You are here

Ketahui Pengertian Trauma, Penyebab dan Gejalanya

Ketahui Pengertian Trauma Penyebab dan Gejalanya
Bagikan Artikel Ini

Pengertian trauma ialah tekanan emosional dan psikologis yang kuat, umumnya bisa terjadi lantaran berhubungan dengan pengalaman yang tidak menyenangkan atau berhubungan dengan kekerasan. Dalam dunia kesehatan, trauma dipandang sebagai cedera yang berat dan bisa membahayakan jiwa.

Ketika menderita trauma, umumnya seseorang akan merasa tersiksa dengan ingatan, emosi, serta merasa cemas yang mengingatkan pada kejadian itu. Akhirnya akan mengganggu kehidupan setiap hari, merasa tidak aman atau malah tidak gampang lagi untuk percaya pada orang lain.

Gejala Trauma

Respon yang muncul dari penderita trauma akan berbeda antara yang satu dengan lainnya. Oleh karena itu gejala yang timbul akan berlainan juga antara satu dengan lainnya. Tak cuma gejala fisik, gejala psikologis juga akan terlihat tidak sama. Gejala yang kelihatan umumnya sebagai berikut:

1. Sangat Emosional dan Merasa Sedih Terus-menerus

Gejala yang kerap kali terlihat ialah merasa amat emosional dan sedih yang terus-menerus. Emosi akan semakin parah jika teringat dengan hal yang membuat terjadinya trauma itu. Akibat dari emosi dan rasa sedih inilah kadang-kadang dapat menarik diri dari pergaulan dan tak merasa pede (percaya diri) lagi.

2. Sering Merasa Waspada dan Takut

Trauma yang berhubungan dengan psikologis dan emosi, nampaknya pula memperlihatkan sebuah gejala yang susah untuk dijauh. Yaitu kerap merasa cemas dan takut pada berbagai hal yang terjadi di sekelilingnya. Rasa takut ini timbul salah satunya lantaran kekerasan yang pernah dirasakan sehingga menyisakan bekas trauma.

3. Stres dan Lelah Secara Fisik

Seseorang yang menderita trauma pun akan merasa stres malah kerap merasa lelah yang terus-menerus sebab teringat dengan hal yang mengakibatkan trauma. Stres dan lelah ini bila tidak diatasi dengan secepatnya akan mengakibatkan fisik dan psikologis korban trauma kian merasa sakit dan tersiksa.

Penyebab Trauma

Gejala yang terlihat pada seseorang yang menderita trauma seperti yang sudah diterangkan di atas akan berbeda antara yang satu dengan lainnya. Bergantung terhadap penyebab timbulnya trauma itu. Di bawah ini akan dijelaskan hal-hal yang mengakibatkan trauma.

1. Kejadian yang Terjadi cuma Sekali

Nampak remeh, tetapi nyatanya peristiwa menyakitkan meski terjadi cuma sekali bisa mengakibatkan timbulnya trauma yang mendalam untuk seseorang yang merasakannya. Misalnya kecelakaan, bencana alam, serangan teroris atau perang.

Hal seperti ini memiliki potensi mengakibatkan trauma, terutama untuk anak-anak. Apalagi bila peristiwa itu terjadi secara tak terduga. Untuk mengatasinya, adakalanya diperlukan trauma healing yang cukup lama supaya trauma itu tidak selalu menghantui.

2. Kejadian Berulang dan Terus-menerus

Tak cuma kejadian sekali yang memiliki potensi menimbulkan trauma, kejadian yang berulang dan berkepanjangan pun bisa menyebabkan efek traumatis pada orang yang mengalaminya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan perasaan trauma. Misalnya pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga, tinggal di lingkungan yang penuh kejahatan dan bullying ketika remaja pun dapat menyebabkan trauma. Malahan ditinggalkan orang tua ketika masih kecil pun dapat menjadi penyebab timbulnya trauma sampai dewasa.

3. Kejadian yang Diapndang Sepele

Ada lagi peristiwa yang dipandang enteng, tetapi bisa menyebabkan trauma yang berkelanjutan. Umumnya banyak orang memandang hal itu wajar, khususnya bila banyak yang mengalaminya. Contoh dari peristiwa ini yakni operasi yang barangkali dapat menyebabkan mengalami putus dengan pasangan atau kematian.

Demikianlah sepintas mengenai pengertian trauma. Trauma bila ditinjau dari penyebab dan gejala yang ditimbulkannya tak dapat dipandang enteng. Karena bila dibiarkan dan dipandang tak penting justru akan menyebabkan hal yang lebih fatal. Jadi bila Anda mempunyai trauma khusus pada sesuatu hal, lekaslah berkonsultasi kepada dokter.

Leave a Reply

Top