You are here
Home > Berita Nasional >

6 Bahaya Hubungan LDR Tanpa Komunikasi

6 Bahaya Hubungan LDR Tanpa Komunikasi
Bagikan Artikel Ini

Menjalankan hubungan jarak jauh atau umum disebut LDR (Long Distance Relationship) dipercaya memang tidak selamanya mudah. Tetapi, bukan berarti tak ada pasangan yang sukses dan bahagia menjalani LDR. Salah satu poin utama ketika menjalani hubungan jarak jauh ialah komunikasi. Jarak sejauh apa saja, semestinya tidak menyebabkan komunikasi sepasang kekasih menjadi terhambat. Sebaliknya, hubungan LDR tanpa komunikasi tentunya dapat menimbulkan beragam persoalan dalam hubungan. Lalu, apa sajakah bahaya hubungan LDR yang jarang melaksanakan komunikasi?

Berikut ini 6 bahaya hubungan LDR tanpa komunikasi yang mesti diketahui dan diantisipasi sejak dini.

1. Tidak Mengetahui Karakter Pasangan

Komunikasi yang tidak lancar dapat dicirikan dengan hubungan yang jarang bertukar cerita kehidupan setiap hari bersama pasangannya. Bila hal ini berlangsung terus-menerus, maka susah untuk sepasang kekasih buat saling mengenali satu sama lainnya. Anda dan pasangan tidak dapat saling mengetahui karakter masing-masing secara lebih intens. Padahal mengetahui karakter pasangan adalah hal utama yang merupakan salah satu faktor keberhasilan sebuah hubungan.

2. Enggan Mengungkapkan Apa yang Diinginkan

Tiap-tiap hubungan pasti ada yang namanya menerima dan memberi. Meminta sesuatu hal kepada pasangan memang tak dilarang, asal saja permintaan tersebut masih dalam batas wajar. Tetapi komunikasi yang terbatas umumnya akan menyebabkan Anda atau pasangan menjadi merasa enggan untuk mengungkapkan apa yang tengah diingini. Bila hal ini timbul, maka kalian menjadi tak tahu apa yang sesungguhnya diingini oleh pasangan.

3. Tujuan Hubungan Menjadi Tidak Jelas

Setiap pasangan tentunya mesti mempunyai tujuan yang jelas, yakni menuju pada hubungan yang serius dan resmi seperti halnya pernikahan. Hal ini berlaku juga untuk pasangan yang menjalani LDR. Minimnya komunikasi dapat menjadikan Anda dan pasangan jarang membahas berbagai hal yang serius guna menuju masa depan.

Akhirnya hubungan menjadi tidak jelas tujuannya akan ke arah mana. Bahkan salah satunya bisa jadi akan merasa digantung sebab tak ada kejelasan lagi dalam hubungan. Bila hal itu dibiarkan demikian saja, maka hubungan yang selama ini dibangun dapat berakhir percuma.

4. Tidak Dekat Secara Emosional

Lantaran dipisahkan oleh jarak, maka pertemuan dengan pasangan menjadi lebih jarang dilakukan. Walau demikian, Anda tetap dapat dekat secara emosional dengan pasangan bila mempunyai komunikasi yang baik. Dengan seringnya berkomunikasi, Anda dapat mengenal lebih dekat hobi dan makanan kesukaan, masalah yang dihadapi, karakter pasangan atau hal-hal simpel lainnya.

Sebaliknya, tanpa adanya komunikasi yang baik, Anda pasti tidak dapat merasa dekat secara emosional bersama pasangan. Hal ini lumayan berbahaya sebab Anda atau pasangan kelak dapat merasa tak ada jalinan yang kuat dalam hubungan.

5. Ada Perasaan ‘Tidak Diinginkan’

Kian jarang menghubungi pasangan, maka mungkin ia akan kian merasa terabaikan. Bila tetap diabaikan, maka bukan mustahil ia akan merasa bahwa Anda tak lagi mengharapkannya, demikian juga sebaliknya. Bila perasaan itu muncul, maka Anda dan pasangan akan merasa tak nyaman dalam menjalani hubungan.

6. Muncul Potensi Perselingkuhan

Tidak sedikit faktor yang mengakibatkan timbulnya perselingkuhan. Salah satu diantaranya adalah lantaran kurangnya komunikasi dengan pasangan. Jarang berkomunikasi dengan pasangan akan menjadikannya merasa tak memperoleh perhatian serta kasih sayang. Sehingga pasangan Anda bisa saja tergoda untuk menjalani hubungan dengan orang lain yang dapat memberikan perhatian lebih sehingga berakhir timbulnya perselingkuhan.

Itu dia 6 bahaya hubungan LDR tanpa komunikasi yang mesti dijauhi. Nyatanya ada banyak  bahaya yang mengincar bila komunikasi Anda dan pasangan berlangsung kurang baik. Oleh sebab itu, tidak boleh anggap enteng komunikasi sebab menjadi kunci utama untuk keberhasilan sebuah hubungan. Lekas perbaiki komunikasi dengan pasangan supaya beberapa hal tersebut tak timbul pada hubungan Anda dan kekasih tersayang.

Leave a Reply

Top