You are here
Home > Relationship >

5 Sikap Toxic Pada Diri Sendiri yang Sering Tak Disadari

5 Sikap Toxic Pada Diri Sendiri yang Sering Tak Disadari
Bagikan Artikel Ini

Sadarkah Anda? Ternyata ada sejumlah perilaku kita yang nyatanya toxic pada diri sendiri. Misalnya merasa kesulitan melihat kelebihan yang ada pada diri sendiri. Perilaku seperti ini tergolong kategori toxic pada diri sendiri dan mesti secepatnya dihentikan. Karena bila terus-terusan dilakukan, kebiasaan ini bisa berpengaruh pada kesehatan mental.

Anda perlu tahu terlebih dahulu tentang perilaku toxic pada diri sendiri yang barangkali tidak sadar kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, Anda pun perlu mengubahnya dengan kebiasaan lain yang pastinya lebih baik. Lalu, apa saja sikap yang tergolong toxic pada diri sendiri?

1. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Salah satu sikap toxic pada diri sendiri yang pertama adalah kerap membandingkan pencapaiannya dengan orang lain. Di mana hal itu dapat menyebabkan diri merasa tertekan. Padahal merupakan hal yang lazim bila setiap orang mempunyai jalan hidup yang berbeda.

Alangkah baiknya ubahlah kebiasaan itu dengan hal yang lebih berguna supaya diri menjadi lebih baik. Contohnya membandingkan diri Anda di hari ini dan kemarin. Ini dapat menjadi bahan perenungan supaya Anda dapat selalu bersyukur dan semakin baik setiap harinya.

2. Berusaha Memuaskan Semua Orang

Disukai banyak orang merupakan salah satu nilai tambah untuk seseorang. Tetapi Anda akan lelah bila selalu berusaha untuk menyenangkan semua orang demi memperoleh nilai tambah itu. Padahal Anda tak perlu memuaskan semua orang. Anda dapat menggantinya dengan melakukannya bagi mereka yang penting dan berarti dalam hidup Anda sebagai solusinya.

3. Hanya Fokus pada Kekurangan Diri

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Tetapi bila selama ini Anda cuma fokus pada kekurangan diri saja berarti Anda sudah bersikap toxic pada diri sendiri. Salah satu wujud mencintai diri sendiri ialah berusaha menerima kekurangan diri. Jadi mulai saat ini, cobalah fokus dan mengembangkan kelebihan yang Anda miliki.

4. Terlampau Berharap Orang Lain Akan Berubah Selaras Keinginan Kita

Dalam hubungan asmara atau pertemanan tentunya kita akan menemui kekurangan dari orang lain. Sering, barangkali Anda cenderung ingin kekurangan itu dapat berubah. Meskipun tujuannya baik, tetapi tak semua orang dapat semudah itu menerima saran yang diberikan. Tanpa disadari kadang-kadang hal itulah yang menimbulkan keretakan sebuah hubungan.

Karena walau bagaimana pun Anda tak dapat terus menuntut supaya orang lain berubah seperti harapan Anda. Sebaliknya Anda perlu belajar untuk menerima dan mengoptimalkan keadaan. Atau Anda pun bisa  mencari orang lain yang sehaluan dengan Anda.

5. Dihantui Overthinking

Tidak sedikit orang yang memandang overthinking merupakan suatu hal yang biasa. Tetapi sebetulnya ada berbagai dampak buruk yang diam-diam tengah mengintai. Kebiasaan itu dapat  mencegah Anda dalam membuat keputusan penting dan menyebabkan Anda  kurang dapat menikmati momen sekarang.

Overthinking pun amat menguras tenaga sebab untuk mengatasi stres harian yang sedang dialami. Anda perlu memahami bahwa ada hal yang dapat dikendalikan dan di luar kendali Anda. Anda dapat mulai untuk berfokus terhadap hal-hal yang dapat Anda kontrol.

Demikianlah beberapa sikap yang ternyata toxic pada diri sendiri. Anda pernah melakukannya? Atau sekarang Anda tengah melakukannya? Alangkah baiknya segera hentikan supaya hidup Anda lebih tenang dan bahagia!

Leave a Reply

Top