You are here
Home > Berita Nasional >

Pulau Kanawa, Pulau Damai yang Penuh Keajaiban di Labuan Bajo

Pulau Kanawa Pulau Damai yang Penuh Keajaiban di Labuan Bajo
Bagikan Artikel Ini

Pulau Kanawa terletak tidak demikian jauh dari Pulau Rinca dan Pulau Komodo serta masih dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Walau tidak begitu besar yakni cuma berukuran kira-kira 32 hektar, tetapi daya tarik pulau ini tidak dapat dianggap sepele.

Demikian tiba di sini, Anda akan disambut oleh hamparan pantai yang masih asri dengan air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Ditambah pemandangan pulau-pulau sekitarnya yang indah, terumbu karangnya yang beraneka warna, serta suara alam yang menenteramkan. Cocok sekali untuk Anda yang ingin memperoleh ketenangan dan kedamaian.

Cara Menuju Lokasi

Pulau Kanawa bisa dicapai dengan gampang dari Labuan Bajo sebab jaraknya yang cuma kira-kira 15 kilometer. Langkah yang pertama, Anda mesti mendarat terlebih dulu di Bandara Komodo di Labuan Bajo. Setelah itu Anda dapat meneruskan perjalanan dengan speedboat selama kira-kira 1 jam perjalanan.

Di pulau ini pun ada resort bernama Kanawa Beach Resort. Bagi Anda yang menginap di resort ini, maka Anda akan memperoleh layanan antar-jemput perahu gratis. Setiap hari shuttle boat ini berangkat dari Labuan Bajo menuju ke Pulau Kanawa pada pukul 12.00 WITA. Sementara itu kapal yang akan membawa Anda kembali ke Labuan Bajo berangkatnya pukul 08.00 WITA. Tarif naik kapalnya sekitar Rp400.000-Rp500.000/kapal dengan harga tiket masuk sebesar Rp100.000/kapal.

Aktivitas di Pulau Kanawa

Anda telah siap untuk bersenang-senang dan bersantai di pulau ini? Inilah dia beberapa aktivitas seru yang dapat Anda lakukan selama di Pulau Kanawa.

Snorkeling dan Diving

Ketika pertama kali sampai di dermaga, Anda pasti langsung terpukau dengan air jernih yang berwarna biru kehijauan di sini. Mari persiapkan baju renang dan perlengkapan snorkeling atau diving Anda, ini waktunya untuk mengeksplor keindahan bawah laut Pulau Kanawa.

Dunia bawah laut yang mengitari Pulau Kanawa memang terkenal sebagai salah satu spot diving paling baik di Taman Nasional Komodo. Di sini Anda dapat melihat dan bertemu makhluk laut yang indah. Seperti pari manta, kepiting, bintang laut, ribuan ikan kecil, terumbu karang, dan banyak lagi. Tentunya akan menjadi pengalaman menakjubkan yang tidak terlupakan.

Mendaki Puncak Bukit

Di tengah pulau ini ada sebuah bukit yang cukup mudah buat didaki. Anda cuma perlu melakukan sedikit trekking dan selanjutnya Anda akan disuguhi dengan pemandangan laut dan pulau-pulau indah sejauh mata Anda memandang. Ini tentunya akan menjadi lokasi terbaik untuk berfoto ataupun cuma sekadar melihat-lihat.

Bermain dan Bersantai di Pantai

Selama ada di Pulau Kanawa, ini waktunya untuk melupakan sebentar beban yang ada. Juga menyempatkan waktu untuk berleha-leha di pantai berpasir putih. Saat itu juga pikiran Anda akan terasa lebih tenteram dan merasa lebih tenang.

Nah bagi Anda yang berkunjung ke pulau ini bareng anak-anak, ini merupakan spot terbaik yang membuat mereka senang. Bermain air, berlari bebas di pantai, dan bisa jadi mencoba membuat istana pasir, tentunya jadi momen yang seru.

Melihat Pemandangan Sunset

Sesudah sepanjang hari beraktivitas, tidak ada hal yang paling berkesan kecuali duduk-duduk di pantai dan melihat fenomena matahari tenggelam. Langit biru akan pelan-pelan tergantikan dengan cahaya jingga yang menyajikan kesan hangat. Ini akan jadi momen paling berkesan bagi Anda selama di Pulau Kanawa.

Mengunjungi Pulau Kanawa untuk liburan sepertinya gagasan yang baik sekali. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau ini umumnya pada Bulan Juni sampai Agustus atau ketika hujan sudah jarang turun.

Leave a Reply

Top