. Dengan metode ini membuat anda dapat mengistirahatkan pikiran serta tubuh. Dengan berlatih mindfulness dapat membantu anda untuk lebih sadar terhadap pikiran serta perasaan. Hal terpenting lainnya adalah mengelola dengan cara yang lebih positif. Dengan adanya control perasaan serta pikiran seperti ini, dapat membantu mengurangi stress serta cemas yang anda alami.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top