You are here
Home > Relationship >

Ini Tanda Cemburu yang Berlebihan Dapat Membuat Hubungan Tidak Sehat

Ini Tanda Cemburu yang Berlebihan Dapat Membuat Hubungan Tidak Sehat
Bagikan Artikel Ini

Kadang-kadang lucu melihat pasangan cemburu. Ini dapat membuat Anda merasa betul-betul dicintai dan diharapkan, misalnya orang ini takut kehilangan. Tetapi, kecemburuan yang berlebihan atau terus-terusan jauh dari sehat dalam sebuah hubungan. Ini menunjukkan rasa tidak aman pada pihak orang yang cemburu. Ini barangkali terlihat romantis untuk sesaat, tetapi keinginan untuk bersama sepanjang waktu bisa menjadi racun dalam jangka panjang. Bagaimanakah tanda cemburu yang berlebihan?

Berikut ini adalah beberapa tanda cemburu yang berlebihan dapat membuat hubungan tidak sehat.

Ingin Bersama Pasangan Setiap Waktu

Merindukan pacar saat sedang tidak bareng merupakan hal yang wajar. Terlebih bila diri Anda telah terbiasa ada di dekat satu sama lainnya. Tetapi, lain halnya bila diri Anda ingin pasangan Anda sendiri seperti diri Anda tidak ingin ia mempunyai kehidupan di luar hubungan Anda.

Cinta Anda untuk pasangan Anda adalah egois bila diri Anda tidak ingin ia menjelajah cuma lantaran diri Anda takut kehilangan orang itu. Cinta sejati membiarkan seseorang untuk mendapatkan dirinya sendiri. Biarkan pacar Anda mengejar impian dan berjumpa orang baru. Bila pada akhirnya ia tetap bersama Anda, maka diri Anda pasti telah membuktikan cintanya kepada Anda.

Selalu Menanyakan Keberadaannya

Menelepon atau mengirim pesan pada pasangan setiap waktu setiap kali diri Anda tak bersama merupakan tanda lain dari kecemburuan yang tak sehat. Bila diri Anda selalu menjadi paranoid mengenai apa yang ia lakukan setiap saat ia tak kelihatan oleh Anda. Maka itu artinya diri Anda tidak betul-betul memercayainya. Memang hal ini amat tidak sehat sebab membuat Anda merasa khawatir.

Bila diri Anda selalu menanyakan rincian mengenai keberadaan dan aktivitas pasangan Anda, barangkali akan datang waktunya ia bosan dengan Anda. Pada ujungnya itu merupakan kesalahan Anda mengapa ia memilih untuk pergi.

Diri Anda Tak Mengizinkannya Keluar dengan Teman-temannya

Bila diri Anda tidak suka pasangan Anda bersama teman-temannya sebab takut ia menikmati dengan orang lain. Maka diri Anda amat cemburu. Bahkan diri Anda tidak lagi mengizinkannya untuk pergi dengan teman-temannya.

Diri Anda Tidak Ingin Pasangan Anda Berbicara dengan Lawan Jenis

Asal tahu saja pasangan Anda akan selalu dikelilingi oleh lawan jenis. Diri Anda tidak bisa menghentikannya untuk berjumpa orang baru, bekerja bersama mereka, atau berteman bersama orang baru. Juga tak sehat bagi pasangan Anda untuk menjauhi lawan jenis.

Bila cuma melihat pacar Anda berbicara dengan seseorang dari lawan jenis telah membuat Anda marah. Maka inilah waktunya untuk mengevaluasi diri sendiri. Apakah diri Anda menilainya sehat?

Selalu Menuduhnya Selingkuh

Bila diri Anda tak dapat menahan keinginan untuk menuduh pasangan Anda selingkuh, itu menandakan betapa cemburunya diri Anda. Diri Anda tidak dapat menyebut hubungan Anda sehat bila diri Anda selalu meragukan kesetiaan pacar Anda.

Ketidakpercayaan menjadi pertanda hubungan yang labil. Cinta tak dapat tercipta bila tak ada kepercayaan. Jadi, bila diri Anda tak dapat mempercayai pasangan Anda, diri Anda mesti bertanya pada diri sendiri apakah diri Anda masih ingin menjaga hubungan Anda.

Selalu Mengawasi Aktivitas Media Sosialnya

Tak masalah bila diri Anda dan pasangan membagikan kata sandi akun media sosial untuk keterbukaan. Tetapi, yang tak baik ialah bila diri Anda diam-diam mengawasi aktivitas media sosial pasangan Anda. Tak terkecuali siapa yang ia ikuti, komentari, maupun penelusuran terakhirnya.

Apabila diri Anda melakukan ini paranoia tengah menghinggapi dalam diri Anda. Diri Anda mesti berhenti melakukan ini sebab itu mengisi pikiran Anda dengan kedengkian, kecurigaan, dan keraguan. Ini tak akan menjadikan hubungan Anda berjalan lama.

Mengikuti Semua Orang yang Ada di Media Sosialnya

Ini pun adalah tanda paranoia. Bila diri Anda mengikuti setiap orang yang menanggapi atau mengomentari kiriman pacar Anda, itu artinya diri Anda meyakinkan diri sendiri kalau diri Anda tengah diselingkuhi. Itu akan membuat Anda curiga pada semua orang yang berkaitan dengan pasangan Anda. Diri Anda cuma menghamburkan energi untuk hal-hal yang tidak perlu.

Bila sesudah membaca tanda – tanda cemburu yang berlebihan di atas ditemui pada diri Anda, maka itu cemburu tidak sehat dan akan merusak hubungan. Untuk itu diri Anda perlu segera menyelesaikan masalah itu. Semuanya berakhir pada harga diri rendah yang menimbulkan rasa tak aman. Bila diri Anda merasa aman dengan diri sendiri, maka diri Anda tak akan iri pada siapapun maupun apapun.

Leave a Reply

Top