You are here
Home > Berita Nasional >

8 Manfaat Meditasi yang Baik Bagi Kesehatan Mental

8 Manfaat Meditasi yang Baik Bagi Kesehatan Mental
Bagikan Artikel Ini

Ketenangan dan kedamaian diri adalah salah satu tujuan dari manfaat meditasi yang diharapkan seseorang. Sebagaimana yang diketahui bersama, hidup ini memang seperti roller coaster yang terus berputar. Kadang-kadang ada di atas, namun bisa dengan mendadak langsung turun ke bawah tanpa memberikan isyarat. Keadaan itu yang dapat menjadikan seseorang merasa lelah secara emosional.

Orang yang kerap menemui hal-hal emosional, condong lebih memiliki potensi untuk menderita gangguan kesehatan mental. Dalam hal ini meditasi dapat memberikan kontribusi yang baik. Berikut ini beberapa manfaat meditasi yang dapat Anda raih.

1. Mengatasi Kecemasan dan Depresi

Ketika seseorang merasakan kecemasan, maka tubuh meresponnya dengan melepaskan senyawa sitokin yang mempengaruhi mood. Bila senyawa itu tak terkontrol, maka memiliki risiko bagi kesehatan mental. Pada kejadian lebih jauh hal itu dapat menjadi depresi yang lumayan serius. Sebagai langkah permulaan mengatasinya, cobalah untuk menjalani mindfulness meditation secara teratur.

2. Mengelola Stres

Tubuh membutuhkan hormon endorfin untuk mengatasi stres. Hormon ini tak cuma mempengaruhi kebahagiaan atau suasana hati saja, namun pula penawar rasa sakit. Oleh sebab itu ada tipe orang yang akan berolahraga lebih keras lagi ketika tengah merasa stres. Tetapi selain langkah itu Anda pun dapat melakukan meditasi di rumah.

3. Membantu Mengendalikan Emosi

Menjalankan meditasi atau teknik relaksasi secara teratur terbukti dapat menyebabkan seseorang merasa positive thinking, lebih tenang, dan bahagia. Lebih daripada itu kinerja otak juga akan meningkat, entah dalam hal berkonsentrasi atau mengingat.

4. Mengatasi Kecanduan

Manfaat meditasi bagi kesehatan lainnya ialah untuk mengatasi kecanduan. Kata candu lebih kerap disamakan dengan hal-hal yang mendatangkan pengaruh buruk, seperti minuman keras, merokok, dan sebagainya. Kebiasaan ini tentunya perlu lekas dihentikan sebab bisa menambah buruk kesehatan fisik dan mental.

Meditasi merupakan langkah awal untuk menurunkan tingkat candu itu sehingga dapat lebih menghargai diri sendiri. Latihan relaksasi ini ternyata dapat meminimalisir sesuatu yang tak rasional dan emosi negatif.

5. Memberikan Motivasi

Tim paling baik dalam menjalankan hidup ialah diri sendiri. Demikian pula dalam hal menggapai impian. Maka diri sendirilah yang dapat memberikan motivasi tidak berbatas dan tanpa adanya syarat. Meditasi dapat menjadi langkah untuk lebih mengenali diri sendiri, entah kekurangan, kelebihan, ataupun keinginan. Bila telah mempunyai itu semua, maka perjuangan tidak akan terasa berat.

6. Meningkatkan Kesadaran dan Kepercayaan Diri

Banyak orang berhasil mengatasi kesepian sesudah menjalani sebuah metode meditasi. Sementara itu penerimaan dan kesadaran dapat menambah kepercayaan diri.

7. Menghindari Pikun

Suatu penelitian berhasil membuktikan kalau kemampuan seseorang untuk memerhatikan sesuatu dan berkonsentrasi dapat meningkat sesudah teratur melakukan meditasi. Berarti kinerja otak juga akan mengalami perbaikan fungsi untuk mengingat dan fokus sehingga penyakit pikun dapat dicegah secara baik. Oleh sebab itu tak ada salahnya menyempatkan waktu untuk melakukan meditasi.

8. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat meditasi yang paling akhir ialah untuk memperbaiki kualitas tidur Anda. Tidur dan kesehatan mental merupakan 2 hal yang tak dapat terpisahkan demikian saja. Orang yang stres atau mempunyai banyak pikiran, maka akan condong menderita gangguan tidur atau insomnia.

Demikian pula dengan persoalan mental yang lain. Tidur adalah satu upaya untuk menanganinya. Oleh sebab itu, medis menyarankan manusia untuk lebih memerhatikan keperluan tidurnya.

Tidak cuma dari sisi jangka waktu, namun pula deep sleep atau kualitas. Bagaimanakah cara menciptakannya? Di samping menyediakan tempat tidur yang nyaman, meditasi pun dapat meningkatkan kualitas tidur.

Dari 8 manfaat meditasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa teknik relaksasi ini memang pantas dijadikan sebagai rutinitas yang sehat. Dengan teknik relaksasi ini diharapkan Anda dapat memperoleh ketenangan, kedamaian, kesadaran, dan kebahagiaan di dalam diri dengan lebih maksimal.

Leave a Reply

Top