You are here
Home > Relationship >

Beberapa Penyebab Lelah Dalam Hubungan, Berikut Solusinya

Beberapa Penyebab Lelah Dalam Hubungan Berikut Solusinya
Bagikan Artikel Ini

Lelah dalam hubungan wajar terjadi dan dialami oleh banyak orang. Menjalin sebuah hubungan tidak selalu merasakan kebahagiaan. Ada kalanya terjadi konflik yang dipicu oleh perbedaan pendapat, salah persepsi, kecemburuan dan masih banyak lagi masalah yang dapat menimbulkan pertengkaran.

Rasa bosan dalam sebuah hubungan juga bisa menjadi adanya pertengkaran. Sehingga terkadang akan membuat seseorang merasa lelah menjalani sebuah hubungan.

Penyebab Lelah Dalam Hubungan

Banyak sekali faktor yang menyebabkan pertengkaran dalam hubungan. Terkadang konflik yang terus berulang harus memaksa untuk menyudahi hubungan tersebut.

Sebab jika terus dipaksakan, tentunya akan tidak baik dan akan membawa dampak yang negatif untuk kehidupan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa penyebab sering terjadinya permasalahan dalam sebuah hubungan.

Mudah Marah

Hal yang umum terjadi adalah ketika pasangan mudah marah dan ngambek karena hal sepele. Pertengkaran yang terjadi memang wajar, akan tetapi ketika sebuah masalah kecil terus menerus dibesar-besarkan tentunya akan membuat jenuh dan lelah dalam hubungan. Terlebih ketika pasangan mudah marah, tentunya harus ada salah satu yang mengalah untuk meminta maaf.

Masalah yang Terus Berulang

Jika sebuah kesalahan yang menimbulkan masalah dan pertengkaran terus diulang, tentu akan menyebabkan kejenuhan. Selalu merasa kecewa dan harus selalu meminta maaf dan memberi maaf secara terus-menerus.

Seseorang yang melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar. Namun jika kesalahan tersebut dilakukan berulang kali tentu sangat menjengkelkan. Jika hal tersebut terus berulang, bukan tidak mungkin ujungnya adalah perpisahan.

Curiga yang Berlebihan

Kunci dalam sebuah yang langgeng adalah saling percaya satu sama lain. Tidak mencurigai pasangan ketika sedang tidak bersama. Tentunya merupakan sebuah hal yang membuat lelah dalam hubungan.

Namun jika tidak bisa saling percaya, hubungan akan terasa seperti menjadi mata-mata dan dimata-matai. Bahkan tuduhan yang belum tentu kebenarannya dapat menjadi sebuah masalah yang menimbulkan pertengkaran. 

Jika terus menerus seperti itu, maka hubungan tersebut tidak sehat. Karena satu sama lain tidak memiliki privasi. Selalu mengecek handphone pasangan karena terlalu takut dan curiga dia berselingkuh.

Tidak Punya Waktu Untuk Diri Sendiri

Berpacaran sejatinya untuk mengenal satu sama lain agar semakin paham dan tau karakter dan sifat pasangan masing-masing. Akan tetapi, terkadang ketika sudah memiliki pasangan, akan menghabiskan waktu 24 jam penuh bersama pasangan.

Sehingga tidak ada waktu untuk diri sendiri. Hal seperti ini kurang bagus jika terus menerus. Sebab hidup tidak hanya dengan pasangan saja.

Ada lingkungan yang membutuhkan sosialisasi dari diri. Ada teman-teman yang yang menunggu untuk berkumpul. Dan ada keluarga yang butuh kebersamaan.

Jadi dunia tidak hanya untuk pasangan saja. Memahami satu sama lain dan menghargai waktu untuk diri sendiri merupakan salah satu awetnya sebuah hubungan.

Tidak Saling Mendukung Satu Sama Lain

Hal lain yang membuat seseorang lelah dalam hubungan adalah tidak adanya dukungan dari pasangan. Pasangan yang terlalu membatasi ruang gerak akan membuat kualitas dari diri mengalami penurunan.

Sebab harus selalu dituntut untuk berada di dekatnya dan memberikan dukungan untuknya. Sementara anda tidak pernah dipedulikan dan tidak ada dukungan untuk semua aktivitas yang dilakukan.

Menyalahgunakan Kepercayaan 

Hal yang satu ini merupakan kesalahan yang tidak bisa untuk dimaklumi. Menyalahgunakan kepercayaan yang sudah diberikan pasangan seharusnya dijaga.

Sebab untuk bisa percaya dan mempercayai orang lain itu tidak mudah. Jika pasangan sudah menyalahgunakan kepercayaan untuk selingkuh, sebaiknya akhir hubungan tersebut. Sebab apa yang dilakukan dalam keadaan sadar dan tanpa paksaan.

Contoh menyalahgunakan kepercayaan yang lain adalah ketika pasangan sudah memiliki tabungan bersama, akan tetapi salah satunya memakai tabungan tersebut tanpa izin. Tentunya akan terasa menjengkelkan, karena sudah merusak kepercayaan yang diberikan.

Hubungan yang Monoton

Hubungan yang lama terjalin akan membuat bosan jika tidak ada kejutan ataupun sesuatu yang membuat hubungan terasa segar. Monotonnya dalam sebuah hubungan tentu akan membuat bosan dan jenuh, sebab sudah tidak ada tantangan dan sesuatu yang bisa membuat hati merasa bahagia dan berbunga-bunga. Keadaan yang monoton tanpa ada solusi, tentunya akan membuat anda dan pasangan lelah dalam hubungan.

Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Memperbaiki Hubungan

Jika anda ingin terus bersama pasangan, maka harus ada sesuatu yang dilakukan. Memancing pasangan untuk melakukan beberapa hal romantis atau anda sendiri bisa memberikan surprise kecil untuk pasangan. Sehingga hubungan tidak akan terasa membosankan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki hubungan yang kurang baik.

Mengerti Satu Sama Lain

Hal ini harus dilakukan agar hubungan tidak merasa membosankan dan tidak saling merasa lelah dalam hubungan. Harus saling mengerti karena dunia tidak hanya melulu tentang hubungan sepasang kekasih. Dengan mengerti satu sama lain, tentu akan menimbulkan hubungan yang positif dimana akan saling support satu sama lain.

Sehingga pasangan mengerti aktivitas apa yang dilakukan dan sebaliknya. Dari saling mengerti satu sama lain tersebut akan tumbuh rasa saling mendukung satu sama lain demi kemajuan pribadi masing-masing.

Selalu Jujur dan Terbuka

Kejujuran adalah segalanya di dalam hidup. Termasuk di dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Jika dalam hubungan sudah ada kebohongan, maka tidak menutup kemungkinan akan timbul kebohongan yang lain. Oleh sebab itu jujur dan terbuka dalam sebuah hubungan itu sangat diperlukan.

Buat Kejutan Kecil

Rasa bosan dalam hubungan bisa diatasi dengan membuat kejutan-kejutan kecil untuk pasangan. Seperti memberi coklat, mentraktir makanan kesukaannya, atau membelikan boneka.

Hal sederhana seperti itu tentunya akan memberikan kesan kepada pasangan, bahwa dirinya merasa diperhatikan. Sehingga tidak akan ada rasa bosan dalam hubungan.

Mengurangi Intensitas Pertemuan

Jika pertemuan hampir setiap hari dan dalam waktu yang lama. Tentu akan mudah merasa bosan. Oleh sebab itu, kurangi intensitas waktu bertemu. Seperti 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Namun pastikan untuk selalu menghubungi via telpon atau chat, sehingga komunikasi tetap terjalin dengan baik. Di sela waktu tidak bertemu, masing-masing bisa melakukan hobi atau aktivitas berkumpul bersama teman-teman. Sehingga kehidupan dan hubungan tidak berjalan monoton.

Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang kurang baik sering kali menjadi awal mula timbulnya permasalahan. Tidak baiknya komunikasi dalam hubungan tentu akan membuat lelah dalam hubungan. Sebab akan selalu timbul kecurigaan. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu berkomunikasi kepada pasangan.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top