You are here
Home > Berita Nasional >

Wakil Gubernur DKI Jakarta Dan Prediksi Vaksin Corona

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, sumber gambar radardepok.com

Pojokjakarta.com (4 Juli 2020),Pemerintah kembali melaporkan perkembangan kasus Corona di Indonesia. Dilansir dari covid19.go.id (4 Juli 2020), Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 1.447 hari ini sehingga totalnya menjadi 62.142.  jumlah angka pasien sembuh dari COVID-19 hari ini bertambah 651. Total pasien yang sudah dinyatakan sembuh ada 28.219. Sementara itu, pasien yang meninggal bertambah 53, sehingga total menjadi 3.089.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memprediksi Indonesia mampu memproduksi massal vaksin corona dua sampai tiga tahun ke depan.  Dalam diskusi ‘Jelang Usai PSBB Transisi,Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tidak ingin berlebihan. Ahmad Riza Patria memprediksi  perlu waktu 1 sampai 2, bahkan 3, tahun Indonesia bisa mendapatkan vaksin yang dapat disuntikkan ke warga Indonesia.

Prediksi Wakil Gubernur DKI Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mencontohkan, jika vaksin sudah ditemukan dan pemerintah dapat melakukan vaksinasi 1 juta orang dalam sehari, akan dibutuhkan waktu kurang-lebih 1 tahun agar 270 juta penduduk Indonesia dapat divaksin.

Ahmad Riza Patria menyebutkan butuh proses panjang jika vaksin di suatu negara di belahan dunia itu ditemukan. Pertama, otoritas negara tersebut akan melakukan uji coba ke sejumlah orang dan itu sangat membutuhkan waktu yang panjang.  Uji coba sampel vaksin ke 100 ribu orang tentunya memakan waktu yang tidak sebentar. Ketika vaksin ditemukan pada suatu negara didunia, tentu perlu membuat pabrik vaksin yang tentu saja memerlukan waktu. Setelah membuat pabrik, harus produksi massal dan juga memerlukan waktu. Setelah produksi massal,perlu melakukan penyuntikan vaksin di negara yang bersangkutan terlebih dahulu dan tentu memerlukan waktu. Terus memproduksi lagi, memerlukan waktu, lalu baru bisa diekspor ke negara-negara lain.

Ahmad Riza Patria menghimbau warga menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Kuncinya adalah jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker. hal tersebut harus menjadi budaya kita yang baru.  Kita harus melaksanakan budaya baru tersebut. Tentu saja dirumah adalah tempat terbaik dalam menghindari virus corona.

Ahmad Riza Patria juga mengimbau warga yang tidak memiliki kepentingan aktivitas di luar rumah agar tetap berada di rumah. Tujuannya, mencegah penularan covid-19 di tengah masyarakat.

Apalagi sampai saat ini wilayah Jakarta belum bebas dari covid-19. Kasus covid-19 dilaporkan masih bertambah sesuai hasil “active case finding” yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Referensi

covid19.go.id

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

One thought on “Wakil Gubernur DKI Jakarta Dan Prediksi Vaksin Corona

Leave a Reply

Top