You are here
Home > Berita Nasional >

5 Danau Unik di Indonesia dengan Pemandangan Alam yang Memukau

5 Danau Unik di Indonesia dengan Pemandangan Alam yang Memukau
Bagikan Artikel Ini

Keindahan dan keunikan alam Indonesia benar-benar tak ada habisnya untuk dieksplor. Misalnya air terjun, pegunungan, sampai pantainya yang eksotis tersebar di setiap sudut alam Indonesia. Dengan budayanya yang beraneka ragam serta tempat tujuan wisata yang indah menjadikan Indonesia amat sempurna untuk dieksplor  pada musim apa saja. Salah satu tempat wisata yang jangan Anda lewati yakni menjelajah danau – danau unik di Indonesia.

Ada beberapa danau unik di Indonesia yang mesti Anda kunjungi. Di samping laut yang mempesona, nyatanya Anda dapat menjelajahi danau-danau unik yang pastinya cuma dapat Anda temui di Indonesia. Di bawah ini daftar 5 danau unik di Indonesia dengan suguhan pemandangan alam yang memukau.

Danau Toba, Sumatra Utara

Ini adalah danau yang menjadi danau terbesar dan terluas di Indonesia. Bisa dibilang sebagai salah satu danau vulkanik paling besar di dunia. Berkat keindahannya, Danau Toba pun termasuk sebagai tempat tujuan wisata super prioritas.

Danau yang terbentuk karena letusan Gunung Toba ini mempunyai luas permukaan hingga 1.130 km2 dengan volume airnya sampai 240 km3. Di samping merupakan danau paling besar di Indonesia, Danau Toba pun mempunyai keunikan dengan kehadiran Pulau Samosir di tengahnya.

Danau Habema, Papua

Bila danau ini dapat disebut sebagai danau di atas awan. Danau ini adalah danau tertinggi di Indonesia. Danau Habema yang berketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut ini terletak di kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Masyarakat Dani di Jayawijaya menganggap danau ini selaku tempat keramat yang menjadi sumber kehidupan dan kesuburan mereka.

Danau Kelimutu, NTT

Anda dapat mengunjungi Danau Kelimutu yang menjadi bagian dari Taman Nasional Kelimutu di Flores (NTT). Danau Kelimutu menyajikan keajaiban alam yang amat luar biasa. Keunikannya ada pada warna air danaunya yang berubah-ubah di masa tertentu.

Peralihan warna air Danau Kelimutu ini tidak bisa dikira-kira. Terkadang warnanya berbentuk perpaduan hitam, hijau, dan biru. Sementara di lain waktu dapat berwarna biru, merah, dan putih atau malah berwarna coklat tua.

Anda bisa berkunjung ketika musim kemarau yakni pada bulan Mei-September untuk melihat keindahan Danau Kelimutu secara optimal. Dimana warna air danau akan berwarna biru kehijau-hijauan.

Danau Matano, Sulawesi Selatan

Mengunjungi Kabupaten Luwu Timur di provinsi Sulawesi Selatan, Anda bisa menemukan danau unik yang dijuluki Danau Matano. Danau ini adalah danau terdalam yang terdapat di Indonesia. Selain itu juga berada di urutan kesebelas daftar danau paling dalam di dunia dengan kedalaman maksimal meraih 590 meter.

Bertandang ke Danau Matano Anda akan disuguhi pemandangan danau yang jernih dengan dikelilingi oleh pohon yang lebat. Keunikan yang lainnya dari danau ini ialah Anda bisa melihat gua-gua bawah laut secara jelas dari permukaan danau.

Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Beralih ke Kalimantan Barat Anda dapat menemui Danau Sentarum yang keunikannya akan menyebabkan Anda terpukau. Danau ini akan dipenuhi air selama 10 bulan sekali pada setiap tahunnya dan akan mengering pada 2 bulan sisanya.

Ketika air di danau mulai mengering, danau akan membangun kolam-kolam kecil yang dipenuhi oleh ikan. Umumnya masyarakat akan secara gampang memanen ikan di musim ini.  Di samping itu, Anda pun bisa menemui sekitar 600 jenis tumbuhan, sejak jenis langka sampai jenis yang dilindungi. Anda pun dapat bersantai melihat pemandangan dan semilirnya angin yang terasa sejuk.

Itulah 5 danau unik di Indonesia yang dapat Anda jelajahi. Namun, danau manakah yang akan Anda kunjungi?

Leave a Reply

Top