You are here

Kantor 39 Jaringan Penyelundupan Global Korea Utara

Kim Yo Jong Saudari Pejabat Kantor 39 Korea Utara

Kim Yo Jong Saudari Pejabat Kantor 39 Korea Utara
Sumber Foto : Bloomberg

Pojokjakarta.com (28 Juni 2020), Kim Jong Un di Korea Utara menghilang, lalu muncul. Sekarang, penguasa korea utara tersebut sudah tidak terlihat lagi dalam beberapa waktu terakhir. Adik perempuannya telah melangkah ke perannya sebagai saber-rattler, bahkan mengancam serangan nuklir di Amerika Serikat.

Kantor 39 yang gelap dan terkenal di Pyongyang, diduga sebagai markas besar jaringan penyelundupan global. Kantor 39 diduga dirancang untuk menghasilkan jutaan dollar yang menggemukkan pundi-pundi uang Kim dan keluarganya.

Tanpa Kantor 39, elit Pyongyang, dicekik oleh sanksi PBB dan AS yang mencegah mereka melakukan perdagangan papan atas dengan dunia.

Investigasi Amerika Serikat

Dilansir dari Fox News (28 Juni 2020),David Maxwell, pensiunan kolonel Pasukan Khusus Angkatan Darat AS dan pakar Korea Utara menyatakan bahwa Kim mendapatkan cognac, Mercedes, dan arloji Rolex berasal dari uang yang dihasilkan dari kantor 39 atau Office 39.

Amerika Serika menduga pembuatan dan perdagangan obat-obatan terlarang, pemalsuan, penyelundupan emas, perdagangan senjata dan buruh hanyalah segelintir dari kegiatan ultra-ilegal yang disponsori Kantor 39 sejak almarhum ayah Kim, Kim Jong-Il, meluncurkannya pada 1974.

Dilansir dari Zee News (28 Juni 2020),Kim Jong-un Korea Utara mengoperasikan kegiatan ilegal menggunakan gedung pemerintah di ibukota negara. Laporan menyatakan bahwa di dalam sesuatu yang disebut kegiatan ‘Kantor 39’ seperti pembuatan dan perdagangan obat-obatan terlarang, pemalsuan, penyelundupan emas, perdagangan senjata dan kerja paksa dikelola dan disponsori. Beberapa laporan menyatakan bahwa saudara perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, Choe Song, adalah pejabat Kamar 39 atau bekerja untuk unit militer yang menjaga saudara iparnya.

Dilansir dari Time News (29 April 2020),Selama bertahun-tahun, para pejabat intelijen di seluruh dunia telah mengawasi kantor rahasia di lantai tiga markas Partai Buruh Korea di Pyongyang, Korea Utara. Kim Jong-Un telah melanjutkan praktik pendahulunya Kim Jong-Il untuk menghargai dirinya sendiri dan loyalis dalam militer, aparat intelijen, dan pemerintah dengan hadiah mewah mulai dari uang tunai hingga mobil, cognac, intelijen kata pejabat dan pakar.

Misteri Kantor 39

Seperti ayahnya, Kim telah mempertahankan kendali keluarga atas Office 39. Meskipun itu adalah salah satu target intelijen paling sulit di negara paling rahasia di dunia. Amerika Serikat dan analis intelijen lainnya berpikir dia telah menugaskan adik perempuannya dan calon penggantinya. Kim Yo-Jong, dan suaminya berperan penting dalam mengawasi uang yang mengalir melalui kantor 39.

Para pejabat dan pakar luar skeptis terhadap intelijen di Korea Utara pada hari-hari terbaiknya. Tetapi informasi yang tersedia berasal dari pembelot dan sumber-sumber lain. Pejabat intelijen Amerika Serikat menyatakan bahwa informasi menunjukkan bahwa saudara perempuan Kim dan suaminya berkuasa di kantor 39 . Pernyataan tersebut telah menjadi sangat relevan dalam beberapa minggu terakhir karena Kim tidak terlihat. Hal tersebut menandai kemungkinan Kim Yo-Jong menggantikan pemimpin korea saat ini.

Sementara banyak kegiatan penghasil uang di luar negeri rezim tetap diselimuti kerahasiaan. Washington telah berusaha, dengan keberhasilan terbatas, untuk mengungkap rahasia Office 39. Upaya Amerika dilakukan sejak masa kakek Kim, Kim Il-Sung menciptakannya pada tahun 1970-an.

Referensi :

  • Fox News
  • Zee News
  • Time News

Andrea
Seorang penulis kesehatan mental dan hubungan manusia, penulis berita nasional dan internasional
https://pojokjakarta.com

One thought on “Kantor 39 Jaringan Penyelundupan Global Korea Utara

Leave a Reply

Top