You are here
Home > Berita Nasional >

Komnas PA Tegur Ria Ricis Agar Jangan Eksploitasi Anak Hanya untuk Konten

Komnas PA Tegur Ria Ricis Agar Jangan Eksploitasi Anak Hanya untuk Konten
Bagikan Artikel Ini

Komnas PA tegur Ria Ricis atas aksinya dalam membuat konten. Pasalnya beberapa waktu yang lalu Ria Ricis dan Teuku Ryan jadi sorotan warganet karena mengajak sang buah hati bernama Cut Raifa Aramoana untuk bermain mengendarai jet ski.

Ketika itu Moana tidak memakai life jacket seperti yang dipakai oleh kedua orangtuanya. Hal itulah yang lantas mengundang kritik dari warganet. Kecuali dari warganet, kritikan pun datang dari Komnas Perlindungan Anak, yakni Arist Merdeka Sirait.

Komnas PA Tegur Ria Ricis

Arist Merdeka Sirait di Kanal YouTube pribadinya menyatakan bahwa pada dasarnya, semua anak punya hak untuk bermain-main, rekreasi ataupun menikmati keindahan alam. Namun Ketua Komnas PA tersebut amat menyayangkan aksi yang telah dilakukan oleh Ria Ricis yang mengabaikan keselamatan anaknya dengan tidak memasang pengaman pada Moana.

“Anak mesti benar-benar dijaga keselamatannya. Yang saat ini viral adalah ibu Ria Ricis mengajak putrinya Moana yang masih berusia 5 bulan itu naik jet ski. Saya melihat tayangannya saja itu saya sudah takut,” ujarnya.

Arist Merdeka Sirait berujar,”Sebagai seorang ibu seharusnya Ria Ricis sadar kalau naik jet ski adalah salah satu aktivitas yang terbilang ektrem.  Apalagi sembari membawa anak, pengendara jet ski semestinya meningkatkan keamanan diri sebab dimungkinkan akan terjadi kecelakaan.”

Komnas PA tegur Ria Ricis berharap Ria Ricis dapat berhenti untuk menjadikan Moana sebagai objek pembuatan konten YouTube-nya. Beliau wanti-wanti agar Ria Ricis tidak mengeksploitasi anak cuma untuk kebutuhan konten. Anak memang berhak untuk mendapatkan rekreasi, tetapi jika cuma berniat untuk meningkatkan konten, itu termasuk eksploitasi.

Ulah sang YouTuber mengajak serta sang buah hati mengendarai jet ski tanpa pengaman yang telah tayang pada 2 Januari 2023  lalu itu viral di media sosial. Istri Teuku Ryan tersebut menuai banyak kritik karena aksinya memang membahayakan putrinya sendiri melalui pembuatan konten itu.

Walau mendapat banyak kritik serta peringatan dari warganet, namun ia tetap pada keyakinannya jika keputusan mengajak Moana naik jet ski telah ia pertimbangkan secara matang.

Ria Ricis Tuai Cibiran Setelah Ajak Moana Naik Jetski

Ria Ricis bersama dengan keluarga beserta tim kreasinya beberapa waktu lalu sedang menikmati liburan di Bali. Laut merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang jadi incarannya. Tetapi Ria Ricis dan sang suami Teuku Ryan, malah menjadi sorotan publik karena  mereka mengajak buah hati mereka yang baru berumur 5 bulan untuk naik jetski.

Dalam unggahan video di channel YouTube-nya, Ria Ricis menyatakan ini merupakan  pertama kalinya ia mengajak sang buah hati, Cut Raifa Aramoana yang masih berumur 5 bulan naik jetski.

“Ini pertama kalinya Moana naik jetski lho. Ada enggak ya anak usia lima bulan naik jetski? Ada kali yaaa. Kita cobain yaaa,” ujar Ria Ricis.

Rupanya sebelumnya Ria Ricis juga telah menduga bila aksinya itu akan menuai sorotan. Malahan ia sempat memperkirakan komentar-komentar apa saja yang akan diterimanya nanti usai dilakukan.

Wargenet amat menyayangkan sekali aksi yang dilakukan oleh Ria Ricis tersebut. Ketika awal menaiki jetski, Moana memang sempat juga dikenakan pelampung. Tetapi setelah itu pelampungnya malah dilepas.

Bukan cuma naik jetski, Ria Ricis pun sempat mengajak Moana untuk berenang di laut. Ria Ricis melalui akun Instagram pribadinya mengucapkan terima kasih atas nasihat yang telah diberikan kepadanya. Ria Ricis menulis,“Auncle, terima kasih yaaa atas segala saran dan masukannya.”

Leave a Reply

Top