You are here

Bangkit Saat Terjatuh! Ini Dia Cara Memotivasi Diri Saat Terpuruk

Bangkit Saat Terjatuh Ini Dia Cara Memotivasi Diri Saat Terpuruk
Bagikan Artikel Ini

Sangat mustahil jika hidup berjalan tanpa adanya masalah. Adakalanya seseorang mendapatkan permasalahan yang membuat hati bersedih. Jadi Anda harus berusaha untuk menepis kesedihan yang sedang dihadapi. Berikut ini cara memotivasi diri saat terpuruk. Karena memotivasi diri bukan tanggung jawab orang lain melainkan tanggung jawab diri sendiri sepenuhnya.

Bangkit Saat Terjatuh Ini Dia Cara Memotivasi Diri Saat Terpuruk
pixabay.com

Berikut Cara memotivasi Diri Saat Terpuruk

Terpuruk bisa terjadi pada siapa saja, namun tidak semua bisa mengatasi. Untuk persiapan, coba simak beberapa upaya di bawah ini.

Beristirahat

Kehidupan nyatanya harus beristirahat sejenak. Sebisa mungkin beli cemilan untuk beristirahat agar tenaga Anda kembali. Jika Anda mempunyai pekerjaan sebaiknya mengambil cuti terlebih dahulu. Anda hanya butuh 1 atau 2 hari untuk berkonsentrasi dan beristirahat.

Menyadari Realitas

Tidak masalah jika Anda diterpa masalah dan mengalami keterpurukan. Tetapi Anda tidak bisa berlarut-larut dalam keterpurukan tersebut. Coba bangkitkan motivasi untuk diri sendiri agar menyadari realitas yang sedang terjadi. Lihatlah kenyataannya jika Anda tidak bangkit maka tidak ada yang bisa menyelamatkan Anda.

Mengeluh

Mengeluh bisa untuk memulai kehidupan yang baru. Anda harus merasakan apa yang sedang Anda rasakan. Memendam perasaan membuat Anda meledak pada kemudian hari. Mengetahui situasi yang sedang dihadapi merupakan cara untuk meluapkan emosi, jadi mengeluhlah.

Tidak Merasa Malu

Saat berada di posisi bawah setelah terjatuh pasti perasaan malu akan hadir. Anda jadi memikirkan pandangan orang lain terhadap Anda. Hal ini membuat Anda merasa minder dan malu. Sebaiknya Anda percaya bahwa setiap orang pernah mengalami keterpurukan serta jangan biarkan rasa menu menghambat untuk segera bangkit.

Berpikir Secara Positif

Saat Anda tidak bisa mengubah situasi serta ingin kembali kehidupan, sebaiknya Anda membuat pengaturan besar terlebih dahulu. Anda harus memulai untuk bersikap berpikir dan berpakaian seperti individu baru serta berada di sekitar individu baru. Namun untuk melakukan hal tersebut Anda harus berpikir dengan positif serta penuh keyakinan.

Berlibur

Cara memotivasi diri saat terpuruk tidak harus dengan merenung dan menyepi. Terkadang Anda butuh liburan untuk menyegarkan pikiran dan perasaan dalam keterpurukan. Sebaiknya Anda luangkan waktu untuk liburan ke tempat yang menyenangkan. Anda membutuhkan waktu untuk mengganti suasana agar mood menjadi lebih baik. Selama Anda berlibur bisa dimanfaatkan untuk menyemangati diri serta mengintropeksi diri agar melawan keterpurukan.

Hentikan Kenegatifan

Hentikan pikiran negatif, daripada Anda berpikir yang rasional dan tidak berguna sebaiknya segera dihentikan. Saat Anda menyadari setelah memikirkan hal negatif sebaiknya segera mendorong diri agar menghentikan serta menambahkan sesuatu yang lebih baik. Jangan berpikir bahwa Anda gagal hari ini tetapi berpikirlah “Saya gagal hari ini tetapi masih ada hari esok untuk cerita yang baru”.

Menyusun Rencana Selanjutnya

Rencana merupakan hal penting yang harus dibuat. Karena tanpa rencana Anda tidak mempunyai pencapaian. Padahal sebuah pencapaian merupakan harapan agar bisa bangkit dari keterpurukan. Luangkan waktu untuk menyusun rencana selanjutnya.

Jika Anda merasa terpuruk jangan langsung meratapi dan merenung. Sebaiknya Anda lakukan cara memotivasi diri saat terpuruk di atas. Ingat bahwa hidup Anda terlalu berharga untuk merenung berlebihan, sebaiknya Anda segera bangkit dari keterpurukan tersebut.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top