You are here
Home > Berita Nasional >

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Pulen dan Enak

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Pulen dan Enak
Bagikan Artikel Ini

Cara membuat ketupat memang nampak gampang. Tetapi saat mencoba membuatnya sendiri, nyatanya tidak segampang yang kita bayangkan. Kadang-kadang hasilnya justru gagal dan mempunyai tekstur yang kurang begitu memuaskan. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat ketupat yang baik dan benar, berikut akan disajikan resepnya.

Ketupat merupakan sajian khas yang selalu hadir di waktu Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tanpa hadirnya ketupat dengan teman-temannya seperti sambal goreng ati, semur, rendang, sayur godog, dan opor, rasanya kurang lengkap sekali. Olahan makanan yang dibuat dari beras ini mempunyai tekstur dan rasa yang sama persis seperti lontong. Hanya saja, sebelum mengolahnya, beras harus dimasukkan ke dalam pembungkus yang dibuat dari anyaman selongsong.

Cara membuat ketupat sepintas memang terlihat mudah dan simpel. Tetapi bila Anda telah mencobanya tanpa mengetahui rahasia dan cara membuat ketupat yang tepat, tentu akan gagal. Makanya diperlukan tips-tips tersendiri supaya teksturnya tidak terlampau keras atau terlampau lunak sehingga kelezatannya berkurang. Untuk itulah berikut ini akan disajikan caranya.

Bahan-bahannya

  • Beras 1 kg, dapat disesuaikan dengan jumlah yang ingin dibuat, pilihlah beras yang wangi
  • Daun pandan, beberapa helai
  • Anyaman ketupat secukupnya
  • Air putih secukupnya
  • Garam dapur secukupnya

Cara Membuat Ketupat

  • Pertama sekali siapkanlah anyaman selongsong yang menjadi bahan utamanya.
  • Kemudian siapkanlah beras secukupnya. Di dalam memilih beras, hendaknya pilihlah yang mempunyai kualitas sedang atau tidak terlampau pera maupun pulen. Lantaran beras yang terlampau pulen cuma akan menyebabkannya menjadi lembek.
  • Selanjutnya cucilah beras seperti biasa, lantas rendamlah beras itu dengan air selama 30 menit. Selama proses perendaman, Anda dapat menambahkan beberapa helai daun pandan guna menghasilkan aroma wangi.
  • Di samping beras, rendamlah juga anyaman selongsong selama kira-kira 1 jam. Hal ini berguna supaya anyaman tidak gampang patah ketika direbus.
  • Bila beras dan anyaman selongsong telah selesai direndam, sekarang waktunya memasukkan beras itu ke dalam anyaman selongsong. Hendaknya tak mengisi anyaman sampai penuh, tetapi cukup 2/3 saja.
  • Sesudah anyaman tersisi semuanya, lalu masuklah ke dalam tahap memasak ketupat. Amat dianjurkan untuk memakai panci berukuran besar.
  • Isilah panci yang akan digunakan dengan air bersih, lalu dipanaskan sampai mendidih. Masukkanlah anyaman yang isinya beras satu demi satu dan pastikanlah semuanya terendam dengan sempurna.
  • Sepanjang proses memasak berlangsung, Anda perlu untuk menambahkan air beberapa kali untuk mempertahankan supaya volumenya tidak berkurang dan suhunya tetap stabil. Biasanya untuk matang sempurna, membutuhkan waktu kira-kira 4-5 jam.
  • Sesudah ketupat matang, angkatlah dan angin-anginkan dengan cara menggantung ketupat di tempat yang kering. Tujuannya supaya air rebusan betul-betul tiris dan mendingin. Dengan demikian, ketupat dapat tahan selama 2 hari dalam suhu ruangan.

Tips Memasak Ketupat dengan Cepat

Cara membuat ketupat tersebut di atas memang membutuhkan waktu yang lumayan lama supaya bisa matang sempurna memerlukan waktu 4-5 jam. Tentu saja hal ini akan menyebabkan gas jadi boros. Tetapi jangan menyerah duluan sebab ada cara masa ketupat cepat, hemat gas, dan ketupat yang dihasilkan juga legit, padat, dan tentunya tak gampang basi. Yaitu dengan menggunakan teknik 20-30-20-30.

Memasak makanan dengan teknik 20-30-20-30 ini maksudanya ialah 20 menit pertama memasak ketupat dalam air mendidih dengan api sedang, lalu matikanlah api dan istirahatkanlah selama 30 menit di kompor tanpa membuka tutup pancinya. Kemudian masak lagi selama 20 menit dengan api sedang, matikanlah api dan istirahatkanlah kembali ketupat selama 30 menit. Dengan cara ini saat yang Anda butuhkan cukup singkat, yaitu sekitar  cuma 40 menit. Jika Anda menerapkan cara ini, gas juga menjadi lebih irit.

Demikianlah cara membuat ketupat tidak dengan kapur sirih yang dapat dicoba untuk menyambut tibanya hari raya nanti. .

Leave a Reply

Top