You are here

Manfaat Berkebun Untuk Kesehatan Mental, Pikiran Tenang dan Bahagia

Manfaat Berkebun Untuk Kesehatan Mental Pikiran Tenang dan Bahagia
Bagikan Artikel Ini

Manfaat berkebun untuk kesehatan mental cukup beragam yang penting Anda ketahui. Berkebun tidak hanya mengenai cara membuat lingkungan menjadi tampak lebih bagus dan bermanfaat, akan tetapi juga mampu memberikan dampak positif bagi bagi kesehatan. Baik untuk fisik maupun mental.

Dari sejumlah penelitian menemukan bahwa berkebun atau merawat tanaman dapat meningkatan kesehatan fisik, mental hingga suasana hati. Seperti kita ketahui, berkebun merupakan salah satu kegiatan yang sering diidentikkan dengan hobi para orang tua.

Maka tidak heran jika sebagian anak muda jaman sekarang menganggap bahwa kegiatan berkebun merupakan salah satu hal yang tabu untuk mereka lakukan.

Bahkan ada pula yang menganggap bahwa bercocok tanam merupakan suatu kegiatan yang membosankan serta ketinggalan jaman. Padahal pada faktanya, berkebun dapat menjadi sarana efektif untuk mengurangi stress serta membuat Anda menjadi lebih rileks.

Ragam Manfaat Berkebun Untuk Kesehatan Mental

Tidak semua orang dikaruniai kepiawaian berkebun atau green thumb, merupakan hal yang benar. Meskipun demikian, semua orang dapat memperoleh manfaat dari kegiatan berkebun.

Salah satunya adalah untuk meningkatkan kesehatan mental, terutama untuk mengusir rasa cemas yang terlalu berlebihan. Rutinitas berkebun dengan segala detailnya dapat membuat seseorang tidak lagi berkutat dengan beragam pikiran negatif.

Bahkan bisa jadi alasan mengapa seseorang yang telah jatuh cinta dengan berkebun seolah tidak pernah lepas dari dunia tersebut. Tanpa mengenal seberapa luas lahan serta waktu yang harus mereka alokasikan untuk berkebun. Karena terdapat beragam manfaat berkebun yang membuat orang seakan ketagihan melakukan kegiatan ini.

Berdasarkan penjelasan dari Manajer Terapi Hortikultura d NYU Langone’s Rusk Rehabilitation, Gwen Fried menyatakan bahwa alam mempunyai dampak besar untuk kesehatan dan kebugaran.

Kadar Kortisol akan mengalami penurunan pada lingkungan yang tenang serta hijau. Lantas apa saja manfaat berkebun bagi kesehatan mental tersebut? Berikut penjelasannya.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Meskipun berkebun adalah salah satu aktivitas yang tidak mudah, manfaat berkebun tetap dapat dirasakan. Kegiatan satu ini dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang. Hal ini dikarenakan orang tersebut memiliki tanggung jawab terhadap makhluk hidup lain.

Penguat Kekebalan Tubuh

Manfaat berkebun untuk kesehatan mental dan tubuh lainnya adalah dapat membantu membangun kekebalan tubuh serta membuat tubuh kuat dari dalam.

Saat melakukan aktivitas ini, tubuh akan memperoleh vitamin D dari adanya paparan sinar matahari langsung. Selain itu, kontak langsung dengan tanah yang mengandung jutaan kuman serta bakteri, mungkin untuk sebagian orang akan mengerikan.

Akan tetapi paparan langsung tersebut dapat membantu kita dalam mengembangkan kekebalan terhadap banyak penyakit. Seperti infeksi, flu, alergi, asma dan lain sebagainya.

Menjaga Fungsi Otak Menjadi Lebih Baik

Melakukan kegiatan berkebun secara teratur ternyata dapat merangsang daya fungsi otak. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan jika manfaat berkebun secara teratur dapat mengurangi resiko Demensia serta Alzheimer.

Keduanya merupakan jenis penyakit yang mengganggu kemampuan mental seseorang dalam melakukan tugas sehari-hari. Berkebun tidak hanya merupakan aktivitas fisik, akan tetapi juga fokus mental untuk membantu dalam pembelajaran kognitif.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Selain sebagai aktivitas fisik, berkebun juga dapat mempromosikan pola makan sehat dengan menyediakan beragam produk sehat dan segar.

Berdasarkan sebuah penelitian dari Institut Pangan dan Pertanian Universitas Florida pada 2016, menyatakan bahwa berkebun dapat membantu seseorang menerapkan kebiasaan makan buah serta sayuran yang cukup.

Selain menyediakan sayuran segar, sesuai dengan penelitian dari American Society for Horticultural Science, berkebun juga dapat membuat anak-anak yang mungkin belum pernah mereka konsumsi.

Menghilangkan Stress

Selain beberapa manfaat di atas, berkebun berkorelasi positif pada pengurangan gejala stress, kecemasan hingga depresi. Hal ini sesuai dengan Laporan Pengobatan Pencegahan atau Preventive Medicine Reports yang telah mengamati 22 studi kasus yang berbeda.

Bahkan beberapa dari rumah sakit menggunakan penamaan serta merangkai bunga sebagai bentuk rehabilitasi bagi orang yang baru pulih dari cidera operasi, stroke dan kondisi lainnya.

Membuat Perasaan Lebih Bahagia

Selain sebagai obat stress, bercocok tanam juga membantu meningkatkan mood. Hal ini dinyatakan dalam sebuah penelitian meta-analisis pada tahun 2017 lalu. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa berkebun mempunyai kaitan dengan peningkatan kualitas hidup serta pengurangan gangguan mood.

Dalam melakukan aktivitas berkebun Anda harus mempunyai keyakinan pada masa depan. Hal ini dapat menumbuhkan sesuatu yang hijau, sesuatu yang hidup, serta yang nyata. Semua itu merupakan hal yang penuh harapan untuk Anda lakukan.

Lebih Dekat dengan Alam

Tidak dipungkiri, berkebun atau bercocok tanam akan membuat Anda bersentuhan langsung dengan alam. Seperti suara alam, udara, air, tanaman, tanah dan lainnya yang  membuat Anda langsung terhubung dengan makhluk hidup lainnya.

Kegiatan berkebun dapat bertindak sebagai pengingat apabila Anda bukanlah satu-satunya pusat alam semesta. Dengan demikian, berkebun dapat menjadi cara yang baik untuk belajar dalam merawat serta menghormati sesama makhluk hidup.

Selain itu, berkebun juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengembangkan apresiasi terhadap keajaiban alam. Maka tidak heran, apabila banyak orang mengaku melakukan kegiatan berkebun sebagai cara untuk meditasi atas apapun yang telah mereka lakukan serta capai selama ini. Hal inilah yang mengingatkan seseorang untuk selalu bersyukur serta menghormati sesama makhluk hidup di alam.

Menjadikan Diri Lebih Sabar

Seorang psikoterapis menyatakan bahwa berkebun cukup berbeda serta unik dibandingkan dengan kegiatan lainnya seperti memasak atau menjahit. Pasalnya kegiatan ini secara tidak langsung menghubungkan manusia dengan bumi.

Bersentuhan dengan tanam, bercocok tanam serta menunggu hasil. Selanjutnya memelihara bibit yang akan menawarkan pelajaran berharga bagi kehidupan pribadi seseorang. Hal inilah yang membuat seseorang gemar untuk berkebun menjadi seseorang yang lebih sabar, bertanggung jawab, penuh kasih serta merawat diri dengan baik.

Manfaat berkebun untuk kesehatan mental lainnya adalah dapat mempertajam daya ingat. Selain sebagai salah satu bentuk olahraga yang sangat baik bagi tubuh, berkebun juga sangat baik sebagai latihan kinerja otak. Berkebun selain sebagai cara ampuh menjaga kesehatan kognitif, juga dapat meningkatkan volume otak. Selain melibatkan aktivitas fisik, berkebun juga memerlukan adanya konsentrasi yang tinggi.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top