You are here
Home > Relationship >

Penyebab Rasa Cinta Hilang Terhadap Pasangan Setelah Menikah

Penyebab Rasa Cinta Hilang
Bagikan Artikel Ini

Penyebab rasa cinta hilang pada pasangan timbul karena beberapa faktor. Semua orang menginginkan cinta antara pasangan dapat bertahan selamanya. Namun jika Anda siap menerima indahnya cinta maka Anda juga harus siap dengan kesedihan karena cinta memudar

Tak selamanya hubungan akan berbuah manis. Terutama bagi yang sudah berada di dalam ikatan pernikahan. Banyak masalah dan cobaan yang menerpa ketika hidup berumah tangga. Memang tak semua berujung perceraian, namun Anda harus siap menghadapi kemungkinan kehilangan cinta dari pasangan.

Faktor Penyebab Rasa Cinta Hilang Terhadap Pasangan 

Hal yang mempengaruhi perasaan cinta memudar memang banyak sekali. Hal ini bisa datang dari diri sendiri bahkan karena orang lain.

Namun pada dasarnya cinta mampu mengoyak perasaan dan pikiran meski hanya dalam waktu sesaat. beberapa penyebab memudarnya rasa cinta terhadap pasangan sebagai berikut.

Komunikasi Tidak Lancar 

Salah satu penyebab rasa cinta hilang adalah komunikasi yang tak lancar. Hal ini datang kepada mereka yang memiliki kesibukan luar biasa.

Komunikasi merupakan hal yang berpengaruh besar terhadap masalah utama. Komunikasi merupakan cara terbaik untuk dapat berbagi dan memahami perasaan.

Meskipun tidak identik dengan bertemu, namun mendengarkan dan mengerti perasaan pasangan adalah hal yang paling penting. Jika tidak berjalan dengan baik maka hal tersebut akan mempengaruhi terhadap rasa cinta. Banyak praduga yang buruk dari hilangnya komunikasi.

Kenyataan Hidup

Kesibukan memang memiliki pengaruh terhadap kehidupan cinta. Banyak pasangan yang tidak dapat membagi waktu dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan mereka tidak memiliki pasangan untuk berbagi.

Dari penyebab rasa cinta hilang tersebut timbul rasa tidak percaya, sehingga semakin memperburuk keadaan. Rasa tidak percaya akan memupuk pikiran negatif terhadap pasangan. Sehingga dengan mudah kehilangan rasa cinta.

Rasa emosi yang tak terkontrol, berada pada pikiran negatif sendiri , dan mulai curiga, sehingga mampu menutupi rasa cinta. Hal tersebut banyak terjadi pada pasangan yang sudah menikah.

Perubahan Diri Pada Pasangan

Cinta datang karena semua hal yang baik dari pasangan. Namun setelah mengetahui sisi buruk dari pasangan maka rasa cinta tersebut perlahan menghilang. Hal yang Anda benci dari pasangan, akan mengalihkan sebagian perasaan Anda dan akan terus berpengaruh.

Terutama jika salah satu pasangan mulai berubah baik sikap maupun sifat. Yang awalnya lembut menjadi tempramen, yang awalnya sabar menjadi pemarah, hingga berujung pada masalah yang rumit untuk diselesaikan.

Penyebab rasa cinta hilang tersebut mampu mempengaruhi perasaan cinta Anda. Kesedihan, rasa tidak diperhatikan, rasa tidak dihargai dan masih banyak lagi. Hal tersebut mampu memudarkan rasa cinta.

Waktu

Cinta memang tidak akan menghilang dari kehidupan Anda. Namun cinta terhadap pasangan bisa saja berubah berdasarkan waktu.

Intensitas cinta bisa sangat berbeda pada saat awal bertemu. Seiring waktu, cinta mungkin bisa bertambah. Namun juga dapat berkurang dan memudar.

Jarang Membuat Momen Baru

Pada pasangan baru yang menikah mereka menghabiskan waktu bersama. Baik traveling, makan bersama hingga liburan bersama.

Bahkan hal tersebut akan selalu dikenang. Berganti tahun semua itu tak lagi dirasakan. Jika zat dopamin masih tersisa dalam otak maka akan lebih cepat menyimpan kenangan dan menimbulkan baper atau bawa perasaan.

Tak adanya momen kebersamaan seperti dulu menjadi Penyebab rasa cinta hilang. Sehingga membuat pasangan terlihat bosan dan jenuh dengan hubungan. Sehingga lama kelamaan membuat perasaan cinta menjadi memudar.

Acuh Terhadap Masalah 

Hubungan perlu adanya ketulusan, saling menghargai serta kejujuran. Adanya masalah sebaiknya bisa terselesaikan dengan cepat. Namun jika salah satu bersikap acuh dan menganggap masalah akan selesai begitu saja berjalan waktu, maka hal itu akan menjadi bom waktu.

Jika masalah antara pasangan tidak segera diselesaikan, maka akan mempengaruhi rasa cinta dan semakin lama salah satu pasangan akan benar-benar pergi dari kehidupan Anda. Rasa tidak berharga, rasa tidak diinginkan mampu membuat perasaan cinta menghilang tak berbekas.

Namun jika pasangan saling menyadari dan mencintai orang yang tepat, sekalipun ada terpaan masalah, mereka tetap akan bertahan.

Cinta Karena Keuntungan

Penyebab rasa cinta hilang karena Cinta yang didasarkan suatu keuntungan. Berbuat sesuatu demi orang lain berlandaskan keuntungan, semakin lama cinta tersebut akan pudar. Cinta yang sebenarnya adalah mencintai tanpa pamrih.

Untuk beberapa kali mungkin bisa dianggap lumrah, namun jika terjadi secara terus menerus maka hal tersebut akan menjadi bom waktu.

Pasangan yang menyadari pasangannya hanya mencari sebuah keuntungan, maka akan menimbulkan kekecewaan dan akhirnya merubah sebuah cinta menjadi kebencian. Sehingga tak bisa berharap lagi untuk hidup bersama.

Pernikahan memupuskan Suatu Harapan

Sebagian orang memiliki impian dan harapan setelah menikah. Mulai dari berkarir setelah menikah atau melanjutkan cita-cita untuk menggapai cita-cita.

Namun ada juga yang kenyataannya harus berdiam dirumah, tidak diijinkan berkarir setelah menikah. Hal tersebut tak sesuai dengan kesepakatan.Sehingga menjadi penyebab rasa cinta hilang.

Sehingga pasangan merasa terkekang, terbebani dalam pernikahan dan semakin lama merasa tak berguna.  Hal tersebut yang dapat mengikis sebuah rasa cinta.

Sering Berargumen dengan Pasangan

Setelah menikah perlu adanya menjaga ucapan dan sikap terhadap pasangan.Apabila berargumen secara terus menerus maka akan membuat pasangan sakit hati dan pendendam.

Hal tersebut yang akan membuat rasa cinta semakin memudar. Bahkan akan mematikan rasa cinta menjadi sebuah kebencian. Sebagian orang tak mampu mengontrol emosi berat sehingga membuat hubungan menjadi tidak harmonis.

Masalah Bertubi-tubi

Penyebab rasa cinta hilang adalah masalah bertubi-tubi. Masalah melanda hubungan harus diselesaikan dengan kepala dingin. Namun jika masih datang bertubi-tubi masalah dalam rumah tangga sehingga tak tertangani dengan baik, maka akan membuat goncangan hati pasangan.

Masalah yang datang tersebut membuat lelah fisik maupun psikis sehingga melelahkan perasaan dan membuat cinta menghilang. Konflik yang terus menerus datang membuat pasangan tidak memiliki harapan untuk bahagia.

Sehingga pasangan tidak sepenuhnya kembali seperti awal pernikahan. Hilangnya rasa cinta tersebut membuat pasangan sulit bertahan.

Seperti tanaman, jika tidak dipupuk dan dirawat dengan baik, cinta akan mati seiring dengan konflik yang ada dalam pernikahan. Pasangan menginginkan pengertian, waktu, momen kebersamaan, hidup normal, dan merasa dicintai. Sehingga jika tak terpenuhi, maka akan menjadi penyebab rasa cinta hilang.

 

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top