You are here

Prancis dan Jerman Mengkritik Amerika Serikat

Prancis dan Jerman Mengkritik Amerika Serikat

Ilustrasi Prancis dan Jerman Mengkritik Amerika Serikat oleh Josh Hild

Prancis dan Jerman mengkritik Amerika Serikat karena mencoba memimpin diskusi WHO meskipun telah ditarik. Pertemuan G7 September kini diragukan.

Baca juga
Eropa Bereaksi Terhadap Penarikan AS Dari WHO , Perjanjian Senjata Nuklir AS- Rusia,Memanas ,
Rakyat Lebanon Menuntut Jawaban Atas Amonium Nitrat

Prancis dan Jerman keluar dari pembicaraan reformasi Organisasi Kesehatan Dunia dengan frustrasi. Hal ini terjadi setelah Amerika Serikat berusaha memimpin pembicaraan.

AS memberi pemberitahuan pada Juli bahwa mereka berencana untuk meninggalkan agensi. Amerika Serikat keluar setelah Presiden Trump menuduh kepemimpinan dan organisasi memiliki hubungan dekat dengan China. AS menuduh kedekatan WHO dengan China menyebabkan WHO salah menangani pandemi virus corona.

Namun, Washington tetap terlibat dalam pembicaraan reformasi, lapor Reuters, yang telah berlangsung selama hampir empat bulan selama pandemi.

Tiga pejabat mengatakan kepada Reuters bahwa meskipun berniat untuk meninggalkan WHO, AS berusaha untuk mengambil alih pembicaraan reformasi minggu ini. Kementerian kesehatan Prancis dan Jerman mengonfirmasi kepada Reuters bahwa masing-masing negara menentang AS yang memimpin pembicaraan.

Garis besar peta jalan AS untuk reformasi tidak diketahui.

Langkah tersebut merupakan kemunduran bagi Presiden Donald Trump. Karena Washington, yang memegang kursi bergilir G7, berharap untuk mengeluarkan peta jalan bersama untuk perombakan menyeluruh WHO pada bulan September, dua bulan sebelum pemilihan presiden AS.

Amerika Serikat dan WHO

Amerika Serikat memberi tahu WHO pada bulan Juli bahwa mereka meninggalkan badan PBB yang diciptakan untuk meningkatkan kesehatan secara global. Setelah Trump menuduhnya terlalu dekat dengan China dan salah menangani pandemi virus corona.

WHO telah menepis tuduhannya. Pemerintah Eropa juga mengkritik WHO tetapi tidak sampai sejauh Amerika Serikat dalam kritik mereka dan keputusan Paris dan Berlin untuk meninggalkan pembicaraan mengikuti ketegangan atas apa yang mereka katakan sebagai upaya Washington untuk mendominasi negosiasi.

“Tidak ada yang ingin diseret ke dalam proses reformasi dan mendapatkan garis besarnya dari negara yang baru saja meninggalkan WHO. ” kata seorang pejabat senior Eropa yang terlibat dalam pembicaraan itu.

Prancis dan Jerman

Negara-negara lain tetap terlibat, tetapi juru bicara kementerian kesehatan Italia mengindikasikan bahwa Italia setuju dengan sekutu Eropa mengenai keterlibatan AS dalam pembicaraan tersebut.

“Semua orang mengkritik Tedros,” kata seorang negosiator dari negara G7 Eropa kepada Reuters, mengacu pada Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

“Semua anggota G7 secara eksplisit mendukung substansi gagasan reformasi WHO,” kata seorang pejabat senior pemerintahan Trump. “Meskipun demikian, sangat disayangkan bahwa Jerman dan Prancis pada akhirnya memilih untuk tidak bergabung dengan grup dalam mendukung peta jalan.”

Andrea
Seorang penulis kesehatan mental dan hubungan manusia, penulis berita nasional dan internasional
https://pojokjakarta.com

Leave a Reply

Top