You are here
Home > Traveling >

Tips Traveling di Masa Pandemi Secara Aman

treveling di masa pandemi
Bagikan Artikel Ini

Liburan merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Baik itu untuk melepas penat dan beban kehidupan serta bersenang-senang. Di masa covid-19 seperti ini, setiap orang tentunya harus menerapkan tips traveling di masa pandemi secara aman.

Tidak lain tidak bukan tentunya ini untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari virus corona. Baik itu untuk individu yang berlibur maupun individu lain yang ada pada tempat wisata. Jadi Anda tetap bisa berwisata dengan aman tanpa khawatir mengenai virus covid-19. Baik itu tidak khawatir akan tertular virus atau justru Anda sendiri yang bertindak sebagai penyebar virus.

Lalu jika ingin melakukan traveling di masa pandemi, tips apa saja yang bisa Anda terapkan? Apa saja barang-barang dan persiapkan yang harus Anda lakukan? Tenang saja, Jangan khawatir. Pada pembahasan kali ini Anda akan mengetahui bagaimana cara berlibur saat pandemi secara baik dan tepat.

Menjalani Tes Kesehatan untuk Memastikan Keadaan Tubuh

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum traveling di masa pandemi adalah dengan mengecek kesehatan tubuh.

Tentu ini untuk memastikan imun tubuh Anda sedang dalam keadaan baik, sehingga tidak mudah terserang virus. Serta untuk memastikan apakah Anda tertular covid atau tidak.

Jadi Anda bisa mengecek secara mandiri terlebih dahulu. Mulai dari suhu badan, jangan sampai melebihi 38oC. Selain itu, pastikan tidak memiliki gejala sakit seperti batuk-batuk, pilek, pusing, atau yang lainnya.

Kemudian pastikan Anda sudah menjalani rapid test atau swab test corona. Pastikan Anda memiliki hasil negatif sehingga bisa liburan dengan aman dan tidak menularkan pada orang lain. Namun tentunya Anda harus menyiapkan biaya lebih untuk menjalani tes ini.

Jika Anda hanya berlibur selama 1-2 hari, jalani saja rapid test yang memiliki harga lebih murah. Namun jika lebih lama dari itu, Anda bisa menjalani swab test antigen yang memiliki jangka waktu berlaku lebih lama.

Jadi ketika saat berada pada tempat wisata, Anda bisa menunjukkan surat negatif covid-19 kepada petugas. Sehingga diperbolehkan untuk berlibur dan menikmati wahana yang ada.

Selalu Sediakan Peralatan Kebersihan, Kesehatan dan Makan Sendiri

Pada masa pandemi seperti ini, setiap orang harus menjaga kebersihan agar terhindar dari virus covid-19. Jadi pastikan Anda harus selalu siap sedia peralatan kebersihan saat berada di tempat wisata.

Peralatan kebersihan ini meliputi sabun untuk cuci tangan dan badan, handsanitizer, tissue, dan lain sebagainya. Ketika Anda menginap, pastikan membawa alat mandi seperti handuk, baju ganti, sikat gigi dan odol sendiri.

Demi keamanan, Anda juga bisa jaga-jaga membawa peralatan makan sendiri. Seperti sendok, garpu, kotak makan, tempat minum, dan lainnya. Jika tidak membawa, Anda dapat membersihkan dahulu sendok atau garpu yang akan digunakan dengan tissue dan air.

Selain itu, jangan lupakan untuk selalu membawa peralatan kesehatan pandemi. Seperti masker cadangan, obat pribadi, dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga untuk selalu memakai masker saat berada di lokasi wisata.

Memilih Tempat Wisata yang Tidak Terlalu Ramai

Meskipun boleh melakukan traveling di masa pandemi, namun Anda juga harus melihat situasi. Jangan memilih tempat wisata yang terlalu ramai. Hal ini membuat Anda tidak bisa menerapkan social distancing dan potensi virus covid-19 untuk menyebar semakin besar.

Anda bisa memilih week-day untuk berlibur, sehingga pengunjung pada tempat wisata tersebut tidak terlalu ramai. Apabila terpaksa harus memilih week-end, pastikan Anda tidak memilih berlibur pada hari-hari besar, seperti libur lebaran. Karena pasti banyak pengunjung yang akan berdatangan.

Jika ingin berlibur ke luar kota, pastikan terlebih dahulu mengecek kasus penyebaran covid-19 pada kota tersebut bagaimana. Apakah masih terlampau besar atau sudah rendah. Sehingga Anda bisa memperkirakan potensi tertular virus covid-19 saat berada di sana.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Saat berada di tempat wisata, pastikan Anda juga selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini tidak lain untuk mencegah tertularnya virus covid-19 dari orang lain.

Jaga jarak aman atau social distancing dengan yang lain. Jika Anda berada pada wisata dengan banyak wahana, hindari wahana yang ramai dan berkerumun. Coba pilih wahana lain yang lebih sepi.

Selain itu, selalu cuci tangan dengan sabun sebelum makan. Gunakan pula handsanitizer setiap habis menyentuh benda asing dan akan makan. Jangan lupa untuk selalu mengenakan masker saat berada di tempat wisata.

Menggunakan Pembayaran Non Tunai

Penularan virus dan bakteri salah satunya bisa melalui uang. Hal ini karena uang selalu berpindah tangan sehingga banyak bakteri ataupun virus menumpuk dari setiap tangan. Anda bisa menyiasati hal ini dengan menggunakan pembayaran non tunai saat traveling di masa pandemi.

Saat ini ada berbagai macam e-wallet yang bisa Anda gunakan. Seperti link aja, ovo, dana, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pembayaran melalui kredit card atau debit card.

Jika terpaksa menggunakan pembayaran tunai, pastikan selalu membersihkan tangan Anda sebelum dan sesudah menyentuh uang. Hal ini untuk mensterilkan tangan Anda dari bakteri dan virus yang ada.

Jadi itu adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika traveling di masa pandemi. Jangan sampai mengabaikannya bila ingin selalu terjaga dan tidak tertular virus covid-19. Selamat berlibur dengan aman!

Leave a Reply

Top