You are here
Home > Relationship >

Tanda Belum Siap Menikah dari Sepasang Kekasih, Jangan Dipaksakan!

Tanda Belum Siap Menikah dari Sepasang Kekasih Jangan Dipaksakan
Bagikan Artikel Ini

Tanda belum siap menikah penting untuk dipahami bagi anda pasangan muda, yang akhirnya anda menjawab “ya” saat memutuskan untuk lanjut dalam sebuah ikatan pernikahan.

Ikatan pernikahan tidak hanya dua insan yang datang bersama-sama untuk menghabiskan seluruh hidup mereka satu sama lain. Namun, pernikahan merupakan suatu tanggung jawab besar yang harus anda pikul bersama dengan pasangan selama seumur hidup.

Oleh karena itu, memilih sosok sebagai partner for life bukanlah seperti memilih pakaian yang berada di pusat perbelanjaan.  Lalu, ketika pakaiannya sudah usang atau bahkan luntur, dapat anda buang atau campakkan begitu saja.

Dengan demikian, sangat penting bagi anda dalam memilih pasangan hidup untuk bersama menghabiskan waktu selama seumur hidup. Maka perlu anda lihat, apakah kebersamaan bersama calon pasangan memang benar-benar mampu menghasilkan hubungan yang sehat atau tidak.

Tanda Belum Siap Menikah, Penting untuk Diketaui

Menikah dengan pujaan hati serta dapat hidup bahagia tentu merupakan dambaan semua pasangan. Terkadang, jatuh cinta setengah mati, membuat seseorang melakukan segala cara untuk dapat hidup bersama dengan pasangan. Salah satunya adalah dengan buru-buru menuju ke pelaminan. Padahal pada kenyataannya, menikah merupakan suatu komitmen seumur hidup.

Adanya janji pernikahan yang sakral sebaiknya terucap semata-mata hanya karena pasangan saling mencintai. Memang, cinta merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam suatu pernikahan.

Akan tetapi, cinta bukan merupakan hal utama yang dapat membuat suatu ikatan pernikahan dapat awet dan tahan lama hingga akhir hayat. Sebelum memutuskan untuk menikah dengan pasangan, sebaiknya anda benar-benar mempersiapkan diri baik secara mental atau fisik.

Selain itu, penting bagi anda untuk mengetahui tanda-tanda yang menunjukkan bahwa anda ataupun pasangan belum benar-benar siap untuk menikah. Berikut ini tanda-tanda belum siap menikah yang sering terjadi pada beberapa pasangan antara lain:

Belum Benar-Benar Mengenal Pasangan Sepenuhnya

Dengan waktu pacaran yang terlalu singkat, menjadi salah satu penyebab seseorang belum benar-benar mengenal pasangannya. Pada saat seseorang yang berpacaran dalam waktu yang singkat serta memutuskan langsung menikah, terkadang hal ini dapat berdampak akan kehidupan pernikahan nantinya.

Maka sebaiknya, kenali terlebih dahulu pasangan yang akan hidup bersama anda selamanya. Penting untuk anda perhatikan, jangan terlalu buru-buru mengambil keputusan untuk menikah.

Belum Memahami Arti dari Pernikahan Sesungguhnya

Sebagian besar pasangan terkadang hanya terpaku pada pergelaran pesta pernikahan dibandingkan dengan perjalanan kehidupan pernikahan sesudahnya. Sebuah pesta pernikahan hanya berlangsung beberapa waktu, sedangkan kehidupan pernikahan akan berlangsung selamanya.

Oleh karena itu, anda perlu meluangkan banyak pikiran untuk kehidupan pernikahan anda nantinya, dibandingkan dengan pesta pernikahan yang akan anda gelar.

Dengan obsesi mewujudkan pesta pernikahan yang mewah sesuai dengan impian, selanjutnya barulah kita akan menyadari bahwa pernikahan merupakan semua ikatan cinta yang akan kita jalani setiap hari.

Memutuskan Menikah dalam Keadaan Tertekan

Hal ini juga menjadi salah satu tanda belum siap menikah pada diri seseorang. Jika anda memutuskan menikah karena adanya ancaman atau ultimatum, sebaiknya anda berpikir ulang sebelum benar-benar mengatakan “ya”.

Sebuah pernikahan harus dijalani dengan kehendak bebas dari dua orang yang saling mencintai serta menghormati. Jika seseorang menikah karena keadaan yang tertekan, maka sudah saatnya untuk mengevaluasi kembali dasar-dasar serta tujuan dari hubungan tersebut.

Anda dan Pasangan Saling Menyimpan Rahasia

Terbuka antara satu sama lain merupakan salah satu kunci lancarnya hubungan pernikahan. Apabila anda dan pasangan masih memiliki atau menyimpan rahasia besar yang tidak ingin pasangan ketahui, hal ini berarti belum cukup mempercayai pasangan.

Jika hal ini anda biarkan secara berlarut-larut dalam kehidupan rumah tangga, maka justru akan menjadi penghalang rumah tangga di masa depan. Seharusnya tidak ada lagi rahasia krusial yang disimpan antara pasangan yang telah terikat dalam sebuah pernikahan.

Menganggap Remeh Perceraian

Tanda belum siap menikah selanjutnya adalah terlalu menganggap remeh suatu perceraian. Sedangkan dalam menjalankan sebuah ikatan pernikahan, seberat apapun masalah yang anda dan pasangan hadapi, sebaiknya jangan anggap enteng suatu perceraian.

Pernikahan berbeda dengan masa-masa pacaran. Karena sebuah pernikahan memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Jika dari awal pernikahan sudah berpikir bahwa perceraian merupakan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi untuk masa depan. Maka hal ini artinya anda belum siap untuk berkomitmen dalam suatu pernikahan.

Nilai serta Moral Tidak Berjalan Beriringan

Apabila nilai-nilai dasar hidup anda beserta pasangan tidak dapat sejalan. Seperti moral, kepercayaan, serta pandangan hidup, maka sebaiknya niat anda beserta pasangan untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan dapat dipikirkan ulang.

Salah satu hal yang akan sulit anda bicarakan dengan pasangan adalah kesepakatan mengenai bagaimana mengarahkan agama anak kalian kelak, terutama apabila kedua orang tua menganut agama yang berbeda.

Prinsip serta Pandangan Hidup Sangat Berbeda dengan Pasangan

Prinsip juga pandangan hidup yang selaras dengan pasangan merupakan faktor penting dalam menjalankan pernikahan. Maka sebelum menikah sebaiknya anda dengan pasangan mendiskusikan tentang kehidupan rumah tangga yang akan dijalani nantinya.

Mulai dari hal yang paling dasar, yakni alasan menikah hingga urusan anak. Tanda belum siap menikah dari sepasang kekasih adalah masih terlalu banyak perbedaan pendapat yang sering terjadi pada keduanya.

Tidak dapat Saling Setia

Kepercayaan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam ikatan pernikahan. Kesalahan apapun dapat diampuni, akan tetapi tidak dengan perselingkuhan. Tindakan melanggar kepercayaan seseorang merupakan hal terburuk yang anda lakukan dengan pasangan, terutama saat anda berdua telah menikah.

Maka jika merasakan dorongan konstan untuk melakukan kebohongan terhadap pasangan, maka hal ini dapat menjadi tanda belum siap menikah bagi anda ataupun pasangan. Apapun alasannya, maka sebaiknya anda pikirkan terlebih dulu, sebelum akhirnya anda masuk dalam jenjang yang lebih serius seperti pernikahan.

Jika tanda-tanda belum siap menikah di atas masih terjadi pada diri anda, maka sebaiknya anda pikir berulang kali keputusan anda untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Persiapkan diri anda sebaik mungkin hingga akhirnya anda siap secara mental maupun fisik demikin rumah tangga yang bahagia kedepannya.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top