You are here
Home > Olah Raga >

Berikut Ini Beberapa Manfaat Jalan Cepat Bagi Tubuh

Berikut Ini Beberapa Manfaat Jalan Cepat Bagi Tubuh
Bagikan Artikel Ini

Manfaat jalan cepat ternyata sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Olahraga ini adalah jenis olahraga yang termasuk ringan dan mudah dilakukan. Selain itu, olahraga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh serta dapat menurunkan berat badan yang berlebihan. Kunci untuk melakukan jalan cepat adalah mempertahankan kecepatan saat berjalan dari start pertama sampai finish.

Agar dapat mengontrol kecepatan saat melakukan jalan cepat, cobalah untuk berjalan sambil berbicara. Apabila Anda masih bisa berbicara dengan nada standar maka Anda sedang berjalan dalam tempo sedang atau standar seperti awal start.

Inilah Manfaat Jalan Cepat Bagi Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan

Selain mudah untuk dilakukan. Ada berbagai manfaat yang didapat oleh tubuh saat melakukan olahraga jalan cepat. Lalu, manfaat apakah yang didapat saat melakukan jalan cepat? Simak berbagai macam manfaat olahraga jalan cepat ada di bawah ini.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Melakukan olahraga jalan cepat setiap hari, dapat mengurangi berat badan yang berlebihan. Olahraga seperti ini dapat membakar banyak kalori juga meningkatkan massa otot tanpa lemak. Ini adalah solusi diet sehat untuk Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Memperbaiki Kesehatan Jantung

Banyak berbagai penelitian kesehatan mengatakan bahwa manfaat jalan cepat bila dilakukan 5 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Olahraga ini dikatakan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah bila melakukannya secara rutin.

Menurunkan Tekanan Darah

Untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, agar tekanan darah menjadi lebih normal sebaiknya untuk melakukan olahraga ini. Karena dengan melakukan olahraga jalan cepat secara terus-menerus dapat menurunkan tekanan darah secara alami. Namun, pastikan untuk memadukan olahraga ini dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Menurunkan Kadar Gula di Dalam Darah

Olahraga ini juga direkomendasikan untuk para orang yang sudah berumur. Karena biasanya orang yang sudah berumur  lebih rentan terhadap penyakit gula atau sering disebut diabetes. Maka dari itu, agar mengurangi tingkat resiko terkena penyakit gula darah atau diabetes sebaiknya dianjurkan untuk melakukan olahraga ini secara rutin.

Dapat Dilakukan Sembari Melakukan Aktivitas Lain

Anda tidak perlu menentukan jadwal untuk melakukan olahraga ini. Karena Anda dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun. Seperti saat mau pergi berbelanja di pasar, Anda dapat melakukan aktivitas ini sembari berjalan ke pasar, mudahkan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan aktivitas ini.

Dapat Mengurangi Nyeri Sendi

Selain hal-hal di atas, manfaat jalan cepat juga berpengaruh dalam mengurangi nyeri sendi. Nyeri sendi merupakan hal yang sangat menyebalkan. Maka dari itu, agar dapat mencegah terjadinya nyeri sendi, terutama nyeri pada pinggul dan lutut bisa Anda lakukan dengan cara rutin berjalan cepat. Hal ini sangat penting agar memperkuat otot-otot sekitar sendi.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top