You are here
Home > Teknologi >

Fitur 4K Image di Twitter, Mengunggah Gambar Dengan Resolusi Terbaik

Fitur 4K Image di Twitter
Bagikan Artikel Ini

Fitur 4K image di Twitter kini bisa anda nikmati, sehingga ketika mengunggah foto, resolusi gambar tidak akan turun. Para pengguna Twitter bisa dengan mudah mengunggah dan melihat gambar maupun video dengan resolusi hingga 4K.

Sebelumnya resolusi tinggi ini hanya bisa dinikmati melalui web saja, namun kini anda bisa menggunakannya melalui Android ataupun IOS. Tentu saja ini akan menjadi kabar gembira bagi anda yang selama ini mengeluhkan gambar di Twitter karena solusi rendah.

Dengan adanya fitur baru ini, mata anda akan dimanjakan ketika membuka aplikasi tersebut. Perlu anda ketahui, fitur ini adalah opsi yang bisa anda aktifkan ataupun tidak. Karena membutuhkan bandwidth yang tidak sedikit untuk melihat dan mengaktifkan fitur upload gambar dengan resolusi 4K.

Pembaruan fitur ini merupakan upaya pihak Twitter dalam mengembangkan aplikasi. Kabar ini dibagikan akun @TwitterSupport lewat cuitannya pada Kamis, 22 April 2021.

“Saatnya mengicaukan foto dengan resolusi tinggi. Opsi untuk mengunggah dan melihat foto 4K pada Android dan iOS, kini tersedia untuk semua orang”.

Cara Menggunakan Fitur 4K Image di Twitter

Twitter merupakan jaringan informasi yang menghubungkan pengguna dengan cerita, ide, pendapat, ataupun berita terbaru. Aplikasi ini menyediakan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan hingga 140 karakter. Situs jejaring sosial ini didirikan pada bulan Maret tahun 2006 oleh Jack Dorsey dan resmi diluncurkan pada bulan Juli.

Dari awal peluncuran, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh website yang sering dikunjungi di internet. Bahkan pengguna yang tidak terdaftar dapat membaca tweet dan pengguna terdaftar dapat memposting tweet.

Postingan bisa berupa foto, video, maupun percakapan langsung di Tweet untuk mendapatkan cerita sekilas. Semakin lama, aplikasi ini mengalami banyak pembaruan yang kian memanjakan penggunanya.

Misalnya saat ini, Twitter memberi perubahan dalam bentuk kualitas dan ketajaman sebuah gambar maupun video. Hal itu hadir dalam bentuk fitur 4K image di Twitter yang semakin membuat penampilan menjadi menarik.

Langkah Untuk Mengaktifkan Fitur Baru Twitter

Twitter telah menguji fitur baru ini sejak awal Maret 2021 lalu, namun baru saat ini diresmikan. Pengguna Twitter, sebelumnya hanya bisa mengunggah dan melihat gambar pada timeline dengan resolusi sebesar 2.048 x 2.048 piksel saja.

Namun dengan fitur baru ini, resolusi tinggi 4K bisa mencapai 4.096 x 4.096 piksel, 8 MP. Untuk bisa menggunakan fitur ini, tentu kalian harus punya akun Twitter.

Kalian bisa mendapatkan aplikasi ini melalui aplikasi market pada smartphone anda. Setelah itu, anda bisa menggunakan akun tersebut untuk berbagai hal, termasuk menggunakan fitur terbaru dari Twitter.

  • Buka aplikasi Twitter pada Android atau iPhone
  • Lalu pilih menu pada ikon 3 garis horisontal pada pojok kiri atas
  • Setelah itu, pilih opsi Setting and Privacy dan klik opsi Data Usage
  • Pada bagian Images akan terlihat pilihan menu High Quality Images Uploads dan High Quality Images
  • Kita bisa mengatur keduanya ataupun memilih opsi lanjutan untuk keterangan koneksi yang akan anda butuhkan
  • Jika anda hanya ingin mendapatkan kualitas 4K ketika terhubung wifi saja, maka pilih saja opsi WiFi Only. Namun jika ingin menggunakan data untuk mendapat kualitas 4K ini, anda bisa memilih opsi mobile data & WiFi.

Fitur 4K Image di Twitter bisa juga anda nonaktifkan. Karena fitur tersebut tidak langsung aktif secara otomatis. Anda bisa mengaturnya dengan memilih opsi never. Hal ini cukup membantu anda, mengingat penggunaan fitur terbaru ini membutuhkan kuota data yang cukup besar.

Perubahan Pemotongan Gambar dan Resolusi 4K

Pihak Twitter mengatakan pada saat pengguna berbagi sebuah gambar. Hal yang ditampilkan adalah yang sebenarnya pada timeline. Twitter menggunakan contoh pendekatan WYSIWYG, artinya apa yang anda lihat adalah apa yang anda dapatkan.

Mulai sekarang gambar yang langsung diunggah melalui kamera ponsel akan tampak lebih baik saat anda lihat di linimasa. Perubahan cara Twitter dalam memotong gambar ini akibat kontroversi yang terjadi pada tahun lalu.

Para pengguna menemukan pratinjau foto di Twitter lebih sering menampilkan wajah dengan berkulit putih daripada berkulit hitam. Dantley Davis selaku Kepala Desain Twitter mengatakan bahwa pengujian gambar dengan ukuran lebar atau tinggi akan dipotong tengah.

“Harapan kami bisa belajar mengenai pendekatan baru ini akan lebih baik. Perubahan yang kami lakukan dalam memberikan pengalaman WYSIWYG untuk gambar yang anda unggah ke Twitter,” jelas Davis.

Dengan adanya kontroversi tersebut, pihak Twitter akhirnya menguji cara baru bagi pengguna dalam mengunggah dan melihat gambar ukuran 4K.

Pengguna yang terlibat dalam uji coba bisa memperbarui pengaturan gambar berkualitas tinggi di halaman pengaturan dan tab Data Usage.

Sebelumnya Twitter telah memperkenalkan kemampuan menyediakan image dengan resolusi tinggi yang diunggah ke Twitter melalui web. Setelah pengujian yang dilakukan beberapa bulan, kini akhirnya resmi tersedia fitur 4K image di Twitter.

Pengaruh Positif Fitur Baru 4K

Bagi fotografer, fitur ini akan membantu mereka terhubung dan berbagi foto terbaik dengan followers mereka, bahkan selama pemotretan. Tak hanya fotografer, seniman pun dapat membagikan resolusi terbaik untuk ilustrasinya di platform.

Mungkin saja ada beberapa seniman yang tidak akan membagikan karya seni mereka dalam sosial media. Karena tak sedikit yang lebih memilih menyimpan gambar dengan resolusi penuh pada situs web ataupun platform premium.

Untuk pengguna biasa, fitur 4K image di Twitter bisa membantu mempromosikan aplikasi ini sebagai platform yang lebih baik. Bagi semua orang, kini dapat melihat konten orang lain dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Fitur 4K image di Twitter memberi dampak lebih besar terhadap penggunaan data ponsel, terlepas untuk mengunduh atau mengunggah foto. Hal ini karena resolusi foto yang didapat akan lebih besar dari sebelumnya.

Sehingga akan berpengaruh terhadap banyak sedikitnya kuota data yang anda gunakan. Adanya foto dan video di Twitter juga berpengaruh terhadap penggunaan data dapat terakumulasi dengan cepat.

Untuk anda yang mungkin mengharapkan perubahan pada Twitter, inilah waktu yang tepat. Anda bisa mencoba fitur 4K image di Twitter untuk mendapat dan mengunggah foto anda dengan resolusi terbaik.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top