You are here
Home > Berita Nasional >

Simak Pengertian Apa Itu Mindfulness

Simak Pengertian Apa Itu Mindfulness
Bagikan Artikel Ini

Belakangan ini tengah populer membahas istilah mindfulness. Apa itu mindfulness? Untuk pecinta meditasi atau yoga, tentu sudah tidak asing lagi dengan sebutan ini. Mindfulness merupakan teknik yang kerap dimanfaatkan untuk mengurangi stres dan gelisah atau gangguan kecemasan. Walau begitu, tak semua orang mengerti apa itu mindfulness.

Mindfulness merupakan suatu bentuk meditasi yang dapat Anda lakukan dengan jalan mengatur pernapasan. Tujuan dari aktivitas ini ialah untuk meredakan stres, menenangkan tubuh dan pikiran. Saat melakukan mindfulness Anda mesti memusatkan perhatian terhadap emosi dan perasaan yang tengah dirasakan dan timbul waktu itu dengan mengikutsertakan kesadaran dan berlatih menerima tanpa menolak.

Pengaplikasian mindfulness kerap dimanfaatkan untuk merelaks-kan pikiran dengan konsep fokus untuk hidup di waktu itu, tanpa cemas berlebihan akan masa depan, serta tanpa memikirkan hal-hal yang telah lewat.

Pada intinya, mindfulness memungkinkan untuk menangkap energi negatif yang dialami saat tengah bereaksi dan membeku di pikiran. Sebelum menjadi badai dan menjerumuskan Anda, mindfulness telah mengatasinya. Misalnya, sekonyong konyong Anda mempertanyakan segala hal mengenai keluarga Anda, seperti,“Apa yang terjadi ya bila aku terlahir di keluarga lain? Apakah masa depan aku akan lebih baik ketimbang kondisi sekarang?”

Ketika mulai berpikir seperti ini, metode meditasi mindfulness akan menolong menyadarkan Anda bahwa pemikiran tersebut bisa saja memang benar, tetapi tidak usah sampai membuat Anda jadi menyalahkan diri sendiri. Padahal, masalah itu bukanlah hal yang dapat Anda atur sebab ada di luar kontrol sebagai manusia. Fokuslah pada apa yang kini terjadi dan hiduplah di saat ini tanpa mencemaskan yang lain.

Cara Melakukan Mindfulness

Terdapat berbagai cara supaya Anda dapat melaksanakan aktivitas mindfulness. Ini dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan mindfulness.

1. Perhatian Penuh

Coba sempatkan waktu untuk memerhatikan diri sendiri secara penuh. Berikan perhatian lebih pada tubuh sendiri dari mulai indra penciuman, penglihatan, sentuhan, suara, sampai  rasa.

2. Atur Pernapasan

Nyaris sama dengan meditasi, mindfulness pun memakai atur pernapasan sebagai tekniknya. Saat mempunyai pikiran negatif, cobalah untuk duduk, tariklah napas dalam-dalam melalui hidung, dan pejamkanlah mata. Fokuslah pada napas, rasakanlah dari aliran darah kaki sampai kepala, hitunglah hingga sepuluh dan hembuskanlah melalui mulut secara pelan-pelan. Lakukanlah secara berulang-ulang hingga merasa lebih santai.

3. Terima Diri Sendiri

Memaafkan dan memperlakukan diri sendiri sebagaimana memperlakukan sahabat baik merupakan cara untuk menerima diri sendiri. Cobalah untuk memberikan perhatian total, terbuka pada seluruh hal dan menerima pada segala sesuatu yang sudah dilakukan walaupun tidak memuaskan. Cintailah diri sendiri supaya Anda dapat meraih ketenangan diri yang optimal.

4. Berjalan Kaki

Pergilah ke tempat-tempat yang tenang sejauh 500 meter dan mulailah berjalan pelan-pelan. Fokuslah pada cara berjalan, cermati beragam gangguan yang bisa memengaruhi kestabilan tubuh.

Saat berhasil mencapai ujung jalan, berbeloklah dan lanjutkan lagi berjalan, pertahankanlah kesadaran terhadap perasaan dalam diri. Setelah itu fokuslah pada kondisi di sekeliling, gunakanlah seluruh panca indera untuk mengamati dan merasakan keadaan itu. Kemudian, pusatkan diri pada emosi yang tengah dirasakan. Kenalilah bagaimana emosi itu bisa timbul dan terimalah apa saja yang membuat emosi tersebut keluar.

Dari penjelasan tentang apa itu mindfulness ini dapat disimpulkan kalau mindfulness merupakan metode untuk mencintai diri sendiri dan menghilangkan semua kegelisahan yang dirasai. Anda dapat melakukan teknik ini setiap hari supaya terwujud kesehatan mental yang maksimal.

Leave a Reply

Top