You are here
Home > Berita Nasional >

5 Jenis Olah Raga Tradisional yang Bikin Tubuh Sehat dan Kuat

5 Jenis Olah Raga Tradisional yang Menyehatkan Tubuh
Bagikan Artikel Ini

Di Indonesia ada berbagai jenis olah raga tradisional. Mungkin salah satu diantaranya menjadi permainan Anda zaman dahulu. Olah raga tradisional di zaman dulu merupakan sebuah permainan dalam keseharian anak-anak. Beberapa diantaranya yakni loncat batu, egrang, sepak takraw dan lain-lain.

Jenis olah raga tradisional itu asalnya dari tradisi dan kebudayaan dari suatu daerah walau sekarang cukup jarang ditemui anak-anak yang memainkannya. Umumnya anak zaman sekarang lebih gemar bermain gadget. Supaya tak lekang oleh waktu dan kemajuan teknologi, sebaiknya memperkenalkan anak dengan berbagai jenis oleh tradisional di bawah ini.

1. Pencak Silat

Pencak silat adalah olah raga bela diri asli Indonesia yang diperkirakan telah ada semenjak Abad ke-8 Masehi. Maka tak aneh bila para pendekar di zaman kerajaan dulu termasyhur mahir bela diri. Hal itu terbukti dari adanya artefak senjata pada kerajaan Hindu-Budha, berbagai relief bergambar seseorang berpose kuda-kuda di Candi Prambanan serta Candi Borobudur. Walaupun tergolong olah raga tradisional, pencak silat terhitung olah raga yang masih populer sampai sekarang.

2. Sepak Takraw

Sepak takraw sebenarnya adalah olah raga asli Indonesia yang asalnya dari Sulawesi Selatan. Olah raga ini pernah diklaim oleh beberapa negara di Asia Tenggara seperti Filipina, Laos, Malaysia, dan Thailand. Cara memainkan olah raga tradisional ini amat unik lantaran gerakannya terdiri dari gabungan permainan bola voli dan sepak bola. Para pemain mesti menendang bola takraw sampai melewati net yang dipasang di tengah-tengah lapangan. Disamping menyenangkan olah raga inipun dapat melatih kekuatan otot pada bagian kaki.

3. Egrang

Egrang tergolong jenis olah raga tradisional yang terkenal di Indonesia. Sampai sekarang egrang masih banyak dimainkan oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Olah raga ini memakai 2 tongkat panjang yang didesain khusus supaya seseorang bisa berdiri sekaligus berjalan di atas ketinggian tertentu. Dengan melakukan olah raga tradisional ini bisa melatih keseimbangan dan melatih otot-otot tubuh, khususnya di bagian kaki. Pada mulanya egrang dipakai untuk menjauhi genangan air dan banjir. Tetapi sejalan dengan berjalannya sang waktu egrang dipakai untuk perlombaan.

4. Pathol

Tak cuma ada pencak silat saja yang jadi olah raga bela diri di Indonesia, pathol tergolong jenis olahraga gulat tradisional asli Indonesia yang asalnya dari Rembang  Jawa Tengah. Pathol dibuat menjadi ajang pencarian orang terbaik guna ditugaskan untuk menjaga pelabuhan Tuban yang seringkali diserang oleh para perompak. Sekarang pathol dijadikan selaku olah raga bela diri. Olah raga pathol umumnya diselenggarakn di pesisir pantai ketika ada tradisi upacara sedekah laut atau hari istimewa.

5. Pacu Jalur

Olah raga pacu jalur adalah olah raga air yang datang dari Riau. Olah raga perahu dayung ini terdiri atas 40 – 60 orang dengan panjang perahu mencapai kira-kira 25 – 40 meter. Pada mulanya olah raga pacu jalur dilaksanakan di desa-desa di daerah sepanjang sungai Kuantan dalam rangka memeringati hari-hari besar umat Islam. Seperti ketika Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, dan tahun baru Hijriah. Sekarang olah raga pacu jalur selalu diselenggarakan tiap-tiap 24 hingga 26 Agustus selaku event tahunan nasional.

Demikianlah tadi 5 jenis olah raga tradisional yang bera-benar asli Indonesia. Melakukan olah raga memang amat penting untuk melindungi kesehatan tubuh dan mesti dilakukan secara teratur. Bila bosan dengan olah raga yang itu melulu, beragam jenis olah raga tradisional di atas dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan demikian, Anda tak jenuh ketika melakukan olah raga.

Leave a Reply

Top