You are here
Home > Berita Nasional >

7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional yang Perlu Diketahui

7 Cara Meningkatkan Kecerdasaan Emosional yang Perlu Diketahui
Bagikan Artikel Ini

Kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ) ialah kemampuan kita dalam mengatur, mengerti, dan mempergunakan emosi dengan cara yang baik. Cara meningkatkan kecerdasan emosional ini penting sekali untuk diketahui agar Anda dapat mengontrol emosi dan perasaan Anda.

Kecerdasan emosional amat penting dimiliki setiap orang guna membangun hubungan dengan orang lain dalam situasi apa saja. Tak terkecuali rasa empati dan kemampuan menangani konflik yang terjadi. Oleh karena itu Anda perlu mengenali cara meningkatkan kecerdasaan emosional di dalam diri sendiri.

Dengan meningkatnya kecerdasan emosional akan membantu Anda menggunakan kecerdasan intelektual yang dimiliki dengan cara yang baik dan lebih bijak. Guna meningkatkan kecerdasan emosional pada diri Anda, hendaknya lakukan cara meningkatkan kecerdasan emosional berikut ini.

1. Kurangi Perasaan Negatif

Supaya Anda sanggup mengubah perasaan negatif dalam sebuah situasi. Anda mesti mengubah cara berpikir mengenai hal-hal itu. Misalnya dengan tidak gampang berprasangka buruk pada orang lain. Anggaplah saja ada maksud positif tersendiri di balik perilaku atau tindakan mereka.

2. Menjadi Pribadi yang Lebih Tenang Saat tengah Stres

Setiap orang tentu pernah merasakan stres dalam kebiasaan sehari-harinya. Umumnya orang merasa tak tenang ketika merasakan kondisi itu. Saat dalam situasi yang banyak tekanan, hal paling penting yang mesti selalu diingat yakni membuat diri tetap dalam kondisi tenang. Guna membuat diri menjadi lebih tenang, Anda dapat melakukan berbagai hal positif lainnya untuk meredakan stres. Misalnya membaca, berkebun, memasak, berolahraga, dan lain-lain.

3. Berlatih Mengekspresikan Perasaan yang Sulit Dilakukan

Dalam menjalani kehidupan setiap hari dibutuhkan tindakan untuk menciptakan batasan dengan seseorang. Sehingga orang lain dapat mengetahui posisi maupun kondisi Anda waktu itu. Hal itu  meliputi:

  • Melatih diri untuk mempunyai pendapat khusus dan tak terpengaruh orang lain tanpa mesti berkata ataupun bersikap kasar.
  • Katakan ‘tidak’ ketika menolak sesuatu tanpa adanya merasa bersalah.
  • Prioritaskan diri pribadi terlebih dulu sebelum pada orang lain.
  • Berusaha untuk memperoleh hak yang patut Anda dapatkan.
  • Menjaga diri dari tekanan dan gangguan dari pihak atau orang lain.

4. Bersikap Proaktif, Bukan Reaktif

Semua orang tentu kerap berhadapan dengan orang yang mempunyai kepribadian yang menjengkelkan. Anda tentu pernah atau tengah ada di lingkungan yang berisi orang-orang seperti ini. Orang-orang seperti ini akan mengganggu dan memengaruhi kehidupan Anda.

Dalam menemui orang-orang seperti ini, cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Khususnya ketika Anda merasa amat marah. Disamping menenangkan diri coba juga untuk memandang situasi dari sudut pandang orang itu.

5. Mulai Berusaha Kuat dan Bangkit dari Kesulitan

Dalam menjalankan hidup tidak spontan selalu berjalan lancar dan selaras dengan rencana. Terkadang setiap orang menemui kesulitan dan keterpurukan. Janganlah menjadikan suatu kesulitan menyebabkan Anda merasa kehilangan harapan dan putus ada. Ambillah hikmah dan pembelajaran dari tiap-tiap kesulitan yang dijumpai. Tak ada orang sukses yang memperolehnya dengan gampang. Butuh perjalanan panjang dan senantiasa tegar mengalami keterpurukan.

6. Berlatih Berkomunikasi dengan Baik

Dalam berkomunikasi tak cuma dilakukan lewat obrolan saja. Tetapi Anda pun dapat berkomunikasi dengan mengerti orang lain lewat bahasa tubuh dan ekspresi wajahnya. Maka dari itu Anda mesti belajar mengerti ekspresi dan bahasa tubuh seseorang.

7. Mulai Mencoba Berpikir Terbuka

Selain cara di atas meningkatkan kecerdasan emosional bisa dilakukan dengan mulai mencoba berpikir lebih terbuka. Latihan diri untuk dapat menerima kritikan serta saran dari orang lain. Kadang-kadang sebagian orang kerapkali merasa tidak terima dan condong tertutup terhadap kritikan dan saran dari orang lain. Orang seperti itu mempunyai kecerdasan emosional yang rendah dan merasa apapun yang dilakukannya selalu benar.

Nah, demikianlah 7 cara meningkatkan kecerdasan emosional yang dapat mulai diaplikasikan terhadap diri sendiri.

Leave a Reply

Top