You are here
Home > Berita Nasional >

Kenali 8 Ciri Pengendalian Emosi Diri yang Penting Dilakukan

8 Ciri Pengendalian Emosi Diri
Bagikan Artikel Ini

Emosi adalah elemen dari diri manusia. Sejauh ini, cukup banyak yang salah mendefinisikan bahwa emosi merupakan saat seseorang merasa marah. Ternyata merasa kesal, senang, kecewa, sedih, dan lain sebagainya adalah bagian dari emosi yang diperlihatkan lewat ekspresi tersendiri. Hadirnya emosi tersendiri bisa mempengaruhi sikap orang itu. Untuk itulah perlu untuk Anda mengenali ciri-ciri pengendalian emosi diri.

Pasalnya emosi memang mesti dikontrol. Bila emosi negatif yang sedang dirasa, maka tindakan pun bisa negatif, demikian kebalikannya untuk emosi positif. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan emosi yang sedang dirasakan, antara lain:

1. Berpikir dan Bersikap Positif

Meskipun kondisi buruk tidak bisa dihindari, tetapi Anda dapat mengubah sudut pandang dalam melihat dan menanggapi hal itu. Pilihlah untuk berpikir dan bersikap menurut sudut pandang yang positif.

Disamping itu, tenangkan diri. Caranya dapat dengan menarik napas pelan-pelan sambil menutup mata. Sadarilah mengenai apa yang tengah dipikirkan dan dirasakan ketika itu. Cara ini bisa menjadikan Anda berpikir lebih jernih dan lebih tenang.

2. Jauhi Situasi yang Dapat Memunculkan Emosi Negatif

Cara lainnya yang bisa menunjang mengendalikan emosi negatif ialah dengan menjauhi penyebab. Misalnya Anda kerap kesal dengan tugas yang menumpuk dan mengalami stres. Maka, mulai sekarang susunlah jadwal, kelola waktu atau tetapkan skala prioritas guna mencegah kekesalan nanti.

3. Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Untuk mengatasi ciri – ciri pengendalian emosi negatif yang lainnya yakni alihkan dengan mengerjakan aktivitas yang positif atau kegemaran yang dimiliki. Berbagai alternatif aktivitas yang dapat dipilih antara lain tersenyum atau tertawa, berkumpul dengan para sahabat atau keluarga, mempelajari skill tertentu, serta berolahraga.

4. Mengetahui atau Mengenal Emosi

Supaya bisa mengendalikan emosi, hal selanjutnya yang bisa dilakukan ialah dengan mengetahui apa yang tengah dialami dan alasannya. Saat Anda telah mengenal perasaan itu dianggap cenderung tak akan bersikap labil.

5. Melampiaskan Emosi dengan Cara yang Sebenarnya

Apapun bentuk emosi yang sedang Anda rasakan, entah itu marah, kecewa, sedih, atau senang, pastikan melampiaskannya dengan cara yang tepat dan tak merugikan diri sendiri, terlebih orang lain. Bila sedih silakan Anda bisa menangis, jika sedang senang Anda pun boleh untuk tertawa atau tersenyum.

6. Tentukan Prioritas

Ciri pengendalian emosi diri yang lainnya ialah dengan menetapkan prioritas. Emosi adalah sesuatu yang sifatnya situasional. Emosi bisa berubah, tergantung  pada apa yang tengah Anda hadapi. Jadi biarkanlah emosi tersebut mengalir menurut keadaannya. Saat sedang sedih, tidak apa-apa menangis, tak usah memaksakan diri untuk menahan sedih dan lekas berbahagia. Semuanya itu ada jatahnya.

7.  Menyadari Dampaknya

Emosi yang Anda rasakan bisa berpengaruh pada orang lain. Cukup banyak kasus di mana kita kerap abai dengan orang lain saat terbawa emosi sehingga perlu untuk memahami bahwa emosi yang dirasakan bisa bersentuhan dengan orang lain.

8. Belajar untuk Beradaptasi

Bila Anda tidak bisa menyesuaikan diri dengan keadaan, maka sulit pula berdamai dengan emosi yang dirasakan. Kondisi tak akan selamanya sama dan terjadi selamanya, maka adaptasi tersebut merupakan hal penting dalam merespons emosi.

Demikianlah beberapa ciri pengendalian emosi diri yang bisa Anda adaptasikan dalam kehidupan setiap hari. Di samping melakukan hobi atau hal yang Anda senangi, alternatif lainnya yang bisa dilakukan ialah berkonsultasi pada dokter bila memang pengendalian emosi yang terdapat pada diri sendiri terasa susah dan mengakibatkan timbulnya kondisi lain yang  memiliki potensi merugikan diri sendiri.

Leave a Reply

Top