You are here
Home > Relationship >

Akibat Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Bisa Berakibat Fatal!

Akibat Cemburu Berlebihan pada Pasangan Bisa Berakibat Fatal
Bagikan Artikel Ini

Akibat cemburu berlebihan akan berakibat tidak baik karena dapat menimbulkan hubungan menjadi berantakan atau bahkan berujung perpisahan. Memang sesuatu hal yang wajar jika dalam sebuah hubungan itu terdapat rasa cemburu.

Karena ada istilah bahwa cemburu itu tanda cinta dan marah itu berarti sayang. Namun jangan sampai salah pemikiran, karena rasa cemburu yang berlebihan akan tidak baik untuk hubungan.

Inilah Akibat Cemburu Berlebihan yang Bisa Merusak Hubungan

Cemburu merupakan emosi yang normal dan memang siapa saja bisa merasakan hal seperti itu. Tetapi jika rasa cemburu justru tumbuh menjadi perasaan yang tidak rasional, maka akan menyebabkan rIsiko.

Ada yang mengatakan jika cemburu merupakan bumbu dalam sebuah hubungan yang manusiawi. Pasalnya perasaan ini bisa saja muncul karena seorang yang kita cintai lebih mementingkan atau malah memiliki rasa kepada orang lain.

Memang sesuatu hal yang wajar, namun jika itu kita lakukan secara berlebihan justru akan sangat membahayakan hubungan. Lalu apa saja akibatnya? Berikut penjelasannya!

Merusak Hubungan

Akibat cemburu berlebihan yang pertama seperti penjelasan sebelumnya tadi, bahwa bisa berpengaruh merusak hubungan. Memang menjalin sebuah hubungan bersama pasangan yang mudah cemburu itu sedikit susah.

Bahkan baru jalan bersama teman sejenisnya sudah dicurigai begitu saja padahal kenyataannya memang teman biasa. Cemburu itu memang boleh, asalkan ada batas wajarnya juga.

Jika hal seperti ini sampai keterlaluan, tentunya hal ini bisa memicu terjadinya pertengkaran dalam sebuah hubungan. Hingga berakibat hubungan tersebut putus karena terdapat rasa cemburu berlebihan pada pasangan tersebut.

Merusak Kepercayaan

Akibat cemburu berlebihan selanjutnya adalah bisa memicu atau menyebabkan rasa kepercayaan antara pasangan hilang. Misalnya saja kamu merasa sangat percaya terhadap pasangan, namun perlahan akan hilang begitu saja.

Mengapa ini bisa terjadi? Sebab kamu diselimuti rasa cemburu yang berlebihan terhadap pasangan mu itu. Bisa kita katakan bahwa cemburu berlebihan dapat menjadi kecurigaan pada pasangan pula.

Membuat Gagal Fokus

Akibat cemburu berlebihan akan membuat kamu menjadi hilangnya daya ingat atau gagal fokus. Jika kamu cemburu, pastinya semua pikiran akan selalu terisi dengan hal-hal yang tidak benar tentang pasanganmu.

Jika terus berlangsung, maka hal seperti ini akan membuatmu merasa gagal fokus dan tIdak bisa berkonsentrasi lagi. Apalagi ketika kamu sedang sekolah atau bekerja, maka semuanya akan terganggu akibat pikiran itu.

Merusak Komunikasi

Seseorang dengan cemburu keterlaluan maka akan merusak komunikasi antar pasangan. Bahkan dengan masalah yang sepele justru mereka akan mengacuhkan hal tersebut dan tidak pernah berkomunikasi.

Akibat cemburu berlebihan seperti ini jika kelamaan terus dibiarkan begitu saja, maka akan merusak hubungan juga. Sebab karena tidak adanya komunikasi dan saling menyapa, maka hubungan rasanya seperti tidak berguna.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top