You are here

Bahaya Ketergantungan Emosional

Bahaya ketergantungan emosional
Bagikan Artikel Ini

Foto Ilustrasi Bahaya Ketergantungan Emosional Oleh Pham Khoai

Pojokjakarta.com (15 Juni 2020), Ketergantungan mungkin merupakan satu-satunya cara untuk bertahan hidup bagi mereka yang berasal dari generasi Baby Boomer. Mereka mungkin dilatih untuk mendasarkan semua kebahagiaan mereka pada keberhasilan dan kebahagiaan orang-orang di sekitar mereka. Mereka mementingkan kebahagian orang di sekitar mereka daripada diri mereka sendiri. Hal tersebut menyebabkan sejumlah masalah di kemudian hari ketika mereka menyadari bahwa hidup mereka memiliki arti. Bahaya ketergantungan emosional salah satunya adalah kehilangan jati diri.

Ketergantungan emosional berbahaya dan terlebih lagi ketika kita gagal mengenalinya tepat waktu untuk mencegah pola jahatnya. Bergantung pada orang lain untuk kebahagiaan kita adalah membangun istana di atas pasir yang bergeser. Anda mengatur diri sendiri untuk gagal dan Anda mengatur diri sendiri untuk bahaya.

1. Hilangnya harga diri Merupakan Salah Satu Bahaya Ketergantungan Emosional

Meskipun ketergantungan emosional berasal dari kurangnya harga diri. Ketergantungan juga penghancur harga diri terhadap diri sendiri. Ketergantungan merusak kepercayaan diri kita secara halus dan seiring waktu.
Ketika kita menjadi terlalu bergantung secara emosional pada pasangan kita berisiko kehilangan orang yang kita cintai. Ketergantungan emosional juga berisiko kehilangan diri kita sendiri. Rasa tidak aman kita menggerogoti kepercayaan diri kita.

2. Keterasingan dan kehilangan keterampilan sosial.

Hubungan yang beracun dapat menyebabkan kita mengasingkan diri. Hubungan beracun juga membuat kita kehilangan kontak dengan teman-teman kita. Ketika kita memutuskan hubungan kita dengan dunia luar. Disaat yang sama, kita kehilangan keterampilan sosial yang sangat berharga bagi kebahagiaan jangka panjang kita.
Merasa seolah-olah kita terjebak dan tanpa kekuatan menuntun kita sedikit demi sedikit untuk mengisolasi diri kita. Ketergantungan emosional membuat kita kehilangan orang-orang yang mengisi hidup kita dengan sukacita. Hal tersebut juga mendorong kita menghancurkan kepercayaan diri kita dari waktu ke waktu.

3. Penyiksaan fisik dan psikologis.

Mengisolasi diri kita sendiri dengan pasangan yang kita andalkan untuk segala hal mulai dari kebahagiaan kita sampai makanan kita. Sikap tersebut memperkuat bahaya dan kemungkinan pelecehan fisik dan psikologis dalam suatu hubungan.

Pada satu titik, satu pasangan mungkin salah memahami ketergantungan pasangannya sebagai tanda kelemahan. Situasi ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan kekuasaan dan satu pasangan mengambil peran “dominan”. Semakin lama isolasi terjadi, semakin jahat peran dominan ini. Sampai salah satu atau kedua pasangan menemukan diri mereka dalam situasi berbahaya dan destruktif.

Tidak jarang menemukan pelecehan serius dalam hubungan di mana ketergantungan emosional tinggi. Ketika seseorang merasa seolah-olah seseorang sepenuhnya bergantung pada mereka untuk kebahagiaan. Hal tersebut membuat mereka menjadi lebih mudah untuk memberikan tekanan, berbohong, bersikap bermusuhan atau bahkan menghina.

4. Penghancuran kesejahteraan Merupakan Bahaya Ketergantungan Emosional

Ketergantungan emosional bukan hanya kondisi pikiran. Ini adalah kelainan psikologis yang dapat diverifikasi yang dimanifestasikan dalam berbagai cara dan dalam berbagai tahap kehidupan kita.
Orang yang tergantung sering kali menderita perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Perubahan suasana hati yang tiba-tiba membuat mereka tidak dapat diprediksi dan sulit untuk dihadapi. Mereka juga dapat menderita kondisi mental yang menurun dan seringkali menderita depresi. Selain itu ketergantungan emosional mendorong stres, kecemasan, dan perasaan bersalah, kekosongan, dan kesepian yang parah (terlepas dari status hubungan mereka).

Andrea
Seorang penulis kesehatan mental dan hubungan manusia, penulis berita nasional dan internasional
https://pojokjakarta.com

3 thoughts on “Bahaya Ketergantungan Emosional

Leave a Reply

Top