You are here

Jomblo Bahagia Kenapa Tidak, Tips Jadi Jomblo Bahagia

Ilustrasi Jomblo

Ilustrasi Jomblo
Foto Ilustrasi oleh nino

Pojokjakarta.com (26 Juni 2020),Sejak saya berusia enam belas tahun, saya berkencan satu demi satu. Saya terus mencari cinta selama lebih dari satu dekade. Hingga, menyadari bahwa saya memiliki masalah dengan menjadi lajang.

Saya pikir dengan jomlo muncul kemungkinan saya tidak akan pernah menemukan cinta. Namun, saya salah dengan mindset saya bahwa tidak menjalin hubungan berarti ada sesuatu yang salah dengan saya. Tentu saja itu mindset yang salah. Tidak mengapa Anda sendirian dan tidak mengapa Anda menjadi jomblo atau lajang.

Saya mulai berubah pikiran tentang menjadi jomblo. Saya menyadari bahwa kebutuhan saya untuk menjalin hubungan dan ketidakmampuan untuk menyendiri mengatakan lebih banyak tentang saya daripada hanya pandangan saya tentang cinta.

Dan sementara saya pikir tidak ada yang salah dengan keinginan untuk berada dalam suatu hubungan (itu adalah kebutuhan manusia, tidak dapat menyangkal hal itu). Ada ruang untuk mencintai menjadi jomblo di sepanjang jalan. Mudah-mudahan, informasi ini akan membantu Anda bekerja untuk mencintai kehidupan lajang Anda.

Sadarilah bahwa Jomblo yang tidak bahagia hanyalah sebuah pola pikir

Tidak semua orang melajang dan membenci kehidupan mereka. Faktanya, orang-orang dalam hubungan paling bahagia cukup baik dan tidak keberatan ketika mereka masih lajang sebelumnya. Hal itu karena seluruh gagasan tentang “lajang yang tidak bahagia” hanyalah pola pikir. Lajang adalah konsep yang sama tentang bagaimana sendirian bukanlah perasaan, itu adalah keadaan. Anda bisa melihatnya sebagai kesendirian atau kesepian, pilihan itu terserah Anda.

Berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda pertimbangkan untuk membantu mengubah pikiran tentang menjadi lajang:
Menemukan cinta bukanlah sesuatu yang harus dilarikan. Menemukan seseorang untuk menghabiskan hidup Anda bukanlah sesuatu yang bisa Anda paksa.

1. Cinta datang pada waktunya sendiri

Menemukan seseorang untuk menghabiskan hidup Anda bukanlah sesuatu yang bisa Anda paksa. Cinta datang pada waktunya sendiri, dan hal-hal yang terburu-buru hanya akan menyebabkan diri Anda merasa buruk di sepanjang jalan

2. Ada lebih banyak hal dalam hidup daripada berada dalam suatu hubungan.

Ada satu hal yang terbatas dalam hidup kita, waktu.Ada satu hal yang terbatas dalam hidup kita: waktu. Jangan menyia-nyiakan hidup Anda hanya demi seseorang yang belum tentu bisa bersama Anda.

3. Saat Anda bahagia, Anda cenderung tidak puas.

Orang yang merasa tidak aman akan menerima apa pun cinta yang datang kepada mereka. Tetapi orang-orang yang memiliki kehidupan yang mereka sukai tidak akan takut untuk menarik batasan dan menunggu cinta yang terasa benar.

4. Menjadi lajang dengan bahagia dan menginginkan hubungan bisa bertepatan.

Anda dapat menghargai waktu Anda sendiri saat masih mencoba berkencan. Anda dapat belajar untuk mencintai hidup Anda tanpa orang lain, sambil tetap mencari seseorang untuk menghabiskannya. Dua hal ini tidak saling eksklusif.

Gunakan waktu ini dengan bijak.

Memiliki seluruh waktu Anda untuk diri sendiri ketika Anda lajang tidak tertandingi. Alih-alih merencanakan akhir pekan Anda di sekitar jadwal orang lain, cobalah hobi baru dan cari tahu minat Anda. Atau, jika Anda ingin fokus pada gambaran yang lebih besar, mulailah bisnis yang Anda impikan.

Buat rencana untuk berputar ke karier baru. Selesaikan tujuan apa pun yang Anda miliki di daftar selama bertahun-tahun sekarang. Dengan semua waktu luang ini, Anda bisa memilih apa yang harus dilakukan dengannya. Dan ketika waktu sangat berharga. Masa lajang adalah masa yang tepat untuk membangun karir atau bisnis Anda karena Anda bisa berkonsentrasi pada bisnis dan karir Anda.

Perkuat hubungan lain dalam hidup Anda.

Alat terbaik Anda untuk menavigasi bidang kencan akan menjadi hubungan yang kuat di luar yang romantis. Teman dan keluarga Anda adalah sumber daya yang hebat untuk saat Anda mengalami masa sulit. Mereka juga orang-orang yang paling mengenal Anda. Terkadang, hubungan menghalangi mereka. Gunakan waktu Anda saat lajang untuk melihat orang-orang yang paling berarti bagi Anda.

Selama tahun libur dari berkencan, saya merencanakan dua perjalanan untuk melihat teman-teman saya yang hidup di luar negara. Bepergian sambil melajang dan bertemu teman-teman saya sekaligus harus menjadi salah satu pengalaman terbaik yang saya miliki dalam waktu yang lama.

Tinggalkan media sosial jika membuat Anda kewalahan

Jika media sosial merusak jiwa Anda, terutama jika Anda merasa tidak enak dengan kehidupan lajang Anda. Orang-orang hanya memposting sorotan utama hubungan mereka. Tidak pernah bertengkar dan melukai perasaan. Siapa pun dapat dengan mudah menjadi korban karena merasa kehidupan cinta mereka kurang beruntung.

Bagian dari perjalanan lajang saya adalah berhenti mengikuti profil siapa pun yang membuat saya merasa tidak enak. Saya tidak ingin berfikir bahwa orang-orang melakukannya dengan sengaja. Tentu saja, mereka tidak ingin melukai para lajang hanya membagikan kebahagian mereka. Tetapi membatasi konten semacam itu yang saya lihat membantu saya tetap fokus pada memperbaiki hidup saya dengan cara yang terasa memuaskan.

Hapus aplikasi kencan, setidaknya untuk saat ini.

Aplikasi kencan dirancang untuk membuat ketagihan. Mereka ingin Anda menggesek tanpa harus berpikir. Jika terus-menerus dibombardir oleh profil dan mengharapkan sesuatu yang lebih membuat Anda merasa tidak enak, hapus aplikasi Anda. Tidak perlu ada pada mereka.

Fokuskan kembali pada kegiatan yang baru saja ditemukan yang Anda sukai. Pergilah ke dunia dan jadilah seseorang yang mencintai hidup mereka. Saya berjanji, energi semacam itu masih akan menarik orang, bahkan ketika Anda tidak bermaksud melakukannya. Tapi paling tidak, Anda tidak membuang waktu berjam-jam menggesek aplikasi kencan yang membuat Anda merasa lebih buruk daripada saat pertama kali memakai.

Ciptakan cinta ketika Anda merasa membutuhkannya, Jadi Jomblo Tidak Masalah

Jika Anda merasa putus asa untuk seseorang berkencan saat Anda lajang, tidak ada yang salah dengan itu. Tetapi jika Anda cepat mengisi kekosongan itu dengan siapa pun yang akan memberi Anda perhatian, saya akan memperingatkan Anda untuk berpikir secara berbeda.

Dengan mencari cinta di tempat lain, Anda tidak mengisi kekosongan yang Anda rasakan di dalam diri Anda. Alih-alih mencoba mengambil cinta dari seseorang, cobalah membuat beberapa yang bisa Anda cintai seperti hobi baru misalnya. Hal tersebut rasanya jauh lebih baik.

Ketika saya masih jomblo, saya melakukan lebih banyak menggambar dan hiking dan menjadi sukarelawan di penampungan hewan, dan saya mengambil banyak pelajaran dalam hidup.

Saya melakukan kegiatan yang saya sukai, daripada berusaha mewujudkannya dengan orang lain. Selama waktu itu, saya merasakan jauh lebih banyak pemenuhan dari hidup saya daripada yang pernah diberikan pacar kepada saya.

Menjadi lajang bukan bagian yang terganggu dari kehidupan seseorang. Anda memiliki semua kekuatan untuk menjadikan hidup Anda menjadi orang yang Anda cintai, terlepas dari memiliki pasangan yang romantis.
Dengan begitu, ketika Anda menemukan seseorang, Anda adalah versi terbaik diri Anda. Sehingga, ketika cinta masuk ke dalam hidup Anda, hal itu menjadi pemanis dalam hidup.

Andrea
Seorang penulis kesehatan mental dan hubungan manusia, penulis berita nasional dan internasional
https://pojokjakarta.com

One thought on “Jomblo Bahagia Kenapa Tidak, Tips Jadi Jomblo Bahagia

Leave a Reply

Top