You are here

7 Cara Meredam Amarah dengan Cepat dan Ampuh

7 Cara Meredam Amarah dengan Cepat dan Ampuh
Bagikan Artikel Ini

Seberapa pentingkah seseorang harus memahami cara meredam amarah? Jawabannya pasti amat penting. Marah adalah sebuah emosi yang biasanya timbul akibat kekecewaan pada hal tertentu. Perasaan ini lazim terjadi, malah dapat dialirkan menjadi suatu energi positif guna perubahan yang baik. Tetapi, bila tidak diredam, justru bisa mendatangkan hal buruk.

Mengumbar amarah adalah hal yang amat berbahaya, tak cuma untuk diri sendiri, tetapi juga orang lain. Tidak jarang emosi yang meledak bisa menyebabkan seseorang menjalankan tindak kekerasan. Di samping itu, amarah yang tak tersalurkan secara positif menyebabkan seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan fisik ataupun mental. Untuk itu, ada beberapa cara meredam amarah dengan cepat dan ampuh.

Segera Mengatur Irama Napas

Ketika merasakan serangan amarah, lekas atur irama napas menjadi lebih dalam dan pelan. Hal ini dikarenakan ketika merasa marah, napas menjadi semakin terengah-engah, pendek, dan cepat. Itulah sebabnya, olah napas bisa membantu mengurangi amarah. Supaya lebih efektif, tariklah napas dalam dari hidung, lalu embuskan pelan-pelan lewat mulut.

Mengubah Posisi Tubuh

Amarah yang meletus menjadikan seseorang merasa superior ketimbang orang lain. Itulah sebabnya orang yang marah-marah kerap memaki, mengumpat, malah menyerang secara fisik. Oleh karena itu, untuk memanipulasi pikiran dan menurunkan rasa superior itu bisa dilakukan dengan mengubah letak tubuh.

Misalnya bila sedang berdiri, alangkah baiknya lekas duduk atau berbaring. Cara ini pun memberikan efek meredakan pada pikiran yang tengah kalut karena amarah yang menyelimuti. Sebaiknya melengkapi cara ini dengan panduan nomor satu, yakni duduk sembari mengatur napas.

Menghitung dengan Lambat

Ketika merasa kecewa pada sesuatu, bukannya mengumbar amarah, ada baiknya melakukan tips menghitung dengan pelan. Minimal, hitunglah satu hingga sepuluh secara pelan-pelan. Di samping menurunkan irama jantung, cara ini pun efisien untuk membuat otak fokus terhadap hal lain daripada memerhatikan penyebab timbulnya amarah.

Jalan Santai Sambil Mengamati Lingkungan

Satu lagi upaya yang ampuh meredam amarah dengan cepat yakni dengan berjalan santai. Alangkah baiknya sembari fokus terhadap hal-hal yang terdapat di sekitar. Di samping sebagai pengalih perhatian, jalan santai sembari menikmati pemandangan bisa menjadikan pikiran terasa lebih jernih dan memandang permasalahan lebih baik. Akhirnya, amarah juga lekas mereda.

Redakan Ketegangan yang Terjadi pada Otot

Ketika timbul amarah, umumnya tubuh menanggapi dengan membuat otot menjadi lebih kaku dan tegang. Oleh karena itu bila merasakan munculnya amarah, hendaknya lekas melakukan peregangan otot untuk mencegah ketegangan. Di samping itu dapat pula dengan melakukan olahraga ringan. Olahraga mendorong produksi endorfin yang menyajikan efek bahagia, secara langsung amarah berhenti.

Mendengarkan Musik

Cara lain yang pula ampuh meredam amarah ialah dengan mendengarkan musik, khususnya yang menenangkan. Musik lembut bisa membantu dalam menstabilkan detak jantung yang naik karena timbulnya amarah. Langkah ini terbukti ampuh sebagai pengalih perhatian dari masalah yang terjadi.

Melakukan Konseling

Jika amarah kerap muncul dan kesulitan menanganinya, berarti telah waktunya untuk melakukan konseling terhadap pakarnya, seperti psikolog. Cara ini pun amat perlu dilakukan oleh orang yang mempunyai emosi meletup-letup dan senang menyakiti diri sendiri maupun orang lain. Konseling perlu sekali supaya emosi bisa terkontrol dan tak jatuh korban karena amarah.

Demikianlah 7 cara meredam amarah dengan cepat dan ampuh. Penting melakukannya supaya emosi tak meledak dan merugikan. Hal yang paling utama adalah memahami bahwa amarah kerap diikuti dengan energi yang besar. Oleh karena itu perlu mengelolanya untuk hal positif  supaya energi itu menjadi lebih mempunyai manfaat, bukannya mendatangkan kerugian.

Leave a Reply

Top