You are here
Home > Berita Nasional >

6 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Supaya Tetap Mesra

6 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Supaya Tetap Mesra
Bagikan Artikel Ini

Menjaga keharmonisan adalah salah satu faktor utama dalam hidup rumah tangga. Tentunya, hal itu dapat direalisasikan dengan bekerja sama dan menanggung tanggung jawab bersama pasangan. Menjaga keharmonisan rumah tangga benar-benar bukanlah hal yang gampang untuk dilakukan. Bahkan ternyata tidak sedikit permasalahan dalam rumah tangga yang datangnya tanpa diundang. Keharmonisan yang berkurang bisa menyebabkan masalah dalam rumah tangga jadi menumpuk. Sering berakhir pada perceraian. Lalu, bagaimanakah cara menjaga keharmonisan rumah tangga guna mengurangi pertengkaran?

Bagi Anda yang telah berumah tangga, ini dia 6 cara menjaga keharmonisan rumah tangga untuk meredam pertengkaran supaya tetap mesra.

1. Saling Memahami Satu Sama Lainnya

Penyebab paling biasa timbulnya permasalahan dalam rumah tangga adalah kurangnya sikap saling memahami satu sama lainnya. Oleh sebab itu, perlu untuk suami dan istri guna saling mengerti supaya keharmonisan dalam rumah tangga tetap terjaga. Hal itu berlaku di beragam keadaan, seperti suami dapat melakukan tugas lainnya semisal membersihkan rumah atau menjaga anak ketika istri tengah memasak.

Di samping itu, ketika suami baru pulang kerja, istri dapat menyambutnya, membuatkan minum, dan menyiapkan baju sesudah mandi. Dengan saling mengerti satu sama lainnya, keharmonisan dalam rumah tangga dapat selalu terjaga.

2. Saling Percaya dan Tidak Mudah Berprasangka

Mudah berprasangka buruk terhadap pasangan bisa merusak keharmonisan rumah tangga. Acapkali pasangan memendam rasa curiga yang berlebihan membuat pasangannya merasa kurang nyaman dan berujung pada perselisihan. Oleh sebab itu, hendaknya kuatkan  sikap saling percaya dan tak gampang mencurigai pasangan.

Membangun kepercayaan bagi pasangan memang bukanlah hal yang enteng, tetapi sikap saling percaya inilah yang akan menjadikan rumah tangga selalu harmonis. Dengan selalu berpikir positif mengenai pasangan Anda, keharmonisan rumah tangga akan selalu terjaga. Hal inipun bisa membantu mencegah konflik dalam pernikahan.

3. Selalu Menjaga Komunikasi dengan Baik

Komunikasi ikut menjadi rahasia keberhasilan dalam rumah tangga. Senantiasa memelihara hubungan dan mengabari ketika sedang tidak bersama bisa menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Jarang berkomunikasi bisa membuat pasangan suami istri mudah mengalami kesalahpahaman. Hal itu bisa menyulut prasangka buruk dan berakhir pada perselisihan. Maka dari itu, biasakan untuk rutin berkomunikasi walau cuma sekadar saling memberikan kabar.

4. Tidak Menyimpan Rahasia dan Sikap Saling Terbuka

Sebaiknya, hindari  menyimpan rahasia dari pasangan bila ingin rumah tangga selalu harmonis. Cobalah untuk berterus terang dan bersikap saling  terbuka pada pasangan. Menyimpan rahasia bisa menjadikan pasangan gampang merasa curiga dan berburuk sangka.

Bila Anda mempunyai masalah, beritahukanlah pada pasangan. Disamping bisa membantu memudahkan mengatasi masalah, pasangan akan merasa diperlukan. Bila ada sesuatu yang ganjil diantara pasangan, hendaknya lekas bicarakan berdua dan utarakan apa yang tengah dirasakan. Hal ini bisa membantu mengerti satu sama lain.

5. Menyediakan Waktu Bersama

Cara menjaga keharmonisan rumah tangga berikutnya ialah terbiasa menyediakan waktu bersama. Walau sibuk dengan pekerjaan, keluarga mesti tetap jadi prioritas nomor satu. Sediakan waktu di kala weekend untuk pergi bersama bareng dengan keluarga. Anda dapat mengoptimalkan hari libur dengan travelling ke tempat wisata terdekat. Bila tidak ada objek wisata terdekat yang dapat didatangi, Anda dapat melakukan aktivitas menyenangkan selama di rumah.

6. Jauhi KDRT

Beberapa waktu lalu, kasus KDRT di Indonesia naik cukup tajam. Hal ini lumayan memprihatinkan mengingat KDRT adalah tindak kekerasan dalam rumah tangga yang bisa dipastikan akan menyulut perceraian. Sebesar apa saja masalahnya jauhi melakukan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang bisa berakhir pada perceraian. Hendaknya bicarakan baik-baik dengan pasangan untuk menemukan jalan damai.

Itulah 6 cara menjaga keharmonisan rumah tangga yang dapat Anda lakukan. Pernikahan adalah jalinan sakral yang telah semestinya dijaga dengan baik oleh suami dan istri. Jauhi berbagai hal yang bisa mendorong timbulnya perselisihan.

Leave a Reply

Top