You are here

Pembukaan Olimpiade Tokyo akan Digelar Jumat pukul 20.00 Waktu Jepang

Pembukaan olympiade tokyo 2020
Bagikan Artikel Ini

Beberapa waktu lalu sejumlah kabar banyak yang memberitakan mengenai pembukaan Olimpiade Tokyo yang diagendakan bakal digelar pada hari Jumat tanggal 23 bulan Juli 2021. Upacara pembukaan tersebut nantinya bertempat di Stadion Nasional, Jepang. Dimana berita yang beredar menyebutkan bahwa acara tidak akan menampilkan sejumlah pertunjukan seperti koreografi, seni dan yang lainnya. 

Bahkan dapat dikatakan bahwa pagelaran pembukaan akan dilangsungkan dengan suasana menyeramkan. Bagaimana tidak, akibat kompetisi salah satu olahraga terbesar di dunia tersebut. Tim dari negara Jepang harus berpikir dengan ekstra kiranya bagaimana cara melakukan promosi negaranya di samping kasus virus Corona yang masih mengkhawatirkan. Berikut ulasan terkait pembukaan ajang olimpiade Tokyo:

Temuan Kasus Covid-19 Di Olimpiade 

Pada dasarnya pagelaran ajang kompetisi olimpiade Tokyo ini mendapatkan pertentangan dari sejumlah pihak. Alasan yang melatar belakangi hal tersebut tidak lain adalah penyebaran kasus virus Corona di berbagai negara. Dikhawatirkan apabila kompetisi tersebut digelar akan menjadi klaster baru dari penyebaran covid-19 yang semakin bertambah. 

Bahkan sampai hari selasa tanggal 20 bulan Juli kemarin ditemukan sebanyak 71 kasus positif Corona di Olimpiade Tokyo. Balich selaku Produser Eksekutif dari acara pembukaan Olimpiade Tokyo mengutarakan janjinya bahwa akan memberikan hal terbaik untuk acara tersebut. Serta akan mengusung konsep unik dengan harapan menjadi satu-satunya yang ada di sepanjang sekarang pagelaran Olimpiade. 

15 Pemimpin Negara Akan Hadir 

Diselenggarakannya acara bergengsi di bidang olahraga yang bertempat di Tokyo, Jepang ini. Rencananya akan dihadiri oleh 15 tamu penting, yakni yang berasal dari para pemimpin negara dan organisasi berskala internasional. Angka tersebut diketahui mengalami penurunan dari jumlah tamu penting sebelumnya. Dimana pada olimpiade tahun 2016 lalu yang bertempat di Rio de Janeiro terdapat 40 tamu pemimpin dunia. 

Tamu yang termasuk dalam kategori VIP yang berasal dari luar Jepang dan hadir di Stadion Nasional untuk melakukan pembukaan dapat berubah sebelum dilangsungkannya acara. Diantara pada tamu tersebut tercantum nama Emmanuel Macron yang merupakan Presiden Perancis. Serta nama lain yang juga ikut tercantum adalah Luvsannamsrai Oyun-Erdene selaku PM negara Mongolia. 

Indonesia Menurunkan 10 Orang Untuk Defile

Pada acara pembukaan Olimpiade Tokyo, Negara Republik Indonesia hanya akan mengirimkan 10 orang saja dalam defile pembukaan yang dilaksanakan di Stadion Nasional, Jepang. Pasalnya diketahui bahwa angka tersebut adalah total maksimal yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara dari TOCOG. Sedangkan para atlet yang terpilih untuk mengikuti defile dapat disesuaikan berdasarkan jadwal bertandingnya. 

Dari 10 orang yang ikut dalam defile terdapat nama Lifter Nurul Akmal dan juga Rio Waida, yang merupakan seorang peselancar. Keduanya dipilih sebagai pembawa bendera pusaka Merah Putih di acara tersebut.. Dimana acara nantinya akan dilakukan pembukaan oleh sang kaisar Jepang pada pukul 20.00 waktu Jepang atau sekitar pukul 18.00 Waktu Indonesia Barat. 

Dari jadwal yang ada, para atlet asal Indonesia sudah mulai bertanding di hari pembukaan, yakni Jumat esok dan juga Sabtu lusa. Perjuangan Indonesia akan dibuka oleh seorang atlet Pemanah dengan nama Diananda Chairunisa beserta rekannya Riau Ega Agatha. Sementara untuk hari Sabtunya ada atlet dalam cabang olahraga bulu tangkis , serta menembak, kemudian ada rowing dan juga angkat besi. 

Demikian ulasan beberapa informasi terkait pembukaan Olimpiade Tokyo yang akan digelar di Stadion Nasional negara Jepang. Untuk waktu penyelenggaraan dijadwalkan pada hari Jumat Esok dengan dihadiri sejumlah tamu VIP. Indonesia sendiri nantinya akan mengirimkan 28 atlet untuk bertanding di 8 cabang olahraga seperti renang, rowing dan lainnya.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top