You are here
Home > Traveling >

Traveling Ramah Lingkungan, Menjaga Bumi Tetap Sehat dan Bersih

Traveling Ramah Lingkungan Menjaga Bumi Tetap Sehat dan Bersih
Bagikan Artikel Ini

Traveling ramah lingkungan baru-baru ini sedang banyak disuarakan sebagian besar komunitas traveling. Hal ini dilakukan guna menjaga lingkungan hidup di tempat wisata.

Masalah pencemaran memang sudah banyak terjadi pada tempat wisata-wisata di Indonesia. Dengan begitu, menjadikan tempat wisata kumuh dan tidak bersih.

Bagi Anda pecinta dunia traveling tidak ada salahnya ikut menggalakkannya. Istilahnya yaitu eco-friendly traveling. Traveling atau liburan menjadi salah satu agenda yang banyak dilakukan sebagian besar orang ketika hari libur.

Untuk mengisi waktu luang saat liburan banyak yang berkunjung ke beberapa destinasi wisata menarik. Apalagi Indonesia kaya akan pesona dan tempat wisata.

Ada yang berupa danau, pantai, gunung, goa, hingga tempat wisata buatan lainnya. Dari sekian banyaknya wisatawan yang berkunjung masih enggan untuk menjaga lingkungan.

Bahkan justru ada yang merusak lingkungan dengan banyak cara. Mulai dari buang sampah sembarangan, mencoret tempat wisata hingga merusak lingkungan alam di sekitarnya.

Padahal hal tersebut akan membuat lingkungan di tempat wisata menjadi rusak dan tidak sehat. Sehingga pesona alamnya akan berkurang.

Nah untuk menjaga lingkungan tempat wisata Anda harus menjadi traveler yang bijak. Gunakan tips traveling ramah lingkungan selama Anda berada di lokasi wisata.

Tips Traveling Ramah Lingkungan Saat Berada di Tempat Wisata

Aktivitas liburan menjadi salah satu yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang untuk melepas penat. Bagi Anda yang mencintai lingkungan dan gemar traveling pasti sudah tidak asing lagi dengan eco-friendly traveling.

Tren di kalangan para pecinta traveling ini memang sengaja dilakukan untuk merawat tempat wisata. Apalagi banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab telah merusak lingkungan hidup.

Misalnya saja yang sudah sering terjadi yaitu aksi coret-coret pada bangunan bersejarah. Bahkan ada juga yang memetik bunga abadi dan pembakaran hutan dan padang rumput.

Bagi Anda pecinta lingkungan, sebaiknya bisa menggalakan aksi pecinta lingkungan di tempat wisata. Jika tempat wisata terjaga, maka pesonanya akan terpancar.

Bahkan mampu menarik wisatawan baik asing maupun mancanegara untuk berkunjung. Berbeda dengan aksi yang dilakukan jika lingkungan tidak terjaga.

Maka akan rusak dan tempat wisata pun akan enggan untuk dikunjungi. Bagi Anda pecinta traveling bisa gunakan tips tepat dalam menjalankan wisata yang ramah lingkungan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan yaitu:

Hindari Penggunaan Plastik

Tips traveling ramah lingkungan yang pertama yaitu kurangi sampah plastik. Banyak sekali sampah plastik yang bertebaran di jalan bahkan tempat wisata.

Padahal sampah tersebut cukup berbahaya untuk lingkungan. Meski demikian, produksi masih banyak yang menggunakannya.

Bahkan berbagai makanan dan minuman masih saja menggunakan bahan yang terbuat dari plastik sebagai wadah. Maka dari itu, sebaiknya kurangi bahkan hindari plastik saat Anda pergi liburan.

Sebab, barang sekali pakai tersebut akan sangat sulit terurai. Selain itu, dampak terhadap lingkungan sebagai pencemaran.

Bawa Bekal Sendiri

Mungkin untuk pergi liburan ada yang mempersiapkan semua kebutuhan dengan baik. Hal ini memang perlu Anda lakukan. Anda bisa bawa bekal makan, minum, pakaian hingga obat-obatan.

Meski banyak barang yang perlu Anda bawa pastikan lebih selektif. Jadi bawa barang seminim mungkin, namun tetap bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sebaiknya Anda membawa makan dan minum dengan tempat stainlesstel yang bisa dipakai kembali. Sehingga mengurangi pembuangan sampah plastik.

Dengan membawa tempat dari rumah, jika habis Anda bisa mengisi ulang kembali. Hal ini berlaku pada tempat makan maupun botol minum.

Bawa Tas Belanja

Seperti yang sudah dikatakan sejak awal jika tas plastik adalah sampah yang sulit terurai. Padahal ketika Anda berbelanja kantong plastik biasanya digunakan sebagai wadah.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa gunakan tote bag sebagai jalan alternatif yang ramah lingkungan. Traveling ramah lingkungan yang satu ini cukup aman dan baik dilakukan.

Misalnya untuk membeli oleh-oleh dari liburan maupun memenuhi kebutuhan mendesak. Dengan adanya tas belanja atau tote bag ini, mampu menggantikan plastik saat berbelanja.

Anda bisa membawa lebih dari satu atau dua tas belanja. Sebab, Anda juga akan bisa membuat tas tersebut sebagai tempat sampah sementara.

Siapkan Perlengkapan Sanitasi

Untuk tips traveling ramah lingkungan yang bisa Anda lakukan yaitu menjaga kesehatan setiap saat. Apalagi kini tidak ada yang tahu di mana virus, bakteri penyebab penyakit.

Anda bisa membawa perlengkapan sanitasi untuk menanggulangi timbulnya terserang penyakit. Misalnya untuk membawa masker, hand sanitizer, serta cairan disinfektan.

Dengan membawa perangkat sanitasi yang masih bisa digunakan kembali termasuk cara melindungi bumi dari kerusakan.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Banyaknya sampah yang berserakan di tempat wisata mungkin sudah bukan pemandangan asing lagi. Sebagai pecinta lingkungan hidup Anda harus wajib mengikuti peraturan yang ada.

Padahal sudah disediakan tempat sampah yang bisa Anda gunakan. Sebenarnya membuang sampah pada tempatnya bukan hal yang sulit.

Namun, masih saja banyak yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungan tempat wisata. Jika Anda tidak mulai dari sekarang, dampaknya akan terasa hingga puluhan tahun kedepan.

Maka dari itu, agar lingkungan tetap sehat jaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Hal ini mampu membuat tempat wisata tetap sehat dan dikunjungi banyak wisatawan.

Gunakan Transportasi Umum

Tips traveling ramah lingkungan selanjutnya yaitu sebaiknya gunakan kendaraan umum. Transportasi menjadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar yang menimbulkan pencemaran.

Maka dari itu, sebaiknya Anda gunakan transportasi umum ketika traveling. Dengan cara ini, Anda akan banyak melakukan aktivitas jalan kaki berbeda ketika menggunakan kendaraan pribadi.

Dengan banyak jalan kaki di tepat wisata pun meminimalisir terjadinya pencemaran lingkungan. Bahkan Anda juga akan lebih mudah mengenal dan menyusuri setiap lokasi.

Maksimalkan Fitur e-Ticket

Kertas terbuat dari kayu hutan yang di mana jika penggunaannya terlalu boros, maka membuat penebangan hutan meningkat. Untuk bisa mengatasi hal ini, sebaiknya minimalisir penggunaan kertas.

Salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu tidak mencetak tiket perjalanan wisata. Anda bisa maksimalkan penggunaan fitur e-ticket untuk berbagai kesempatan.

Cara ini juga bisa Anda terapkan untuk traveling ramah lingkungan di mana saja. Tidak ada salahnya melakukan hal ini untuk menjaga bumi tetap sehat.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top