You are here
Home > Berita Nasional >

5 Tempat Wisata Hutan Pinus di Jogja yang Wajib Dijelajahi

5 Tempat Wisata Hutan Pinus di Jogja yang Wajib Dijelajahi
Bagikan Artikel Ini

Yogyakarta tak cuma dikenal dengan wisata sejarah dan budayanya. Beberapa tempat wisata alam di Jogja sekarang sudah dikelola dengan konsep yang menarik. Malahan disediakan berbagai macam spot foto instagenik yang menyatu dengan alam. Salah satu di antaranya, adalah tempat wisata hutan pinus di Jogja.

Wisata hutan pinus tak lagi sekedar hutan hijau, tetapi sudah disulap jadi tempat rekreasi unik yang cukup mengobati rasa penat Anda dari ramainya kota. Selain itu juga menjadi salah satu tujuan bagi Anda yang ingin menghirup udara segar tanpa cemas polusi.

Nah, bila sekarang Anda sedang di atau akan liburan ke Jogja, rasakan keteduhan di tengah alam dengan mendatangi tempat wisata hutan pinus di Yogyakarta berikut ini.

1. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger sebetulnya telah masuk di wilayah Kabupaten Bantul. Tetapi Anda dapat mencapainya dengan menggunakan kendaraan kira-kira 30 menit dari lokasi Air Terjun Sri Gethuk. Di samping menjadi kawasan hutan pinus yang asri, salah satu spot favorit pengunjung di sini ialah rumah piramida yang dibuat dari kumpulan ranting-ranting. Anda dapat masuk dan duduk-duduk di dalamnya.

Kecuali rumah piramida, ada pula spot menarik lainnya, yakni tangan raksasa yang dibuat dari kayu. Anda dapat berfoto sepuasnya di sana dan tidak boleh lewatkan angle terbaik dengan suguhan latar hutan pinus serta langit jingga khas Jogja yang mempesona. Penasaran? Segera kunjungi di Jalan Dlingo–Patuk, Sendangsari, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

2. Hutan Pinus Mangunan (Imogiri)

Hutan Pinus Mangunan adalah bagian dari RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan dengan luas kawasan kira-kira 500 hektare. Tempatnya tak jauh dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta sehingga orang-orang sering menjulukinya Hutan Pinus Imogiri.

Di sini Anda dapat melihat deretan pohon pinus yang tegak menjulang dengan indahnya. Hutan indah yang berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini kerap digunakan oleh pasangan muda untuk tempat foto pre-wedding.

3. Puncak Pinus Becici

Kawasan Puncak Pinus Becici menyuguhkan pemandangan indah yang lengkap dengan udara sejuk dan aroma khas hutan pinusnya. Ketika cuaca cerah Anda dapat menyaksikan panorama Gunung Merapi dan Gunung Sindoro dari arah kejauhan.

Anda dapat berkunjung pada pagi atau sore hari ke Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul untuk mendapatkan view terbaik. Lantas menghabiskan waktu dengan bersantai ria di Rumah Pohon yang mirip dengan di Kalibiru, Kulon Progo.

4. Seribu Batu Songgo Langit

Objek wisata di Jogja ini sebetulnya masih mengangkat konsep wisata hutan pinus. Terlebih tempatnya masih berdekatan dengan Hutan Pinus Imogiri. Tetapi uniknya, di sini Anda dapat menjajal beragam spot foto, seperti wahana flying fox, replika kupu-kupu raksasa, taman seribu bunga, amphiteater, taman kelinci, dan rumah hobbit.

Semula Seribu Batu Songgo Langit cuma sekedar wisata hutan pinus tanpa menyuguhkan rumah hobbit. Untuk menjadikannya berbeda dari Hutan Pinus Imogiri, maka di tengah hutan diusung konsep wisata negeri dongeng klasik ala Barat. Tidak cuma itu, di tempat wisata yang berlokasi di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini pun sudah tersedia area glamping atau camping mewah.

5. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu adalah tempat wisata hutan pinus yang menawarkan panorama indah Pegunungan Sewu dan Kota Jogja dari ketinggian 500 mdpl. Salah satu keistimewaan destinasi wisata yang ada di Karang Asem, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini adalah mempunyai topografi yang menakjubkan.

Guna menunjang kenyamanan wisatawan, Bukit Lintang Sewu sudah didukung dengan fasilitas yang memadai, seperti tempat kuliner, doom camping, penginapan glamping, spot foto kekinian, panggung pertunjukan, toilet berstandar hotel dan area parkir yang luas. Sedangkan biaya tiket masuknya hanya Rp5.000 per orang.

Nah, itu dia 5 rekomendasi tempat wisata hutan pinus di Jogja dengan beragam keunikan dan wahana menarik di dalamnya. Deretan tempat wisata alam di atas dapat dikunjungi oleh semua kalangan dan usia.

 

Leave a Reply

Top