You are here
Home > Traveling >

Tips Liburan Ketika Puasa Supaya Tetap Menyenangkan

Tips Liburan Ketika Puasa Supaya Tetap Menyenangkan
Bagikan Artikel Ini

Wah, tidak terasa telah mau memasuki bulan Ramadan lagi. Momen yang tiba selama setahun sekali ini senantiasa membawa berkah bagi kita semua. Tetapi meskipun tengah berpuasa tidak boleh malas-malasan di rumah. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan selama puasa, salah satu diantaranya adalah liburan. Kira-kira bagaimana tips liburan ketika puasa agar supaya tetap menyenangkan bagi kita?

Berikut ada 9 tips liburan ketika puasa yang bisa Anda contek. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Tips Liburan Ketika Puasa Ramadhan

Agar Anda dapat liburan tetapi aktivitas puasa tetap lancar, ada tips liburan ketika puasa nih yang dapat Anda lakukan.

Cari Destinasi Wisata Ramah Muslim

Meskipun tengah puasa, liburan Anda dapat tetap berjalan dengan lancar. Caranya adalah dengan memilih tempat tujuan wisata yang ramah bagi pelancong muslim. Misalnya ada resto yang menjajakan makanan halal sampai ada tempat untuk melakukan ibadah.

Bawa Perlengkapan Ibadah

Saat liburan ke sebuah tempat yang belum Anda ketahui keadaannya, banyak hal yang mesti Anda persiapkan. Pada bulan Ramadan seperti ini, janganlah lupa menyempatkan waktu untuk menjalankan ibadah. Anda sebaiknya membawa perlengkapan ibadah sendiri supaya lebih bersih dan tidak ribet.

Bila Anda tak dapat menemukan tempat ibadah yang pantas di sebuah tempat, Anda dapat tetap beribadah di kamar penginapan atau hotel. Jadi, janganlah lupa membawa sajadah, sarung ataupun mukena Anda. Ibadah tetap lancar, liburan pun semakin bahagia.

Sahur dan Berbuka dengan Makanan dan Minuman Bergizi

Saat berpuasa, tubuh Anda kurang mempunyai asupan nutrisi yang memadai sebab menahan lapar dan dahaga sampai lebih dari 12 jam. Oleh karena itu, Anda mesti menjaga asupan nutrisi dalam tubuh saat puasa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka.

Tips liburan ketika puasa ini perlu untuk menjaga ibadah puasa Anda tetap lancar. Saat sahur dan berbuka, pastikanlah Anda memperbanyak asupan sayur-sayuran dan buah-buahan supaya Anda tetap sehat dan segar bugar tanpa merasa lemas sepanjang berlibur dalam kondisi berpuasa.

Konsumsi Vitamin dan Air Putih

Kurangnya cairan dalam tubuh ketika puasa dapat menyebabkan Anda lemas dan tidak berenergi. Terlebih bila Anda tengah liburan di luar kota dan pola makan minum Anda tak teratur.

Untuk menghindari hal itu, Anda dapat mencoba aturan minum air putih yang benar saat berpuasa yakni 242. Anda dapat mengikuti pola 2 gelas minum air putih waktu berbuka puasa, 4 gelas minum air putih ketika makan malam dan 2 gelas minum air putih ketika sahur. Di samping itu, janganlah lupa untuk mengkonsumsi vitamin pula agar tetap bertenaga seharian.

Jangan Lakukan Banyak Aktivitas

Saat puasa memang semestinya Anda disarankan untuk mengurangi aktivitas yang meletihkan, seperti aktivitas fisik. Tips liburan ketika puasa sekarang mesti direncanakan sebelum pergi liburan.

Pastikan Anda menyusun itinerary liburan yang sedikit memerlukan kegiatan fisik. Cobalah mengunjungi destinasi wisata yang berada di dalam ruangan seperti museum atau galeri. Di samping tidak menyebabkan Anda keletihan, Anda pun tetap menyenangkan dan dapat meningkatkan wawasan pengetahuan.

Istirahat di Hotel

Di samping tidak melakukan kegiatan yang membutuhkan banyak energi, Anda pun mesti mempunyai waktu istirahat yang memadai, apalagi saat puasa. Anda dapat memilih untuk menghabiskan waktu istirahat di dalam penginapan atau hotel.

Hal ini disebabkan Anda dapat beristirahat secara nyaman di kamar hotel dengan fasilitas yang komplit. Jadi, Anda dapat beristirahat yang cukup sembari refreshing di dalam hotel. Asyik, bukan?

Perhatikan Waktu Sahur dan Berbuka di Destinasi Liburan

Bila Anda berencana liburan ke luar kota ketika puasa, sebaiknya Anda mengetahui waktu imsak dan berbuka di destinasi liburan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menyiapkan dan menyelaraskan jadwal liburan secara baik. Jika demikian, liburan menjadi semakin menyenangkan tentunya.

Kunjungi Tempat Wisata di Malam Hari

Sesudah jam berbuka, tentu Anda telah kembali bertenaga. Anda dapat mengunjungi tempat wisata di destinasi liburan Anda pada malam hari. Di waktu bulan Ramadan, tentu banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan di malam hari. Misalnya ialah menjelajah kuliner malam.

Mematuhi Protokol Kesehatan

Tentu Anda ingin bila selama liburan nanti Anda tetap terjaga dari paparan virus COVID-19? Jangan lupa, Anda wajib mentaati protokol kesehatan di mana saja dan kapan saja.

Ketika liburan nanti, ingatlah untuk membawa persediaan masker, hand sanitizer, dan tisu supaya Anda selalu dalam kondisi higienis. Jika demikian, tentu liburan menjadi terasa lebih nyaman.

Walaupun tengah menjalankan puasa, itu bukan menjadi kendala bagi Anda untuk dapat beraktivitas, terlebih liburan. Nah, bila memang telah matang dengan rencana liburan, Anda dapat mencari langsung pesan tiket pesawat ke destinasi pilihan Anda. Selamat liburan dan tetaplah bersemangat menjalani puasa.

Leave a Reply

Top