You are here

Ini 7 Tanda-tanda Gangguan Depresi Mayor yang Mesti Dicermati

Ini 7 Gejala Gangguan Depresi Mayor yang Mesti Dicermati
Bagikan Artikel Ini

Kebanyakan masyarakat terkadang tak menyadari bila dirinya menderita gangguan depresi mayor. Sama persoalannya dengan sedikit yang mengetahui bahwa kenyataannya depresi terdiri dari banyak jenis. Major depressive disorder merupakan salah satu jenis depresi yang sangat kerap didiagnosis. Gangguan depresi mayor atau yang dikenal juga dengan depresi klinis merupakan perasaan sedih yang berkelanjutan dan memengaruhi perilaku, pola pikir, serta perasaan yang selanjutnya berakibat buruk untuk kesehatan fisik dan mental.

Biasanya orang yang menderita GDM ini memperlihatkan tanda-tanda berbentuk berlangsungnya perubahan signifikan dari kemampuan dirinya dalam menjalani aktivitas dan kebiasaan setiap hari. Tanda-tanda ini umumnya bisa terjadi sampai 2 minggu malah lebih.

Di samping itu, ada satu gejala yang menunjukkan gangguan mood yang parah atau kehilangan minat pada sesuatu yang selama ini disenangi. Berikut ini 7 tanda-tanda gangguan depresi mayor yang mesti dicermati.

Merasa Tertekan, Sedih atau Marah-marah Seharian

Gejala depresi yang paling biasa umumnya dicirikan dengan merasa tak mempunyai harapan atau tak bersemangat dalam menjalankan hidup. Perasaan pengidap gangguan depresi ini umumnya bercampur baur antara tak berharga dan membenci dirinya sendiri, atau rasa bersalah yang tak pantas. Di samping itu penderita pun akan mengalami kesulitan untuk fokus dan konsentrasi, kususnya di tempat kerja.

Kehilangan Minat Beraktivitas

Pengidap depresi biasanya juga bisa kehilangan kesenangan atau kenikmatan dari beberapa hal yang dulunya amat disukai. Kehilangan minat terhadap kegiatan sehari-hari, hobi malahan menarik diri dari lingkungan sekitar pun bisa merupakan gejala lainnya dari depresi. Pada sejumlah kasus, pengidap depresi malah kehilangan gairah atau minat berhubungan intim.

Selera Makan atau Berat Badan Terganggu

Ada berbagai gejala yang tidak sama pada sejumlah orang. Misalnya pengidap depresi menjadi kehilangan selera makan sama sekali atau malah kebalikannya, terlampau banyak makan. Inilah yang menyebabkan berat badan mereka menjadi naik turun. Pastinya mesti dipastikan apakah itu disengaja ataukah tidak. Lantaran bila tidak, mungkin itu merupakan gejala depresi.

Mengalami Masalah Tidur

Masalah tidur terhadap pengidap depresi pun berlainan pada tiap-tiap orang. Beberapa orang merasakan tidur secara berlebihan. Tetapi pada beberapa orang lainnya justru menderita insomnia akut. Walau begitu, kedua gejala ini menunjukkan kualitas tidur yang jelek.

Gangguan Psikomotorik

Gejala gangguan depresi yang lain yang mesti diwaspadai ialah terjadinya gangguan psikomotorik. Hal ini adalah kelainan pada kegiatan seseorang akibat gangguan mental. Biasanya keadaan ini bisa dicirikan dengan timbulnya peningkatan ataupun penurunan kecepatan dalam bergerak.

Merasa Lelah atau Tidak Bertenaga

Pengidap depresi kerapkali mengeluhkan rasa letih yang berlebihan. Beberapa diantaranya malah mengutamakan rasa kekurangan energi. Hal ini akhirnya menjadikan kegiatan sederhana atau berpikir dilakukan dengan waktu yang lambat dan lebih lama.

Berpikir mengenai Kematian ataupun Mencoba Bunuh Diri

Gangguan depresi mayor kadang-kadang pula dihubungkan dengan bunuh diri. Tingkat bunuh diri di dunia masih amat tinggi malahan WHO memprediksi bahwa tiap-tiap 40 detik terdapat satu orang yang memilih untuk bunuh diri. Biasanya orang yang bunuh diri akan memperlihatkan tanda-tanda terlebih dulu dengan mengutarakannya atau melakukan percobaan yang pertama.

Demikianlah beberapa gejala gangguan depresi mayor. Pengidap gangguan depresi ini mesti menjalankan terapi jangka panjang. Walau sulit, sesudah menemukan psikoterapi dan terapi obat-obatan atau paduan keduanya, ada beberapa penderita yang nyatanya merasa lebih baik. Pada intinya ada berbagai gejala yang terlihat sebagai tanda-tanda awal gangguan depresi ini. Tetapi, untuk memperoleh informasi yang lebih jelas Anda bisa bertukar pikiran pada tenaga kesehatan mental atau psikolog.

Leave a Reply

Top