You are here

Kabar Paralimpiade Tokyo 2020, Sejumlah Perwakilan Atlet Indonesia Masuk Final

Kabar Paramlimpiade Tokyo
Bagikan Artikel Ini

Berita terbaru olahraga dunia, kabar paralimpiade Tokyo akan selesai pada besok tanggal 5 bulan September 2021. Dimana sebelumnya telah dimulai pada tanggal 24 bulan Agustus 2021 lalu. Tercatat sebanyak 4.500 lebih atlet akan ikut memeriahkan ajang perlombaan tersebut. Dengan cabang olahraga yang diperlombakan hingga 540. 

Meskipun digelar pada tahun 2021 namun sebenarnya kompetisi ini awalnya dilangsungkan pada tahun lalu yaitu 2020. Dimana mengalami penundaan lantaran pandemi virus Corona yang diketahui menyebar di berbagai belahan negara. Hingga untuk penyelenggaraan kompetisi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan tanpa kehadiran penonton yang menyaksikan. Berikut informasi tentang paralimpiade yang digelar di Tokyo:

Sekilas Tentang Paralimpiade 

Ajang perlombaan dalam bidang olahraga ini diselenggarakan untuk para penyandang disabilitas. Kompetisi ini tercatat pertama kali diadakan di kota Roma, Italia lebih tepatnya pada tahun 1960 silam. Awalnya kompetisi olahraga dalam skala internasional ini diketahui hanya menampilkan sejumlah 400 orang atlet saja. 

Dimana para atlet tersebut akan berasal dari 23 negara. Pencetus dari paralimpiade ini diketahui adalah sosok yang memiliki nama Ludwig Guttmann. Yang merupakan seorang pengawas dari unit cedera bagian tulang belakang yang bertugas di sebuah rumah sakit yang ada di Stoke Mandeville. Kemudian Ludwig mengadakan sebuah ajang olahraga yang diberikan nama Stoke Mandeville Games di tahun 1948 yang berlangsung di Inggris. 

Berita Gembira 

Rasa menggembirakan datang dari cabang olahraga para bulu tangkis. Dimana kabar paralimpiade Tokyo menyebutkan jika kontingen Indonesia berhasil memasukkan 4 nomor untuk berlaga dalam babak final di kompetisi tersebut. Berita baik ini bermula ketika atlet dalam partai ganda putri Indonesia berhasil memenangkan pertandingan ketika berhadapan dengan ganda putri dari Perancis

Dari kemenangan tersebut membuat pasangan atlet ganda putri ini berhasil mendapatkan tiket menuju final dan akan bertanding memperebutkan medali emas. Dalam babak final tersebut wakil Indonesia akan berhadapan dengan wakil dari negara Tiongkok. Sebelumnya pasangan asal Tiongkok ini berasal mengalahkan lawannya yang diketahui adalah pasangan ganda putri dari Jepang

Pengendalian Virus 

Tidak jauh dari ajang perlombaan sebelumnya yaitu Olimpiade yang juga bertempat di Tokyo. Memang digelar dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan dan juga sebagian besar acaranya dilangsungkan dengan cara tertutup. Guna meminimalisir terjadinya kontak langsung serta penyebaran virus Corona yang semakin luas. 

Para atlet yang diketahui tinggal di Jepang, hanya diperbolehkan melakukan perpindahan dengan memakai perantara akomodasi yang telah disediakan. Misalnya jika atlet yang bersangkutan hendak pergi untuk kebutuhan latihan. Maupun hendak berangkat menuju lokasi dimana pertandingan tersebut digelar. Pihak yang bersangkutan pun akan melakukan pengujian setiap harinya. 

Kriteria Atlet 

Persaingan yang terjadi antara para atlet akan tergantung dengan kategori cabang olahraga dan jenis disabilitas yang dialami. Ajang ini mencangkup setidaknya 10 jenis disabilitas yang dibedakan menjadi 3 kategori. Yakni disabilitas dalam kategori fisik, kemudian disabilitas dalam kategori penglihatan dan juga intelektual. 

Di beberapa cabang olahraga yang dibuka akan diperuntukkan bagi para atlet di seluruh kategori. Sementara untuk sejumlah cabang olahraga lainnya hanya diperuntukkan bagi penyandang disabilitas tertentu saja. 

Demikian ulasan terkait kabar paralimpiade Tokyo 2020 terbaru. Dimana atlet yang menjadi wakil dari Indonesia berhasil masuk dalam babak final dalam cabang olahraga para bulu tangkis. Dalam babak penentuan peroleh medali tersebut, pasangan ganda putri dari Indonesia akan berhadapan dengan wakil dari negara Tiongkok. Kedua pasangan ini akan sama-sama berjuang guna mendapatkan medali emas.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top