You are here
Home > Teknologi >

Hardisk Seagate Vs WD, Mana yang Lebih Bagus?

Hardisk Seagate vs WD
Bagikan Artikel Ini

Hardisk adalah sebuah alat untuk menyimpan data dengan kapasitas yang amat besar. Sekarang telah banyak yang memproduksi hardisk dengan berbagai macam merk dan kapasitas. Merk hardisk yang paling tenar adalah Seagate dan WD (Western Digital).  Hardisk Seagate vs WD selalu bersaing untuk menampilkan produk-produk terbaru yang pastinya terbaik bila dipakai untuk mengakses beragam macam data.

Apabila Anda ingin membeli hardisk dan masih bingung dalam memilih diantara kedua merk itu. Maka penting sekali mengulas tentang hardisk Seagate vs WD ini. Di bawah ini akan disajikan informasi mengenai hardisk Seagate dan WD.

Lantas manakah yang lebih bagus? Hardisk Seagate vs WD ?

Dari Aspek Kapasitas Penyimpanan

WD (Western Digital) merupakan merk hardisk yang mempunyai ruang penyimpanan hingga 2 TB. Produk dari WD yang memiliki kapasitas penyimpanan sampai 2 TB ialah Caviar Green. Bila dibandingkan dengan WD kapasitas penyimpanan hardisk buatan Seagate lebih kecil dan tidak sanggup menyaingi merk WD. Di samping kedua brand ini berlomba menambah kapasitas penyimpanannya, kedua brand ini pun bersaing memproduksi hardisk yang dapat menghemat energi. Dari aspek ini, Seagate masih kalah dengan WD. Hal ini lantaran WD telah dapat menghemat energi pada hardisk buatannya dan harga jualnya juga relatif lebih murah ketimbang Seagate.

Dari Aspek Penyimpanan Internal

Bila ditilik dari sisi penyimpanan internal, kedua merk ini (Seagate dan WD) sama-sama mempunyai keunggulan sendiri-sendiri. Keduanya sama-sama mempunyai kapasitas penyimpanan internal serta kecepatan mentransfer  data yang amat tinggi. Kedua brand ini mengalami peningkatan yang amat berarti.

Dari Aspek Penyimpanan Eksternal

Penting sekali diperhatikan dalam memilih hardisk eksternal untuk kebutuhan memback up data dan mobilisasi data-data antarperangkat. Umumnya pengguna akan mempertimbangkan sisi keamanan, kemampuan konektivitas, dan kapasitas penyimpanannya saat memilih hardisk eksternal.. Dari kedua merk hardisk ini mereka sama-sama mempunyai tingkat keamanan yang baik, kapasitas penyimpanan yang tinggi serta sangat cepat dalam konektivitas.

Dari Aspek Performa yang Ditawarkan

Merk hardisk Seagate dan WD sama-sama bersaing dalam menghasilkan performa terbaik. Banyak yang menyatakan kalau Seagate memiliki kecepatan yang amat tinggi ketimbang WD. Namun dari tingkat kecepatannya itu menyebabkan hardisk buatan Seagate menjadi lebih mudah panas ketimbang WD. Dalam sisi waktu penggunaannya, buatan Seagate lebih unggul ketimbang WD. Hal ini lantaran hardisk Seagate mampu bekerja selama 24 jam sedangkan WD tidak.

Dari Aspek Portabilitas Di Setiap Produknya

Seagate dan WD sama-sama menawarkan hardisk dengan besar ukuran yang bervariasi. Tetapi yang berukuran sebesar saku merupakan ukuran yang paling banyak dicari. Kedua brand itu pun saling bersaing dalam mendatangkan produk berukuran sebesar itu. Jadi Anda tinggal memilih menurut selera saja.  Tetapi jika dilihat dari aspek konektivitas, maka merk Seagate bisa dijadikan pilihan. Hal ini lantaran Seagate telah ditunjang oleh konektivitas firewire 800. Bila dihari darseagate-i sisi keamanan, Seagate pun lebih unggul ketimbang WD.

Dari Aspek Penggunaan Desktop

Bila dilihat dari sisi pemakaian dekstopnya, hardisk WD lebih unggul bila dibandingkan dengan Seagate. Hal ini lantaran kapasitas  penyimpanan hardisk WD lebih besar yakni sampai 4 TB.  Merk Seagate hanya menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 2 TB saja. Apabila dilihat dari aspek kecepatan dalam mentransfer data, tetap Seagate yang paling unggul.

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan kalau Anda ingin membeli hardisk  tetapi dengan budget yang sedikit maka WD dapat Anda jadikan pilihan. Jadi walaupun dengan low budget bila Anda memilih WD, maka telah memperoleh kapasitas internal dengan performa yang telah mumpuni. Apabila Anda tidak ada keterbatasan budget, maka  Seagate dapat Anda jadikan pilihan. Ini lantaran Seagate mempunyai performa yang amat optimal. Bila Anda cuma ingin menunjang mobilitas data lewat hardisk eksternal, maka WD dapat dijadikan pilihan. bila Anda mengutamakan sisi kecepatan dan keamanan, maka Anda dapat memilih Seagate.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai hardisk Seagate vs WD. Apakah sekarang Anda telah mengetahui cara memilih hardisk yang baik dan tahan lama? Lantaran keduanya sama-sama mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri, maka sesuaikanlah dengan keperluan ketika akan membelinya.

Leave a Reply

Top