You are here

Hal yang Perlu Dilakukan Buat Menjaga Kesehatan Mental

5 Hal yang Perlu Dilakukan Buat Menjaga Kesehatan Mental
Bagikan Artikel Ini

Semenjak terjadi pandemi tidak sedikit orang yang menjadi stres sebab tidak bisa jalan-jalan dengan bebas. Selalu merasa cemas akan virus, kurang bergaul, dan mempunyai jam tidur yang tidak keruan. Di awal tahun 2021 ini, bahaya pandemi juga masih belum surut sehingga penting sekali untuk menjaga kesehatan mental supaya tetap waras.

Tidak hanya makan sehat dan rutin berolahraga, 5 hal ini pun perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di tubuh Anda

5 Hal yang Perlu Dilakukan Buat Menjaga Kesehatan Mental

Berani mengatakan tidak

Ayo, siapa yang merasa selalu tidak enakan dengan orang? Sifat ini ternyata dapat menjadi penyulut masalah! Coba bayangkan, ketika Anda telah mempunyai banyak pekerjaan, tidak sempat me-time. Kemudian mendadak ada yang meminta tolong Anda untuk mengerjakan sesuatu yang tidak penting-penting amat. Jika Anda tidak dapat menolak, maka beban Anda akan kian banyak.

Oleh karena itu, bila Anda merasa telah melakukan terlalu banyak hal, janganlah ragu untuk menolak dan mengatakan tidak. Sama halnya dengan ajakan dari teman untuk nongkrong bareng yang rawan penularan virus, ajakan untuk ikut MLM yang Anda tidak minati, dan banyak hal yang lainnya.

Alokasikan waktu khusus untuk istirahat

Keadaan WFH atau SFH berpotensi sekali membuat Anda menjadi suka lupa waktu. Tak dapat dimungkiri, bekerja atau sekolah dari rumah tidak lantas menyebabkan Anda menjadi lebih santai, malah bisa saja pekerjaan terus bertambah. Jadi, saat istirahat terpakai untuk bekerja.

Supaya Anda tidak burnout karena terlalu banyak kerja, pastikan Anda selalu mengalokasikan waktu tersendiri untuk beristirahat. Anda dapat mengatur waktu ini selaras kenyamanan. Bila Anda merasa lebih produktif di saat malam, bisa saja Anda mengatur saat istirahat dari pukul 17.00 sampai pukul 19.00. Tingalkan pekerjaan sebentar dan nikmati saat santai ini dengan cemilan atau drakor favorit Anda.

Self love atau self reward bukanlah alasan untuk bermalas-malasan

“Duh, capek nih kemarin telah bekerja hingga pagi. Hari ini akan self reward dengan tidur seharian, ah!” Pernah melakukan hal seperti itu? Menghadiahi diri sendiri dengan tidur-tiduran memang perlu sesekali dilakukan. Tetapi bila keseringan hal ini malah menambah buruk keadaan mental Anda.

Tidak sedikit yang sering keliru kalau self love dan self reward artinya melakukan hal hal yang menyenangkan saja. Padahal sesungguhnya memaksa diri untuk tetap berolahraga dan produktif juga mungkin salah satu bentuk self love. Terlampau banyak tidur bisa menyebabkan tubuh ‘kaget’ ketika bekerja kembali. Sedangkan berolahraga, meski sesaat, dapat membuat hormon yang meningkatkan rasa bahagia dan mood.

Mencari distraksi yang sehat

Banyak menghabiskan waktu di rumah saja menimbulkan rasa stres dan jenuh menjadi makanan setiap hari. Bukannya memperbesar risiko penularan virus dengan pergi berlibur, Anda dapat mencari kesibukan guna mengisi waktu luang yang menyenangkan. Bisa mengerjakan suatu proyek DIY, mengurus tanaman, pergi piknik, main TikTok, belajar masak atau nonton drama.

Buatlah suasana tempat tinggal senyaman mungkin

Selama pandemi, Anda barangkali paling banyak menghabiskan waktu di kosan atau rumah saja. Nah, agar tidak penat, Anda dapat membuat suasana tempat tinggal senyaman-nyamannya. Tidak usah renovasi besar-besaran, Anda bisa memulai dengan hal-hal kecil seperti mengganti sprei secara rutin, membeli difusser yang memiliki aroma relaxing atau menambah tanaman hias dalam kamar. Meski terdengar sepele, acapkali hal kecil ini justru memberi efekk signifikan terhadap mood yang lebih baik.

Dari kelima tips yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental ini, mana yang telah Anda praktikkan?

Leave a Reply

Top