You are here
Home > Berita Nasional >

Deretan Tips Travelling Aman di Masa Pandemi COVID-19

Tips Travelling Aman
Bagikan Artikel Ini

Pandemi yang melanda dalam satu tahun belakangan ini telah meninggalkan banyak perubahan. Pembatasan mobilitas dan kewajiban menjaga jarak membuat travelling tak lagi mudah dilakukan. Tapi tenang, dengan penerapan tips travelling aman siapa saja masih bisa bepergian di masa pandemi. Lalu, seperti apa tips bepergian yang nyaman dan aman di tengah bayang-bayang penularan COVID-19?

1. Rencanakan Perjalanan

travelling akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang dimana semua orang telah menghabiskan banyak waktu untuk tinggal di rumah. Jika memang berniat melakukan travelling maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah rencana perjalanan. Berikut adalah hal-hal yang perlu direncanakan sebelum travelling:

  • Tempat tujuan: Tentukan dulu tujuan travelling karena ada begitu banyak pilihan kota maupun destinasi yang bisa dituju. Jika memang ingin travelling di tengah pandemi maka pilihlah destinasi yang tidak begitu jauh. Pilih juga tempat tujuan yang tergolong minim kerumunan. Pertimbangkan juga masalah keamanan selama pandemi sehingga travelling akan terasa jauh lebih menyenangkan dan tetap aman.
  • Waktu travelling: Berikutnya tentukan kapan akan pergi travelling. Rencanakan tanggal keberangkatan juga berapa lama ingin menghabiskan waktu untuk travelling. Ini penting untuk direncanakan supaya bisa ambil cuti kerja atau menyesuaikan bajet yang dibutuhkan selama travelling.
  • Alat transportasi: Pilihan kendaraan apa yang akan digunakan untuk berpergian? Di tengah pandemi seperti sekarang sangat disarankan untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan maka bisa dipilih alat transportasi umum yang dirasa paling nyaman dan aman.
  • Bajet travelling: Berikutnya susun budget travelling sesuai dengan kemampuan juga kebutuhan. Pastikan susunan bujet tidak melebihi simpanan atau tabungan yang dimiliki. Catat rincian berapa saja uang yang akan dikeluarkan dan untuk keperluan apa. Langkah ini sangat penting untuk mencegah terjadinya pengeluaran berlebih selama travelling.
  • Lokasi menginap: Jika ingin pergi travelling lebih dari satu hari, maka penting sekali untuk memilih tempat menginap. Tentukan dimana akan menginap dan pilihlah tempat yang aman sekaligus nyaman. Di masa pandemi seperti ini, usahakan untuk memilih hotel atau penginapan yang menerapkan protokol kesehatan dengan tertib.

2. Periksa Kesiapan Kendaraan

Bagi yang ingin travelling dengan kendaraan pribadi maka penting sekali untuk memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu. Ini menjadi salah satu tips travelling aman yang tak boleh terlewatkan. Jika kondisi kendaraan tidak prima maka bisa berbahaya bagi diri sendiri juga pengguna jalan yang lain.

Kondisi kendaraan yang buruk juga bisa mengganggu kelancaran travelling. Bisa saja mobil mogok di tengah jalan karena tidak diperiksa kondisinya terlebih dahulu. Jika hal ini terjadi maka akan mempersulit diri sendiri dan merusak rencana travelling yang sudah disusun. Jadi, upayakan untuk memeriksa kondisi kendaraan dan memastikan semuanya dalam performa yang baik.

Melakukan pemeriksaan kondisi mobil juga bisa dilakukan di bengkel terdekat. Pihak bengkel tentu lebih paham apakah mobil memang siap dipakai berkendara jarak jauh atau tidak. Jika ada sparepart yang mengalami kerusakan, segera ganti untuk memastikan mobil bisa dipakai travelling dengan lancar.

3. Pantau Kondisi Tubuh

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, kesehatan tubuh menjadi prioritas utama. Sebelum berangkat travelling, cek dulu seperti apa kondisi tubuh. Kenali apakah tubuh menunjukkan tanda-tanda sakit atau tidak. Pastikan tubuh dalam keadaan prima jika memang ingin berpergian. Jangan memaksakan diri untuk travelling jika tubuh dalam kondisi sakit.

Salah satu tips travelling aman di tengah pandemi adalah melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Langkah ini bukan hanya untuk memastikan keamanan selama bepergian tapi juga untuk memenuhi syarat perjalanan di tengah pandemi. Terutama jika pergi travelling memakai transportasi umum. Biasanya akan dibutuhkan dokumen hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif COVID-19.

Demi menekan angka penularan COVID-19, maka sangatlah penting untuk memiliki kesadaran diri yang tinggi. Jika tubuh merasakan tanda-tanda flu atau sakit maka lebih baik tunda travelling. Susun ulang jadwal travelling dan tunggu hingga kondisi tubuh mulai membaik. Berpergian saat imunitas rendah bisa meningkatkan risiko menulari maupun ditulari oleh orang lain.

4. Penuhi Protokol Kesehatan

Poin penting jika ingin berpergian di tengah pandemi adalah penerapan protokol kesehatan. Dimanapun tujuannya, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi. Ini bukan hanya demi mematuhi peraturan yang ditetapkan pemerintah tetapi juga demi kebaikan diri sendiri. Kesadaran untuk memenuhi protokol kesehatan dimana saja sangatlah dibutuhkan agar travelling bisa berjalan nyaman dan aman.

Sebisa mungkin tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan memakai sabun juga air mengalir. Bawa hand sanitizer dimanapun berada untuk membersihkan tangan saat tak ada air. Jauhi kerumunan dan berusahalah untuk memilih destinasi yang tidak begitu ramai dikunjungi orang. Jika memang harus bertemu banyak orang maka usahakan untuk selalu menjaga jarak.

Sebenarnya salah satu bagian dari protokol kesehatan yang harus dipatuhi adalah membatasi mobilitas. Jika memang ingin traveling maka sangat disarankan untuk memilih lokasi atau tujuan yang tidak terlalu jauh. Hal ini disebabkan untuk membantu menekan angka penularan COVID-19 yang semakin meluas.

5. Siapkan Barang Bawaan Wajib

Selama pandemi, telah diterapkan gaya hidup baru atau new normal. Hal ini juga berpengaruh besar pada barang-barang yang wajib dibawa selama traveling di tengah pandemi. Berikut adalah beberapa jenis barang bawaan wajib yang harus disiapkan sebelum traveling:

  • New normal kit (hand sanitizer, stok masker, tisu basah, tisu kering, desinfektan, dan lain sebagainya)
  • Peralatan makan
  • Peralatan kebersihan diri
  • Bekal makanan dari rumah
  • Vitamin untuk menjaga stamina tubuh
  • Surat keterangan negatif COVID-19 (jika dibutuhkan)

Bepergian selama pandemi memang bisa dibilang cukup rumit karena ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Terlebih lagi harus tetap waspada untuk melindungi diri dan menjaga kebersihan selama travelling. Jangan memutuskan pergi travelling, jika diri sendiri belum bisa berkomitmen untuk berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan.

Itulah tadi tips travelling aman selama pandemi. Kondisi seperti sekarang bukan halangan untuk tetap menghidupkan pariwisata di Indonesia. Meskipun memang harus tetap dibatasi dengan protokol kesehatan, namun keseruan travelling masih bisa dirasakan.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top