You are here
Home > Relationship >

Berbagai Cara Menghindari Toxic Relationship dan Tips Memperbaikinya

Berbagai Cara Menghindari Toxic Relationship dan Cara Memperbaiknya
Bagikan Artikel Ini

Cara menghindari toxic relationship dalam percintaan yang baik dan sehat akan lebih membuatmu bahagia sampai bisa menjadi versi terbaik dari dirimu. Setiap hubungan pasti memiliki halangan dan rintangannya masing-masing, Kamu dan pasanganmu pasti bisa melewatinya dengan baik, sehingga terhindar dari toxic relationship.

Hubungan yang tidak baik atau toxic dapat membuatmu merasa sedih, hingga merasa depresi dan kehilangan dirimu sendiri. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar tidak terjebak dalam toxic relationship.

Berbagai Cara Menghindari Toxic Relationship Dalam Hubungan

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghindari terjadinya toxic relationship, berikut cara-caranya:

Kenali Kepribadianmu

Dalam menjalin hubungan, ada baiknya kamu mengenali terlebih dahulu apa saja kekuranganmu, apa kamu masih belum bisa melupakan seseorang? Atau kamu sering insecure?. Berdamailah terlebih dahulu dengan emosimu, ada baiknya kamu untuk mengenali keperibadianmu terlebih dahulu.

Berkomunikasi Dengan Keluarga

Saat hubunganmu masih pada masa PDKT, ada baiknya kamu berkomunikasi dengan keluargamu. Buat pasanganmu mengerti bahwa kamu telah berusaha untuk berubah, tetapi kamu juga membutuhkan pengertian dan dukungan.

Perhatikan Perasaanmu Saat Berada di Dekatnya

Cara menghindari toxic relationship yang satu ini mengandalkan ketajaman perasaanmu. Jika kamu berada di dekat pasanganmu, coba kamu perhatikan apa kamu dapat merasakan perasaan seperti cemas atau tidak nyaman. Bisa saja itu adalah alam bawah sadar yang mencoba memberi tahu ada yang tidak beres.

Kadang perasaan itu dapat kita rasakan, namun kita lebih sering memilih untuk mengabaikan karena terlanjur ingin terus menjalani hubungan dengannya. Ada baiknya kamu memberikan waktu kepada  dirimu sendiri untuk benar-benar memahami perasaanmu.

Dengarkan Saran Orang-Orang Terdekatmu

Teman dan keluarga biasanya dapat memberikan saran terkait hubungan. Walau keputusannya tetap berada di tanganmu, karena tidak ada salahnya mendengar saran dari mereka.

Jangan Memulai Hubungan Dengan Terburu-buru

Ingin secepatnya memulai hubungan baru biasanya membuatmu mengabaikan tanda bahwa hubunganmu tidak sehat. Maka dari itu, kenali baik-baik calon pasanganmu dan perilakunya saat PDKT. Jika pasanganmu terkesan terburu-buru, ada baiknya kamu berhati hati dan berpikir ulang, apalagi jika dia mengabaikanmu.

Langkah yang Dapat Dilakukan untuk Memperbaiki Toxic Relationship

Jika ada cara menghindari toxic relationship, maka juga ada langkah yang dapat dilakukan dalam hubungan bila terjadi terjadi toxic relationship apakah bisa diperbaiki?. Tentu bisa tapi memerlukan pemahaman yang signifikan dari kedua belah pihak. Selain itu, kedua belah pihak harus bisa saling menerima dan memaafkan.

Pahami Dulu Apakah Hubungan Dapat Diperbaiki

Memahami toxic relationship memang memerlukan usaha ekstra, tetapi hubungan yang terkena toxic bukan tidak mungkin untuk diubah. Dengan cara kamu dan pasanganmu harus saling berkomunikasi untuk mengubah siklus toxic tersebut, dengan keterbukaan terhadap pasanganmu.

Kamu harus bisa bicara hati ke hati dengan pasanganmu tentang apa yang menyebabkan hubunganmu toxic, atau pengaruh buruk apa yang ditimbulkan bagi masing-masing pihak. Jika kamu memilih tidak memperbaiki hubunganmu, maka bisa saja hubungan kamu semakin buruk dan baik saja sampai tidak bisa diperbaiki.

Bersiap Untuk Keluar dari Hubungan

Banyak yang memilih bertahan dalam toxic relationship, karena mereka tidak berani keluar dari hubungan dan menjadi sendiri. Jika kamu ingin mempertahankan hubunganmu dengan pasanganmu yang toxic, maka kamu harus siap untuk meninggalkan hubungan andai tidak ada perbaikan dari pasanganmu. Jika kamu tidak melakukannya, pasanganmu bisa saja tidak mengubahnya dan hubunganmu akan kembali ke siklus toxic.

Lihat Apa Hubunganmu Punya ABCD

Untuk melihat hubunganmu terkena toxic atau tidak, dapat dilihat dengan ada tidaknya ABCD, yaitu accusation (tuduhan), blame (menyalahkan), criticisms (kritikan), dan demand (tuntutan). Jika kamu mendapat empat hal itu dari pasanganmu, maka sudah saatnya kamu untuk berunding dengan pasanganmu demi menyudahi siklus toxic tersebut.

Jangan Ragu untuk Buka Suara

Dengan tidak ragu untuk saling mengutarakan perasaan masing-masing. Kebanyakan pasangan tidak mau membuat pasangan terganggu dan lebih memilih untuk setuju dengan apa yang dikatakan pasangannya. Sehingga tanpa kamu sadari sikap yang seperti itulah yang membuat hubungan kalian toxic.

Cara menghindari toxic relationship ada banyak. Cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki siklus toxic juga sangat banyak. Memperbaiki siklus toxic ini memang tidak mudah, namun dengan kerja sama dari kedua belah pihak bukan tidak mungkin untuk memperbaikinya. Ingatlah kamu berhak memiliki hubungan yang baik.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top