You are here

Inilah Pengaruh Media Sosial Bagi Kesehatan Mental

Inilah Pengaruh Media Sosial Bagi Kesehatan Mental orami.co .id
Bagikan Artikel Ini

Pengaruh media sosial bagi kesehatan mental dapat terjadi pada semua orang. Khususnya para pengguna media sosial. Tentunya media sosial menjadikan bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan saat ini.

Selain dapat memudahkan komunikasi dan sebagai tempat untuk berbagi informasi, tentunya dengan keberadaan media sosial menjadi salah satu penghubung ke dunia luar yang lebih luas.

Namun terlepas dari manfaatnya, efek media sosial juga mempunyai dampak negatif bagi kesehatan mental. Apabila terlalu sering mengakses media sosial, bisa membuat anda terisolir dari dunia luar.

Selain itu, sisi lain yang buruk untuk kesehatan mental yaitu penindasan dunia maya atau cyberbullying. Pada usia remaja, kelompok usia yang paling rentan terkena dampak buruk ini.

Inilah Pengaruh Media Sosial Bagi Kesehatan Mental

Dampak pada Hubungan Antar Manusia

Sebagai manusia, penting untuk dapat saling berkomunikasi secara verbal maupun tatap mata. Sejak adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini. Penggunaan smartphone tentunya sudah semakin merata bagi semua orang.

Terlebih penggunaan media sosial saat ini, hampir semua orang memilikinya. Namun apabila sudah menggunakan media sosial, bisa berjam-jam tidak lepas dari layar ponselnya.

Semakin lama menggunakannya, bisa lupa akan keadaan sekelilingnya. Tentunya akan berdampak pada komunikasi antar manusia yang semakin berkurang. Hal itu juga membuat anda terisolir dari dunia luar.

Merasakan Kegelisahan

Sebagian besar remaja akan merasakan tekanan dalam beberapa hal terkait media sosial. Seperti halnya dalam mengunggah foto terbaik, menulis caption yang bagus, dan langsung membalas pesan online. Media sosial sebagai tempat dalam memberikan pendapat secara jujur.

Namun juga dapat digunakan untuk merendahkan orang lain. Beberapa hal tersebut bisa menjadikan seseorang merasakan kegelisahan ataupun tekanan yang mungkin saja dihadapi. Terlebih saat menggunakan media sosial tersebut.

Merasa Iri

Media sosial dapat digunakan dalam menampilkan sisi terbaik diri seseorang. Tentunya akan sangat jarang menemukan kesengsaraan orang lain pada media sosial. Hal ini dapat memicu perasaan atau perbandingan yang dapat merusak pikiran seseorang.

Penting untuk dapat memahami beberapa hal dalam media sosial. Jangan terlalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Perlu menggunakan media sosial dengan sebaik-baiknya. Fokus pada diri sendiri daripada mencoba untuk menjadi seperti orang lain.

Sebagai Memori

Media sosial juga menjadikan tempat untuk dapat mengingat masa lalu melalui memori atau flashback. Meskipun media sosial juga bisa mengurangi ingatan yang sebenarnya.

Seperti mengenai hari ulang tahun teman atau kerabat anda. Sebelum adanya media sosial saat ini, anda perlu untuk mengingat hari ulang tahun teman atau kerabat. Namun saat ini menjadi ketergantungan pada media sosial untuk mengingatkan.

Kecanduan Media Sosial

Apabila penggunaan media sosial secara berlebihan, tentunya bisa menyebabkan kecanduan. Seseorang yang rentan mengalami kecanduan media sosial. Hal itu apabila penggunaannya tidak kenal waktu dalam menggunakan media sosial.

Seseorang bisa dikatakan kecanduan apabila penggunaan media sosial, membuat seseorang mengabaikan kehidupan pribadi. Selain itu, dapat mempengaruhi suasana hati. Seperti merasa gelisah dan cemas saat berhenti menggunakan media sosial.

Kurang Tidur

Penggunaan media sosial secara berlebihan bisa juga mempengaruhi kesehatan fisik. Seperti mengalami kesulitan tidur hingga insomnia. Merasakan dorongan untuk bangun tengah malam.

Hanya untuk mengetahui yang diunggah orang lain pada media sosial. Ini dapat menyebabkan kurang tidur sehingga mempengaruhi perubahan suasana hati. Kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan, seperti obesitas, depresi, dan yang lainnya.

Cyberbullying

Sebagian besar remaja bisa menjadi korban cyberbullying. Seorang cyberbully menggunakan teknologi dalam menjadikan seseorang korban dan melecehkannya. Apabila seseorang  mengalami pelecehan seperti ini, tentunya lebih cenderung menjadi cemas, depresi, dan memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Itulah beberapa hal mengenai pengaruh media sosial bagi kesehatan mental. Perlu untuk menggunakan media sosial dengan sebaik-baiknya dan selalu berhati-hati akan cyberbullying.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top