You are here

Mengetahui Penyebab Sering Berhalusinasi dan Macam-macam Jenisnya

Mengetahui Penyebab Sering Berhalusinasi dan Macam-macam Jenisnya
Bagikan Artikel Ini

Penyebab sering berhalusinasi kerap menjadi pertanyaan bagi kebanyakan orang. Sebenarnya halusinasi adalah, adanya gangguan yang menyebabkan seseorang akan menyaksikan hal-hal yang tidak nyata dan hanya ada di dalam pikirannya sendiri. Lalu apa penyebab halusinasi? Simak beberapa penjelasan di bawah ini agar tahu sebabnya.

Beberapa Faktor Penyebab Sering Berhalusinasi

Berhalusinasi sering terjadi pada sebagian orang, bahkan ada seseorang yang sengaja membuat dirinya agar bisa berhalusinasi. Hal ini kerap terjadi karena seseorang seringkali mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung kokain, minum-minuman yang mengandung alkohol, atau bahkan narkoba sekalipun. Akan tetapi tidak hanya itu saja, faktor kurang tidur juga dapat mengakibatkan halusinasi.

Halusinasi dapat mempengaruhi beberapa indra tubuh kita. Karena kondisi seperti ini hanya akan memunculkan hal-hal yang tidak nyata, bahkan sampai ada juga yang mendengar dan menyentuh padahal semua itu disebabkan oleh pikiran kita.

Halusinasi pada umumnya adalah suatu gejala dari kondisi kesehatan mental seperti pesikosis. Bahkan banyak yang mengkaitkan dengan gangguan mental atau mungkin juga gejala penyakit kelainan saraf seperti parkinson.

Penyebab sering berhalusinasi disebabkan oleh beberapa faktor. Ada beberapa  jenis halusinasi yaitu seperti, halusinasi auditori, halusinasi visual, halusinasi olfaktori, halusinasi gustatori, halusinasi taktil dan yang terakhir halusinasi temporer.

Berikut penjelasannya:

Halusinasi Auditori

Halusinasi auditori adalah sebuah halusinasi yang kerap terjadi dan dialami oleh kebanyakan orang. Saat seperti ini Anda akan mendengar suara dari dalam atau pikiran. Biasanya Anda akan merasa seperti sedang berbicara sama orang lain atau bahkan sampai bisa memerintahkan untuk melakukan sesuatu.

Halusinasi Visual

Halusinasi visual mempunyai tipe yang dapat memunculkan objek tidak nyata. Seperti tengah melihat seseorang dan melihat hal hal lainnya.

Halusinasi Olfaktori

Tipe halusinasi seperti ini adalah meliputi indra penciuman Anda. Biasanya Anda akan merasa mencium bau sesuatu yang tidak enak padahal tidak ada bau sama sekali.

Halusinasi Gustatori

Halusinasi ini melibatkan indra perasa Anda. Anda akan merasakan sesuatu yang tidak sedap> Halusinasi jenis ini biasanya terjadi pada orang dengan epilepsi.

Halusinasi Taktil

Halusinasi ini sering terjadi pada kebanyakan orang. Karena halusinasi seperti ini adalah sebuah tipe yang berhubungan dengan perasaan sentuhan pada tubuh tetapi tidak nyata. Contoh, Anda merasa bahwa banyak serangga yang merayapi tubuh padahal tidak ada apa-apa.

Halusinasi Temporer

Halusinasi jenis ini adalah apabila seseorang memiliki hubungan dekat dengan orang lain dan orang lain tersebut pergi atau baru saja meninggal dunia.

Dia akan merasa seperti melihat orang terdekatnya dalam waktu singkat. Halusinasi temporer kerap terjadi pada orang yang depresi dan akan hilang saat rasa sakit saat kehilangan mereda.

Sering berhalusinasi juga disebabkan karena gangguan mental, konsumsi minuman beralkohol, kurang tidur, dan terlalu sering mengonsumsi obat obatan. Jadi penyebab sering berhalusinasi disebabkan dari diri kita sendiri. Maka dari itu, kurangi hal yang membuat pikiran kita menjadi kosong

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top