You are here

Wajib Tahu, Inilah Cara Menghilangkan Trauma Kekerasan Dalam Diri

Wajib Tahu Inilah Cara Menghilangkan Trauma Kekerasan Dalam Diri
Bagikan Artikel Ini

Cara menghilangkan trauma kekerasan tidaklah mudah. Perlu perawatan khusus untuk dapat menghilangkannya. Tindak kekerasan adalah suatu kejahatan yang dapat menimbulkan luka fisik maupun batik korbannya. Jenis dari tindak kekerasan juga bermacam-macam.

Dalam tidak kekerasan parah dan berulang, korban bisa mendapatkan trauma berkepanjangan. Itu harus segera ditangani demi kebaikan korban sendiri.

Ketahui Cara Menghilangkan Trauma Kekerasan

Trauma merupakan sebuah respon emosional seseorang. Respon ini akan muncul disebabkan oleh berbagai peristiwa yang menakutkan. Misalnya seperti bencana alam, kecelakaan, atau tindak kekerasan.

Pengalaman traumatis seringkali melibatkan ancaman kehidupan. Namun demikian, semua orang bisa mendapatkan trauma, bahkan ketika tidak menyebabkan kerusakan fisik.

Orang yang mengalami trauma akan berada di dalam kondisi tertekan dan ketakutan. Hal ini jika tidak segera ditangani bisa berdampak besar bagi kehidupan korban.

Saat ini banyak kasus kekerasan, baik kekerasan seksual, penganiayaan, bahkan KDRT. Kasus-kasus tersebut tentu sangat berpotensi untuk meninggalkan trauma pada para korban. Ada beberapa cana untuk mengatasi trauma akibat tindak kekerasan.

Terapo ke Psikolog atau Psikiater

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mengalami trauma adalah mendatangi psikiater atau psikolog. Mereka adalah orang ahli pada bidang kejiwaan dan mental.

Dengan pergi ke psikolog atau psikiater, kamu bisa mendapat diagnosis beserta penangan yang tepat. Kamu juga bisa berbagi keluh kesah bersama mereka dalam setiap sesi pertemuan.

Relaksasi

Selain menemui ahli psikiater, kamu juga bisa melakukan cara menghilangkan trauma kekerasan dengan relaksasi. Relaksasi juga dikenal sebagai meditasi.

Dengan relaksasi, kamu bisa menenangkan pikiran. Fokus kepada hal-hal yang membuatmu bahagia selama proses relaksasi.

Mencoba Membuka Diri

Rasa takut yang dipendam akan semakin bertambah. Kamu perlu membuka diri kepada orang sekitar agar lebih tenang.

Daripada menyimpan ketakutan sendiri, kamu bisa mencoba berbagi kepada teman atau kerabat terdekat. Selain dapat lebih lega karena berhasil menumpahkan keluh kesah, kamu juga bisa merasa tidak sendirian.

Melaporkan Kejahatan

Kekerasan adalah sebuah tindak kejahatan yang bisa mendapat hukum pidana. Secara psikis, cara ini dapat membuat kamu lebih lega.

Dengan melaporkan pelaku ke pihak berwajib, kamu akan merasa lebih tenang dan bisa bernafas lega. Sebab, pelaku ada di bawah pihak berwenang dan tidak dapat menemuimu lagi.

Peduli Kepada Diri Sendiri

Car hal-hal atau aktivitas yang kamu gemari. Lakukan apapun itu yang bisa membantumu rileks. Ajak teman terdekat atau saudara untuk  melakukan kegiatan bersama.

Kamu bisa perawatan diri, berbelanja, makan bersama, liburan ke destinasi impian dan lain sebagainya karena cara menghilangkan trauma kekerasan yang paling ampuh adalah dengan berdamai dengan diri sendiri. Jangan terlalu fokus pada kesedihan dan rasa takut, mulai coba hal-hal baru bagimu.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top