You are here

Mengenal Hubungan Toxic Adalah Hubungan Yang Tidak Sehat Dan Berbahaya

Hubungan Toxic Adalah
Bagikan Artikel Ini

Toxic relationship atau yang sering disebut dengan hubungan toxic adalah sebuah keadaan dimana hubungan yang dimaksud tergolong tidak sehat. Oleh karena itu dapat memicu hadirnya dampak buruk pada kesehatan mental para pelakunya. Apabila seseorang yang mengalami hal tersebut, maka bisa diatasi dengan sejumlah solusi seperti bersikap dengan tegas, mengambil keputusan berdasarkan kesepakatan dan lainnya. 

Sementara pertanda dari hubungan yang tidak sehat tersebut cukup beragam. Diantaranya yang sering dijumpai adalah seperti merasa tidak cukup, jalinan komunikasi yang kurang baik dan lainnya. Pada dasarnya setiap orang menginginkan sebuah hubungan yang baik di lingkungannya, pasalnya sedikit banyak keadaan lingkungan cukup mempengaruhi orang tersebut. Berikut informasi terkait hubungan kurang sehat beserta ciri-cirinya:

Mengenal Hubungan Toxic 

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia toxic sendiri memiliki makna racun, sehingga bisa dipahami bahwa hubungan toxic adalah hubungan yang beracun. Dengan kata lain bahwasanya hubungan yang tengah dijalin dapat berdampak negatif terhadap kebahagiaan serta tingkat kesehatan mental seseorang yang menjalaninya. Namun yang disayangkan, sejumlah orang tidak menyadari bahwa tengah berada dalam situasi tersebut. 

Bahkan menurut penuturan dari seorang ahli komunikasi dan psikologi bernama Dr. Lillian Glass. Menyebutkan bahwa hubungan toxic merupakan hubungan yang pelakunya tidak saling mendukung satu dengan lainnya. Dimana salah satu pelaku dari hubungan yang dimaksud berupaya untuk mempunyai kontrol besar terhadap pelaku lainnya. 

Walaupun pada dasarnya setiap hubungan memang wajar berada dalam kondisi yang naik turun. Akan tetapi hubungan toxic dengan cara konsisten akan menguras tenaga para pelaku yang menjalankannya. Hubungan semacam ini tidak hanya terjadi pada persoalan asmara saja. Tetapi juga bisa terjadi pada hubungan dengan keluarga, sahabat maupun lainnya. 

Ciri-ciri Hubungan Toxic 

Meskipun sebagian orang menganggap wajar hal tersebut. Sebenarnya hal yang dimaksud sedikit banyak akan berdampak pada mental orang yang menjalani. Berikut ciri-ciri yang biasanya dialami oleh orang yang menjalani hubungan toxic:

1. Merasa Gagal Menjadi Diri Sendiri 

Ciri pertama yang menandakan bahwa seseorang tengah berada pada kondisi hubungan tidak sehat yaitu sulit menerima apa yang telah dianugerahkan Tuhan kepada dirinya. Permasalahan ini bisa dipicu oleh adanya sejumlah kritikan pedas yang dilakukan secara terus menerus oleh pihak lain di hubungan tersebut. Hal itu pun bisa membuat pelaku terdampak menjadi kehilangan kepercayaan dirinya. 

2. Komunikasi Tidak Baik

Apabila terjadi permasalahan dalam sebuah hubungan, maka salah satu jalan keluarnya adalah dikomunikasikan dengan cara yang baik. Akan tetapi jika yang terjadi salah seorang pihak malah enggan membahas permasalahan yang terjadi atau bahkan sampai melakukan kekerasan secara emosional. Maka pelaku dari hubungan tersebut perlu berhati-hati. Mengingat faktor komunikasi dan juga negosiasi cukup berperan penting dalam sebuah hubungan. 

3. Sulit Untuk Berkembangnya 

Saat hubungan yang dijalani berlangsung dengan sehat dan baik-baik saja. Diantara kedua belah pihak akan mendukung satu sama lain dalam berbagi hal positif. Untuk hubungan toxic yang terjadi adalah sebaliknya. Contoh kecilnya adalah ketika ada seorang ibu baru yang ingin les memasak. Namun pasangan atau suami meremehkan keinginan istrinya dengan mengatakan bahwa sang istri tetap tidak akan bisa walaupun sudah belajar. 

Demikian pembahasan tentang hubungan toxic adalah keadaan saat hubungan yang dilakukan sudah tidak sehat. Akibatnya dapat berdampak pada kesehatan mental serta tingkat kebahagiaan pelakunya. Uraian di atas bisa menjadi kewaspadaan bagi sejumlah orang yang mungkin masih menganggap bahwa toxic relationship merupakan hal yang tergolong wajar.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top