You are here
Home > Berita Nasional >

Beragam Modus Begal, Masyarakat Harus Waspada

beragam modus begal
Bagikan Artikel Ini

Pojokjakarta.com – Saat ini, beragam modus begal dialami oleh banyak masyarakat. Hal ini membuat kita harus semakin mawas diri terhadap tindak kriminal tersebut. Pembegalan bisa saja terjadi pada siapapun, terlebih pada orang yang tidak beruntung.

Bahkan beragam modus begal ini merambah ke sasaran tukang ojek. Sehingga, para tukang ojek, pengkolan maupun online harus semakin berhati-hati. Pasalnya, ada seorang tukang ojek di Sukabumi Jawa Barat yang mengalami pembegalan dengan modus pelaku sebagai penumpang ojek.

Pembegal itu berpura-pura menjadi seorang penumpang ojek. Namun setelah memiliki waktu yang tepat, ia melancarkan tindakan kriminal. Ia bahkan juga sempat memukul korban hingga memar dan membawa sepeda motornya. Namun, warga segera berdatangan dan akhirnya pelaku berhasil ditangkap dan dibawa ke unit reskrim polres Sukabumi.

Tips Menghindari Begal Motor

Kejahatan tidak akan menunggu kita siap. Maka dari itu, penting mengetahui berbagai hal mengenai begal. Namun, sebelum berdoa dan memilih waktu yang pas perlu kita lakukan. Hal ini agar Tuhan yang Maha Esa senantiasa melindungi kita saat berada di jalan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghadapi modus-modus pembegalan, antara lain:

  • Memarkir sepeda dalam keadaan yang benar
  • Hindari bepergian pada malam hari atau petang
  • Pakai perlengkapan berkendara agar mengemudi jauh lebih nyaman
  • Berkendara dengan teman (jangan sendirian)
  • Jangan berkendara menggunakan sepeda motor yang baru atau mahal

Beberapa hal di atas penting untuk kita perhatikan. Di zaman ini, masih banyak tindakan kriminal yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, pastikan kita melakukan hal-hal yang terbaik untuk menghindari kejadian buruk yang kemungkinan bisa terjadi.

Modus Pembegalan Semakin Banyak

Lumrahnya, bedal dilakukan dengan cara-cara yang kasar. Tentunya dengan merebut sepeda atau barang-barang berharga. Tidak jarang, pelaku pembegalan juga melukai korban. Hal ini sangat berbahaya.

Namun, saat ini, pembegalan bisa dilakukan dengan berbagai modus. Mulai dari modus penumpang ojek, hingga pemaksaan. Apapun dilakukan demi bisa merebut harta milik korban di jalan raya yang sepi.

Maka dari itu, jika Anda berkendara sendirian, hindari untuk melewati jalan-jalan yang sekiranya sepi. Sebab, hal tersebut berbahaya, apalagi di malam hari. Tetap pastikan berkendara di tempat yang ramai dengan perumahan agar Anda tenang. Minimal, ketika terjadi apa-apa, Anda bisa meminta pertolongan pada orang terdekat.

Beragam modus begal saat ini tidak perlu Anda simulasikan. Cukup lakukan berbagai tindakan preventif agar begal tidak memiliki kesempatan untuk menjarah harta Anda. Entah itu sepeda maupun barang-barang berharga Anda.

Saat berada di perjalanan, keselamatan adalah hal yang paling utama. Maka dari itu, jangan sembarangan memulai perjalanan. Persiapkan ragam hal yang diperlukan agar perjalanan Anda aman dan lancar.

Leave a Reply

Top