You are here
Home > Berita Nasional >

Panduan Traveling Low Budget Akhir Tahun ke Kawasan Negara ASEAN

Panduan Traveling Low Budget Akhir Tahun ke Kawasan Negara ASEAN
Bagikan Artikel Ini

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk merencanakan perjalanan, dan Negara-Negara di ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah destinasi yang populer dan terjangkau bagi para pelancong. Namun bagaimanakah cara melakukan traveling low budget akhir tahun ke negara-negara ASEAN?

Nah, bagi mereka yang ingin menjelajahi negara-negara indah di kawasan ini dengan anggaran yang lebih rendah, berikut adalah beberapa tips traveling low budget akhir tahun ke negara ASEAN.

Pilih Tujuan yang Terjangkau

Salah satu kunci untuk perjalanan hemat adalah memilih tujuan yang sesuai dengan anggaran Anda. Beberapa negara di ASEAN, seperti Vietnam, Kamboja, dan Indonesia, seringkali lebih terjangkau daripada negara-negara lain di kawasan ini. Hindari tujuan yang sangat populer dan mahal seperti Singapura dan Brunei jika Anda memiliki anggaran yang ketat.

Perencanaan Awal

Merencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari dapat membantu Anda menemukan penawaran terbaik pada tiket pesawat, akomodasi, dan aktivitas. Booking tiket dan akomodasi jauh-jauh hari bisa menghemat uang, terutama saat periode liburan akhir tahun yang sibuk. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan promo dan penawaran khusus.

Fleksibilitas Jadwal

Jika Anda memiliki fleksibilitas dalam jadwal perjalanan Anda, cobalah mencari tiket pesawat atau akomodasi di luar periode puncak. Tiket pesawat pada hari kerja seringkali lebih murah daripada akhir pekan atau saat liburan. Selain itu, hindari perjalanan pada tanggal-tanggal khusus seperti Natal dan Tahun Baru ketika tarif cenderung lebih tinggi.

Gunakan Transportasi Lokal

Selama perjalanan Anda di negara ASEAN, manfaatkan transportasi lokal seperti bus, kereta api, dan tuk-tuk. Transportasi lokal seringkali lebih terjangkau daripada taksi atau transportasi pribadi. Anda juga dapat menjelajahi kota dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda jika itu merupakan pilihan yang memungkinkan.

Cari Akomodasi Terjangkau

Pilih akomodasi yang sesuai dengan anggaran Anda. Anda tidak selalu perlu menginap di hotel berbintang lima; banyak destinasi di ASEAN memiliki hostel, guesthouse, atau homestay yang bersih dan nyaman dengan harga yang lebih terjangkau. Gunakan situs web perbandingan harga untuk mencari akomodasi yang sesuai dengan anggaran Anda.

Cicipi Makanan Lokal

Salah satu hal terbaik tentang bepergian ke negara ASEAN adalah makanan lokal yang lezat dan terjangkau. Cobalah makanan lokal di warung pinggir jalan atau pasar malam untuk pengalaman kuliner yang autentik dan hemat. Hindari makan di restoran mewah yang seringkali lebih mahal.

Jelajahi Wisata Gratis

Beberapa atraksi wisata di negara-negara ASEAN adalah objek wisata gratis atau memiliki biaya masuk yang sangat rendah. Manfaatkan kesempatan ini untuk menjelajahi situs budaya dan alam yang menakjubkan tanpa menguras anggaran Anda. Jangan lupa membawa air minum dan perbekalan sendiri untuk menghemat uang.

Rencanakan Aktivitas Gratis

Selama perjalanan Anda, cari tahu tentang acara-acara dan aktivitas gratis yang mungkin berlangsung di daerah tersebut. Banyak kota di negara ASEAN menawarkan pertunjukan seni, festival, dan pameran yang bisa Anda nikmati tanpa biaya tambahan. Informasi tentang acara-acara ini biasanya tersedia di pusat informasi wisata setempat.

Pertimbangkan Kartu Transportasi

Di beberapa negara ASEAN, Anda dapat memanfaatkan kartu transportasi seperti kartu bepergian umum atau kartu wisata. Kartu-kartu ini seringkali memberikan diskon untuk transportasi dan beberapa atraksi wisata, sehingga dapat membantu Anda menghemat uang.

Penuhi Kebutuhan Dasar

Jangan lupa membawa kebutuhan dasar seperti obat-obatan, perlengkapan kesehatan, dan perlengkapan pribadi Anda dari rumah. Membeli barang-barang ini di luar negeri bisa lebih mahal dan menguras anggaran Anda.

Dengan merencanakan perjalanan Anda dengan bijak dan mengikuti tips traveling low budget, Anda dapat menjelajahi negara-negara ASEAN pada akhir tahun tanpa merusak anggaran Anda. Jangan ragu untuk menjelajahi destinasi menarik dan budaya yang beragam yang ditawarkan oleh kawasan ini dengan cara yang hemat dan memuaskan.

Leave a Reply

Top