You are here
Home > Berita Nasional >

Goa Batu Cermin di Labuan Bajo yang Mempesona

Goa Batu Cermin Labuan Bajo
Bagikan Artikel Ini

Keindahan Labuan Bajo menjadikan tempat tujuan wisata ini wajib masuk ke dalam daftar keinginan Anda. Banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan di salah satu kota di Nusa Tenggara Timur ini seperti melihat kemegahan alamnya. Salah satu tempat di Labuan Bajo yang menarik untuk dikunjungi adalah Goa Batu Cermin.

Destinasi wisata ini ada di bawah air selama seribu tahun. Apa yang dapat Anda temukan di dalam goa ini? Berada di Wae Sambi, Labuan Bajo, Goa Batu Cermin adalah goa dengan luas sekitar 19 hektar dan tingginya 75 meter. Dijuluki batu cermin atau mirror stone sebab dindingnya bisa memantulkan sinar matahari yang masuk ke dalam goa seperti cermin.

Menariknya, para wisatawan tidak perlu mempunyai keahlian khusus seperti menuruni tebing guna mengeksplor goa ini. Sebab jalan setapak di sepanjang Goa Batu Cermin gampang diakses untuk semua orang.

Cara Menuju ke Goa

Goa ini berada di jantung Labuan Bajo dan bisa diakses dengan mudahnya menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor. Dari Bandara Internasional Komodo, perjalanannya cuma membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Jadi, mengunjungi tempat wisata ini secara langsung sesudah mendarat di Labuan Bajo merupakan gagasan yang bagus.

Lokasi Goa

Setiba di lokasi, jarak dari area parkir ke pintu masuk Goa Batu Cermin kira-kira 300 meter. Apabila Anda ingin masuk ke dalam, para pengunjung mesti didampingi oleh pemandu wisata yang akan memberitahukan jalan masuk. Pemandu pun akan menerangkan lebih jauh mengenai sejarah dan keadaan goa sekarang.

Setiap tur umumnya berlangsung kira-kira 30 menit dan jumlah pengunjung maksimal dalam satu kelompok adalah 10 orang. Pembatasan ini dilakukan untuk menjamin adanya ruang yang cukup untuk setiap orang di dalam goa tersebut. Di dalam goa ini Anda akan bertemu dengan berbagai jenis hewan, seperti burung, babi hutan, dan monyet.

Keadaan di dalam Goa

Ketika memasuki goa Anda akan memperoleh helm yang mesti digunakan untuk melindungi kepala. Disamping itu, pengunjung pun disarankan untuk menyalakan senter sebab tak ada cahaya tambahan kecuali sinar matahari alami.

Di dalam goa, Anda akan menyaksikan stalaktit dan stalagmit yang tergantung indah di dinding-dinding goa. Di samping itu, ada pula fosil-fosil makhluk laut seperti penyu dan terumbu karang.

Anda tahu tidak? Goa ini tidak sama dengan goa-goa yang lainnya. Saat Anda berteriak ataupun berbicara di dalam Goa Batu Cermin ini, tak akan terdapat suara gema. Konon, hal ini terjadi disebabkan goa ini dipenuhi dengan terumbu karang yang tak dapat menghasilkan gaung. Beranikah Anda mencobanya?

Tips Sebelum Pergi

Jadi bagaimana nih? Menjelajah Goa Batu Cermin tentunya seru sekali. Tetapi sebelum Anda pergi, berikut inii beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya tetap aman dan nyaman.

Yang pertama adalah gunakan selalu sepatu yang nyaman di kaki Anda. Selain itu janganlah membawa barang terlampau banyak ke dalam goa. Anda pun mesti ingat untuk tidak menyentuh terumbu karang atau bebatuan yang terdapat di dalam goa sebab masih hidup dan tetap berkembang.

Waktu Kunjungan Terbaik

Menelusuri Goa Batu Cermin pastinya menjadi pengalaman yang jangan dilewatkan ketika ada di Labuan Bajo. Saat kunjungan terbaik umumnya antara bulan Juni sampai Agustus atau waktu musim kemarau. Jadi, Anda tidak perlu cemas dengan jalan licin dan berlumpur di sepanjang goa tersebut.

Kini waktunya merencanakan liburan Anda ke Labuan Bajo dan nikmatilah petualangan tak terlupakan di Labuan Bajo, terutama Goa Batu Cermin!

Leave a Reply

Top