You are here

Simak Tanda dan Tips Mengatasi Insecure Berlebihan

Simak Tanda dan Tips Mengatasi Insecure Berlebihan
Bagikan Artikel Ini

Banyak orang yang merasa insecure hal ini bisa mempengaruhi kondisi mental. Merasa insecure dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri ataupun luar. Kami akan memberi informasi tips mengatasi insecure berlebihan. Biasanya kondisi ini bisa dialami siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Berikut Tips Mengatasi Insecure Berlebihan

Biasanya insecure bisa membuat orang tidak mampu mengembangkan bakat dalam dirinya. Hal ini akan menghambat aktivitas sehari-hari. Berikut ini  tips mengatasi insecure berlebihan

Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Untuk melawan pikiran negatif memang sulit tetapi jika dipaksa dan terbiasa sedikit lebih mudah. Anda akan dihantui rasa cemas dan menyalahkan diri sendiri jika tidak memaksa untuk berpikir positif.

Menghindari Hal yang Membuat Insecure

Pasangan atau teman toxic sering mengeluarkan kalimat negatif yang tidak membangun semangat. Walaupun alasannya untuk kebaikanmu bukannya membuat semangat perkataan tersebut bisa membuat insecure.

Berpikir Positif

Hidup seperti roda yang berputar untuk setiap orang. Terkadang orang bisa berada di atas dan berada di bawah. Tetapi setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi masalah dalam hidupnya.

Cobalah untuk terus berpikir positif tentang masalah apapun yang terjadi dalam hidup Anda. Dengan begini Anda bisa menyelamatkan diri dari pikiran dan perasaan negatif.

Melakukan Kegiatan yang Membuat Bahagia

Coba Anda lebih fokus kepada kegiatan yang membuat bahagia dan melupakan rasa insecure.  Anda bisa melakukan hobi atau mengasah bakat, agar merasa bahagia.

Jenis Insecure

Menurut psikologi jenis insecure terbagi menjadi tiga yaitu.

Insecure Berdasarkan Kegagalan

Hal yang membuat suasana hati dan perasaan terpengaruhi adalah penolakan dan kegagalan. Hal ini bisa menjadi pukulan pada kepercayaan diri seseorang.

Insecure Karena Dorongan Perfeksionisme

Orang mempunyai standar yang tinggi untuk dilakukan. Anda mungkin ingin mempunyai nilai tinggi, apartemen, menjadi sosok yang sempurna, pekerja terbaik atau yang lainnya. Orang yang perfeksionisnya tinggi merasa tidak puas dengan pencapaiannya. Hal ini berakibat perasaan kecewa dan insecure.

Insecure Kecemasan Sosial

Banyak orang yang mengalami kurang percaya diri pada situasi sosial tertentu misalnya wawancara, pesta, pertemuan keluarga dan yang lainnya. Hal ini berakibat seseorang akan menghindari situasi sosial, mengalami kecemasan saat menghadiri acara sosial dan rasa tidak nyaman saat proses berlangsung.

Tanda Ketika Merasa Insecure

Orang seringkali mengalami insecure tetapi tidak menyadari hal tersebut. Ada perasaan cemas dan takut sebenarnya hal normal tetapi biasanya ada gejala dan perubahan saat seseorang yang merasa insecure.

Membandingkan Diri Dengan Orang

Orang yang merasa insecure akan lebih sering membandingkan dirinya dengan orang lain. Orang yang mengalami insecure akan merasa kehidupan orang lain lebih baik.

Takut Berlebihan

Orang yang mengalami insecure akan merasa takut yang sangat berlebihan. Jika rasa takut mulai mengganggu dan terasa tidak sehat coba menghubungi dokter atau ahli.

Anda bisa mendatangi psikiater atau psikolog untuk memeriksakan diri serta mengetahui penyebab munculnya rasa takut.

Rasa Rendah

Orang yang mengalami insecure, rendah diri adalah tanda yang paling terlihat. Seharusnya cintai diri sendiri supaya terhindar dari rasa tidak percaya diri hal ini bisa mengganggu psikologis dan mempengaruhi kondisi tubuh.

Stay Zona Nyaman

Biasanya orang yang mengalami ketakutan dan kecemasan tidak mau keluar dari zona nyaman. Rasa cemas dan takut menjadi alasan utama kenapa hal ini terjadi.

Itu tadi tips mengatasi insecure berlebihan yang bisa Anda coba dan praktekkan sendiri di rumah. Ingat tetaplah jadi diri sendiri dan jangan insecure. You are great at being yourself!

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top