You are here
Home > Relationship >

Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat Terhadap Pasangan

Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat Terhadap Pasangan okezone.com
Bagikan Artikel Ini

Perlunya cara untuk menyikapi perbedaan pendapat dengan pasangan. Adanya perbedaan pendapat dengan pasangan termasuk hal yang wajar. Hal tersebut juga pasti terjadi dalam setiap hubungan.  Bahkan pada pasangan yang saling mencintai pun pasti akan merasakannya.

Namun masing-masing harus bisa menghormati perbedaan yang ada. Apabila salah satunya tidak dapat mengontrol saat mengekspresikan emosinya, maka secara emosional akan muncul suatu masalah.

Tidak sedikit pasangan yang memilih untuk berpisah. Hal itu karena adanya perbedaan sudut pandang keduanya. Sebaiknya setiap pasangan harus sama-sama memiliki kontrol atas diri sendiri. Sehingga adanya perdebatan yang masih dalam batas wajar.

Inilah Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat Terhadap Pasangan

Terjadinya suatu perbedaan pendapat termasuk hal yang wajar dalam hubungan. Untuk itu, ketahui beberapa hal berikut ini dalam menyikapi perbedaan pendapat.

Jangan Terbawa Emosi

Saat pasangan anda tidak setuju dengan pilihan anda, sebaiknya anda jangan terlalu langsung terbawa perasaan. Anda bisa menjelaskan kepada pasangan anda secara lembut. Memberitahukan alasan mengenai pilihan anda tersebut. Kelembutan seorang wanita biasanya akan meluluhkan kekerasan hati pasangannya.

Jangan Saling Mempertahankan Argumen Masing-Masing

Kunci dari hubungan langgeng meskipun dari kepribadian pasangan saling bertolak belakang, sebaiknya anda tidak bersikap egois. Anda tentunya bisa segera menerapkannya saat anda dan pasangan tidak saling mempertahankan argumennya masing-masing.

Memang antara anda dan pasangan merupakan dua kutub yang berbeda. Perlu cara menyikapi perbedaan pendapat keduanya. Salah satunya yang harus bisa mengimbangi dan bersikap netral. Keduanya bisa secara bergantian mendengarkan satu sama lainnya. Sehingga tanpa harus ada yang bersikap egois.

Sesuaikan Pola Pikiran

Perlu diingat bahwa saat ini sedang berbeda pendapat dengan pasangan. Bukan dengan teman ataupun juga orang lain. Sebisa mungkin harus bisa mengendalikan nada bicaranya. Selain itu, juga perlu berpikir jauh ke depan. Hal utama yang perlu dilakukan agar bisa menyampaikan pendapat dengan nyaman.

Perlunya kesadaran bahwa komunikasi merupakan dasar dari hubungan dengan pasangan anda. Dengan begitu, setiap kali mulai merasa emosi dan tidak sabar, semua akan terkendali. Hal itu karena pola pikir yang sejak awal sudah terbentuk.

Cara menyikapi perbedaan pendapat dengan melakukan komunikasi. Hal itu sangatlah penting dalam suatu hubungan. Apabila terjalin komunikasi yang baik, maka akan timbul keterbukaan dan kejujuran. Selain itu, juga kedekatan kedua pasangan akan lebih baik.

Belajar Mencari Jalan Tengah

Apabila anda dan pasangan sedang berbeda pendapat, tidak perlu selalu tentang siapa yang kalah dan siapa yang menang. Hal yang paling penting adalah mencari solusi atau jalan tengahnya. Tentunya yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Meskipun terkadang akan terasa mustahil untuk mencari jalan keluar saat berhadapan dengan jalan buntu. Ingatlah bahwa semua pasti bisa dilakukan, asalkan sama-sama siap untuk berkompromi.

Buat Komitmen Kuat Bersama Pasangan

Perbedaan dalam hubungan bisa menjadi suatu hal baru. Tentunya yang membuat kedua pasangan merasa terlengkapi satu sama lain. Namun juga dapat menyebabkan kedua pasangan mudah bertengkar. Untuk itu, perlu cara menyikapi perbedaan pendapat tersebut.

Hal itu agar tidak terjadi kemungkinan untuk berpisah. Maka perlunya komitmen kuat yang harus dibina. Sadari bahwa memang berbeda dan membuat kesepakatan untuk bisa saling mengerti. Apabila dasar hubungan anda sudah seperti ini, maka perbedaan akan mudah teratasi dan tidak menjadi hambatan.

Jangan Terobsesi Untuk Menang

Bagi orang-orang yang selalu menganggap dengan berdebat pada pasangan, hanya perlu dilakukan untuk membuktikan bahwa hal itu benar. Selain itu, juga tentang kemenangan semata. Pada faktanya, hal tersebut keliru.

Perhatikan pada pendapat dari kedua sisi pasangan. Pasti juga memiliki alasannya tersendiri. Sampai akhirnya terjadi pendapat yang berbeda. Berdebat yang sehat dalam sebuah hubungan untuk memahami masing-masing pikiran. Cara menyikapi perbedaan pendapat, bukan tentang siapa yang akan kalah dan yang menang.

Perlu Untuk Mendengar

Jangan bersikap gengsi untuk mendengarkan pendapat pasangan anda. Anda sebaiknya memahami apa alasan dibalik perbedaan tersebut. Tidak hanya sekedar mendengar, namun juga memahami makna pembicaraannya.

Ada baiknya juga untuk mengulangi kembali apa yang didengarkan. Untuk memastikan bahwa tidak ada kalimat yang akan membuat kesalahpahaman. Selain itu, juga menghindari memotong pembicaraan pasangan saat berbicara.

Dengan begitu, sudah memberikan kesempatan pasangan anda untuk mengungkapkan isi hatinya. Tanpa dengan terpotong-potong pendapatnya. Apabila anda justru sering memotong pembicaraannya, pasangan anda akan menjadi tersinggung dan tidak kembali terbuka membicarakan perasaannya.

Jangan Takut Untuk Bertanya

Adanya rasa takut dan gengsi untuk bertanya saat ada yang kurang dimengerti. Hal itu bisa memicu terjadinya kesalahpahaman. Cara menyikapi perbedaan pendapat, dengan anda bertanya, maka komunikasi yang terjalin bisa menjadi lebih efektif. Dengan bertanya juga akan menghindari anda untuk membuat kesimpulan sendiri.

Terlebih anda hanya bisa mencoba menebak-nebak pikiran pasangan anda sendiri. Saat anda bisa menyadari bahwa membuat asumsi sendiri tanpa bertanya adalah sesuatu yang salah, maka sebaiknya bertanya pada pasangan dalam segala hal akan lebih baik.

Tanamkan Sifat Toleransi Dalam Hubungan

Tidak hanya saling menyadari mengenai perbedaan. Anda dan pasangan harus perlu bertoleransi. Ingatlah untuk menghargai perbedaan antar pasangan. Apabila anda sadar namun bisa bersikap toleransi, maka masalah akan sering terjadi dalam hubungan anda.

Hubungan seperti ini yang akan menyita perhatian lebih. Oleh karena itu, kedua pasangan perlu bersikap saling mengerti dan menghargai.

Melihat Sisi Baik Keadaan, Bukan Sebaliknya

Perbedaan itu indah. Apabila mengetahui cara menyikapi perbedaan pendapat tersebut dengan benar, anda bisa melihat sisi baik dari keadaan yang ada.

Saat anda lebih menyukai cara yang simple dalam mengurus sesuatu, maka pasangan anda yang lebih bersifat teliti dalam memperbaiki atau memberi saran. Hal itu akan menjadikan banyak timbal balik kedua pasangan. Seperti sebuah tim kompak yang mampu berjalan seiringan.

Memegang Prinsip Bukan Berarti Harus Egois

Semua orang pasti mempunyai prinsip. Namun saat menyangkut hubungan milik berdua maka hal yang penting adalah kebaikan hubungan itu sendiri. Sebaiknya jangan egois untuk mempertahankan prinsip masing-masing. Nantinya malah tidak akan ketemu solusinya untuk perbedaan tersebut.

Saat anda bisa memahami cara menyikapi perbedaan pendapat, hubungan anda dan pasangan anda pastinya akan lebih harmonis dan langgeng.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top