You are here
Home > Berita Nasional >

Ibu Hamil Positif Corona Melahirkan di RSU Soetomo

Ibu Hamil positif virus corona

Foto Ilustrasi oleh Leah Kelley

Pojokjakarta.com (30 Juni 2020) Dari 69 wanita hamil yang dites dengan cepat rapid test yang dicatat oleh RSU Soetomo, 35 dari mereka positif terpapar virus corona.

Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo tidak hanya merawat pasien positif Corona dengan kondisi klinis yang parah hingga kritis tetapi juga merawat wanita hamil yang terpapar COVID-19. Sejauh ini ada 35 ibu positif COVID-19 yang melahirkan anak-anak mereka di RSU Soetomo.

Proses persalinan wanita hamil dengan Covid-19 memang berbeda dengan persalinan biasa. Selain ditempatkan di ruang khusus, prosesnya juga harus dipastikan steril dari virus. Hal ini untuk mengantisipasi penularan dari ibu kepada bayinya. Untuk bayi yang dilahirkan dari rahim ibunya yang positif Corona. Pihak rumah sakit memastikan semua anaknya tidak terpapar COVID-19. Hal tersebut dapat dilakukan karena virus Corona menyebar melalui droplet bukan melalui darah.

Ibu Hamil dan Bayi Selamat

Bayi yang dilahirkan oleh Ibu hamil yang positif corona segera dipisahkan dari ibunya. Setelah dipisahkan dengan bayinya, ibu bayi yang melahirkan tersebut langsung dirawat di ruang terpisah. Sejauh ini, seluruh bayi yang dilahirkan oleh ibu positif Corona yang melahirkan di RSU Soetomo tidak ada yang terkonfirmasi positif Corona.

Direktur utama RSU dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuadi menyatakan bahwa terdapat 35 ibu hamil yang positif Covid-19 dan dirawat di RSU dr Soetomo Surabaya. Ke 35 ibu tersebut telah melahirkan dengan selamat. Berdasarkan hasil pemeriksaan, seluruh bayi tersebut juga negatif, tidak terpapar Covid-19. Bayi yang dilahirkan juga dinyatakan sehat.

Dari 35 ibu hamil positif Covid-19 dan menjalani proses persalinan di RSU Dr Soetomo. 28 para ibu tersebut sudah dinyatakan sembuh. Sehingga masih ada tujuh orang yang menjalani perawatan. Sementara sisanya sudah diperbolehkan pulang karena telah dinyatakan sembuh.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur dan direktur utama RSU dr Soetomo, dr Joni Wahyuadi  menyatakan bahwa ibu hamil yang positif Covid-19 di Jawa Timur mengalami peningkatan drastis. Terutama yang menjalani proses persalinan di RSU dr Soetomo Surabaya.


Andrea
Seorang penulis kesehatan mental dan hubungan manusia, penulis berita nasional dan internasional
https://pojokjakarta.com

One thought on “Ibu Hamil Positif Corona Melahirkan di RSU Soetomo

Leave a Reply

Top